Perbedaan Blog dan Website

By | February 26, 2013

Perbedaan Blog dan Website – Salam hangat sobat blogger sekalian, kali ini saya ingin membahas tentang perbedaan blog dan website. Tentu sobat sudah sering mendengar kata blog dan website karena sudah sering berselancar di dunia maya. Namun pernahkan terpikirkan apa perbedaan blog dengan website? Saya pun demikian, banyak yang bertanya apa sih perbedaan website dan blog? Perasaan sama saja, tidak ada bedanya, sama-sama memberikan informasi. Yap, memang sama-sama memberikan informasi, namun proses untuk mengubah data menjadi sebuah informasi tersebut yang berbeda. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai perbedaan blog dengan website.

Perbedaan Blog dan Website

Perbedaan Blog dan Website

Perbedaan Blog dan Website

Dari beberapa artikel yang saya baca mengenai perbedaan blog dan website masih belum mengena dimana letak perbedaanya. Rata-rata membahas dari segi non-teknis seperti cara pengelolaannya, template atau tata letak serta hal non-teknis lainnya. Saya pun setuju dengan itu, namun menurut saya masih belum maksimal kalau hanya dilihat dari segi non-teknis. Seharusnya bisa memandang dari segi teknisnya juga. Dari berbagai sumber yang saya dapat dan saya teliti dapat saya simpulkan perbedaan blog dan website adalah sebagai berikut:

1. Pengelolaan

Kalau dilihat dari segi pengelolaannya, blog lebih bersifat pribadi dan tidak terpaut oleh aturan. Dikelola oleh 1 atau 2 orang. Sedangkan website biasanya dikelola oleh kelompok dimana membutuhkan sumber daya manusia yang banyak dan terdapat aturan-aturan yang mengikat.

2. Layout

Kalau blog, layoutnya lebih terkesan statis dan biasanya sudah banyak digunakan oleh blog-blog lain meskipun ada yang mampu melakukan variasi blognya menggunakan sedikit variasi css, php atau javascript. Sedangkan website, bentuk layoutnya jarang yang punya alias dibuat sendiri menggunakan html dan css tergantung keahlian sang web designer dalam membuat layout.

3. Domain

Kebanyakan blog hadir dengan nama domain yang masih ‘parkir’ di beberapa situs pengelola blog seperti blogspot atau wordpress, meskipun begitu, blog ada juga yang menggunakan nama domain sendiri atau sering disebut dengan top level domain seperti .com, .org, .info dan lain-lain. Sedangkan website pasti menggunakan top level domain (TLD). Jika keduanya menggunakan top level domain maka cara membedakan blog dan website kembali ke point 1 dan 2.

4. Tujuan

Blog bertujuan untuk menulis artikel-artikel yang ada di kategori blog itu sendiri, sedangkan website lebih dari itu. Website bisa digunakan untuk menulis artikel dan hal lain seperti melakukan ujian online atau tes online. Contohnya seperti web yang saya buat di http://testpa.iqbalparabi.com.

5. Teknik

Teknik yang digunakan untuk membuat blog sebenarnya sama dengan membuat website karena menggunakan bahasa pemrograman yang relatif sama. Perbedaannya dilihat dari segi kesulitannya dimana blog lebih mudah dibuat dibandingkan website. Mengapa blog lebih mudah? karena blog hanya menerima input dan mengeluarkan output berupa tulisan-tulisan atau artikel saja atau dengan kata lain tidak ada perhitungan khusus. Sedangkan website tidak, bisa lebih dari itu. Seperti yang saya tulis pada point 4 dimana website bisa digunakan untuk melakukan simulasi ujian yang didalamnya bisa menghitung jumlah benar, jumlah salah dan nilai yang di dapat ketika user menginput jawaban simulasi ujian.

Kesimpulan:

Dari beberapa point yang saya jelaskan sebelumnya, perbedaan blog dan website dapat saya simpulkan bahwa:

  1. Blog merupakan bagian dari website.
  2. Blog lebih sederhana dibandingkan website.
  3. Layout blog lebih sederhana dibandingkan website.
  4. Blog hanya berisi artikel sedangkan website lebih dari artikel dan dapat berupa aplikasi.
  5. Output blog berisi artikel atau tulisan sedangkan website bisa artikel, hasil perhitungan dan informasi yang sebelumnya diproses terlebih dahulu.

Demikian ulasan mengenai perbedaan blog dan website. Semoga bermanfaat dan membantu. Salam.

Perbedaan Blog dan Website



One thought on “Perbedaan Blog dan Website

  1. Tips Blogger Pemula

    Oo, berarti intinya blog itu adalah versi yang leblih sederhana dari website.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.