Kumpulan Surat Alquran untuk Bayi dalam Kandungan

By | November 12, 2015

Lantunan Alquran memiliki keajaiban tersendiri jika dilantunkan kepada bayi (janin) yang ada dalam kandungan seorang ibu. Seluruh surat dalam Alquran semuanya baik, namun dalam beberapa kasus seperti surat Alquran untuk bayi dalam kandungan memang butuh ‘filter’, mengapa? Alquran mengisahkan berbagai cerita, berbagai pedoman, berbagai petunjuk dan berbagai firman sebagai tuntunan hidup. Ada cerita perang, ada cerita tentang perjalanan nabi, ada tuntunan perniagaan, pernikahan, dan seluruh tuntunan lainnya untuk menjalani hidup. Nah, kalau untuk bayi dalam kandungan juga ada. Dari beberapa sumber dan jika diartikan secara harfiah, kumpulan surat Alquran untuk bayi dalam kandungan dapat saya simpulkan sebagai berikut.

surat-alquran-untuk-bayi-dalam-kandungan

  1. Surat Al-Fatihaah
    Surat pembuka dalam Alquran ini sangat baik jika diperdengarkan kepada bayi yang ada dalam kandungan. Surat ini berguna untuk memberikan ketenangan hati dan menguatkan daya ingat. Surat ini juga meminta kepada Allah SWT untuk selalu menunjukkan jalan yang lurus dan baik.
  2. Surat At-Taubah
    Surat ke-9 dalam Alquran ini berguna untuk memelihara jiwa agar senantiasa bertaqwa kepada Allah SWT dengan melaksanakan perintah dan menjauhi laranganNya.
  3. Surat Yuusuf
    Surat ke-12 dalam Alquran ini memiliki manfaat doa agar janin kelak mampu memilki akhlak yang mulia seperti nabi Yuusuf. Selain akhlak, nabi Yuusuf juga terkenal dengan ketampanan dan keteguhan hatinya kepada Allah. Jadi, tidak salah dan sangat dianjurkan untuk memperdengarkan surat Yuusuf kepada jabang bayi dalam kandungan Ibu agar kelak anak yang dikandung memiliki wajah yang tampan atau cantik dengan akhlak yang mulia. Amiin.
  4. Surat An-Nahl
    Surat ke-16 dalam Alquran ini dipercaya mampu membuat anak kelak menjadi orang yang disiplin, seperti lebah yang disiplin dan bermanfaat bagi banyak orang dari madu yang dihasilkannya. Selain itu, dalam surat An-Nahl ayat 78 berisi tentang penciptaan manusia ke bumi sebagai khalifah agar senantiasa memelihara bumi dan selalu bersyukur.
  5. Surat Maryam
    Surat ke-19 dalam Alquran ini mampu memperlancar persalinan sang Ibu ketika melahirkan bayi ke dunia. Selain itu, surat Maryam dipercaya mampu menghasilkan anak yang sabar dan taat kepada Agama Allah. Sangat dianjurkan menbaca surat Maryam ketika akan bersalin.
  6. Surat Luqmaan
    Surat ke-31 ini bercerita tentang seorang Luqmaan yang namanya dijadikan surat meskipun bukan seorang nabi, tetapi dengan akhlaknya yang mulia dan bersih, Allah mengisahkan hidupnya dalam Alquran sebagai pembelajaran bagi umat muslim diseluruh dunia. Membaca surat Luqmaan mampu membuat bayi yang dilahirkan kelak menjadi orang yang berakhlak mulia dan memiliki jiwa yang bersih.
  7. Surat Yaasiin
    Surat ke-36 ini sering sekali dibaca dalam banyak kondisi karena memang isinya benar-benar baik. Surat ini mampu memberikan ketenangan dan menjauhkan godaan setan yang terkutuk. Dengan membaca surat Yaasiin mampu menjaga anak dalam kandungan dari godaan setan.
  8. Surat Al-Hujarat
    Surat ke-49 ini dipercaya mampu memperbanyak ASI (Air Susu Ibu) yang sangat berguna dan satu-satunya asupan paling baik untuk bayi. Selain itu, surat ini juga dipercaya mampu membuat anak menjadi manusia yang berhati-hati dalam tindakan.

Nah, itulah kumpulan surat alquran yang baik diperdengarkan kepada Bayi yang sedang dalam kandungan. Sekali lagi, semua isi dalam Alquran baik dan jika diresapi lebih dalam, Alquran mengandung berbagai makna sebagai pedoman manusia menjalani kehidupan dunia dan akhirat. Selain itu, manfaat memperdengarkan Alquran kepada bayi yang masih dalam kandungan Ibunya dapat diuraikan sebagai berikut.

  • Menstimulasi janin sejak dini
  • Mencerdaskan janin
  • Memberi ketenangan
  • Mempengaruhi psikologi
  • Meningkatkan kemampuan berbahasa

Demikian tulisan kumpulan surat Alquran untuk bayi dalam kandungan, semoga bermanfaat.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.