Ular Makan Manusia? Hoax Gan!

By | January 25, 2013

Ular Makan Manusia –  Beberapa hari ini para pengguna Blackberry melalui BBM dan sosial media Twitter dihebohkan dengan gambar yang berjudul “Seekor Ular Phyton habis makan orang di Kelapa Gading”. Berita tersebut belum tentu kebenarannya karena perlu diselidiki lebih lanjut. Foto yang beredar adalah foto di bawah ini:

Ular Makan Manusia

Ular Makan Manusia

Ular Makan Manusia

Yuk kita coba selidiki kebenarannya.

1. Ular ditemukan di Kelapa Gading

Pernyataan ini memang benar karena warga Jalan Janur Indah, Kelapa Gading, Jakarta Utara menemukan ular sepanjang 3,5 meter, sobat bisa membaca beritanya di sini. Namun tidak terdapat korban jiwa seperti yang diberitakan pada BBM atau sosial media twitter bahwa ada ular makan manusia. Ditambah lagi gambar ular bukan seperti gambar yang tertera di atas.

Pernyataan Ular Makan Manusia di Kelapa Gading Salah.

2. Kebenaran Gambar

Gambar yang beredar di BBM atau sosial media twitter adalah gambar di atas, namun benarkah itu adalah ular yang ditemukan warga Jalan Janur Indah, Kelapa Gading, Jakarta Utara? Setelah mencari kebenaran tentang gambar tersebut, ternyata gambar yang beredar luas di BBM atau sosial media twitter tidak benar. Sobat bisa melihat foto dari pengguna flickr atas nama PisauKarat. Gambar di atas di upload pada tanggal 14 agustus 2012. Berikut capture foto dengan melihat informasi exif di Flickr.

Ular Makan Manusia

Ular Makan Manusia - Exif Info

Ular Makan Manusia – Exif Info

Dari info image di atas didapat informasi bahwa foto diambil tanggal 14 Agustus 2012 pukul 5.51 sore. Sedikit tentang apa itu Exif data bisa dilihat dibagian bawah gambar di atas. Exif data adalah record dari pengaturan kamera yang digunakan untuk mengambil foto. Informasi ini akan masuk ke dalam sebuah file gambar. Informasi yang ditampilkan adalah berupa tanggal kapan foto diambil, menggunakan kamera tipe apa dan beberapa informasi lainnya.

Analisis lainnya, jika sobat melihat komentar atau gambar-gambar yang di upload oleh PisauKarat, gambar berasal dari Malaysia. Bisa kita lihat dari gaya bahasa yang digunakan dan foto-foto lain yang diupload.

So, kesimpulan yang kedua bahwa Gambar yang Beredar di BBM atau sosial media twitter tidak benar.

Dari kedua pernyataan tersebut, kesimpulannya berita yang beredar di BBM atau sosial media twitter kalau ada Ular Phiton yang Makan Manusia di Kelapa Gading sama sekali Tidak Benar.

Saran saya buat sobat yang sering menerima informasi yang belum tentu kebenarannya jangan terlalu cepat percaya karena memang biasanya hanya digunakan sebagai alat untuk menghebohkan berita-berita yang sedang terjadi. Semoga Bermanfaat.

Ular Makan Manusia



4 thoughts on “Ular Makan Manusia? Hoax Gan!

    1. Iqbal Parabi Post author

      Sama-sama. Kebetulan pernah baca di kaskus dan sedikit ngerti tentang informasi gambar dari exif. Terimkasih sudah berkunjung.

      Reply
  1. pebrianti

    Benar…harus pilah dan bisa memilih berita yang benar2 terjadi dan jgn terkecoh oleh ketidaktahuan kita krn keterbatasan pengetahuan teknologi yang sedang berkembang.thanks infonya.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.