Pengertian Tenses dan Fungsi Tenses

Pengertian Tenses dan Fungsi Tenses - Salam hangat sobat blogger sekalian, kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai pengertian tenses dan fungsi tenses. Buat sobat yang lagi belajar tenses harus tahu terlebih dahulu pengertian tenses dan fungsi tenses supaya tidak salah arah dan paham konsep dasar dari tenses itu sendiri.

Perubahan kata kerja merupakan salah satu faktor dasar yang perlu dikuasai dengan baik dalam berbahasa Inggris. Hal ini dimaksudkan agar kita dapat berbasa Inggris baik lisan maupun tulisan dengan benar.

Pengertian Tenses dan Fungsi Tenses

Pengertian Tenses dan Fungsi Tenses

Pengertian Tenses dan Fungsi Tenses

Pengertian Tenses

Tenses merupakan bentuk-bentuk waktu dalam bahasa Inggris. Tenses digunakan untuk menyatakan kapan suatu peristiwa atau kejadian berlangsung. Adapun tenses adalah suatu gambaran atau penjelasan, kapan suatu peristiwa, kejadian, pernyataan, berita dan tindakan terjadi di dalam kalimat yang sesuai dengan keadaan, antara lain: sekarang, lampau ataupun yang akan datang. Secara sederhana, tenses berarti bentuk kata kerja yang menunjukkan waktu, baik itu dari suatu tindakan, kegiatan ataupun tingkat keparipurnaan.

Dari pemaparan pengertian tenses di atas, sobat sudah mulai sedikit mengerti bukan? Apa itu tenses? Tenses adalah? dan pertanyaan lain seputar pengertian tenses sudah bisa sobat jawab dan pahami dengan baik.

Setelah memahami pengertian tenses, saatnya kita mengetahi fungsi tenses itu sendiri. Dari pengertian tenses di atas, sobat tentu bisa mengira-ngira apa kegunaan tenses. Untuk lebih lengkapnya, silahkan sobat cermati lagi tulisan selanjutnya yang membahas tentang fungsi tenses dalam bahasa Inggris.

Fungsi Tenses

Fungsi mempelajari tenses adalah sebagai berikut:

1. Menunjukkan apakah suatu peristiwa itu terjadi pada waktu sekarang (present), lampau (past) atau yang akan datang (future).

Contoh untuk fungsi tenses yang pertama adalah:

  • I speak English fluently. (present)
  • I spoke English fluently. (past)
  • I shall speak English fluently. (future)

2. Menunjukkan apakah peristiwa itu dalam keadaan sempurna (complete) atau tidak sempurna (uncomplete).

Contoh untuk fungsi tenses yang kedua adalah:

  • I have spoken English fluently. (complete)
  • I am speaking English fluently. (uncomplete)

3. Menunjukkan apakah suatu peristiwa itu mengalami kemajuan (progress) atau tidak (disprogress).

Contoh untuk fungsi tenses yang ketiga adalah:

  • I was speaking English when you came. (progress)
  • I was not speaking English when you came. (disprogress)

Pengertian Tenses dan Fungsi Tenses

Tentunya perubahan waktu dan kata kerja seperti ini sangatlah perlu diketahui dalam mempelajari Bahasa Inggris, sebab tanpa tenses perkataan kita akan kacau serta sulit untuk dipahami. Misalnya, dalam tulis menulis atau penulisan surat bisnis mengenai pengiriman barang, perubahan waktu di dalam tulisan tersebut sangatlah penting untuk kita ketahui, apakah barang itu akan dikirimkan sekarang atau bulan depan atau bahkan sudah terkirim. Bentuk kata kerja waktu yang seperti inilah yang sangat diperlukan dalam dunia tulis-menulis.

Selain itu, untuk menjawab soal-soal yang hadir dalam bahasa Inggris seperti TOEFL, ELPT ITB atau yang lainnya sangat membutuhkan pemahaman khusus tentang tenses untuk menjawab soal yang muncul.

Demikian tulisan mengenai Pengertian Tenses dan Fungsi Tenses. Semoga Bermanfaat. Salam.

Pengertian Tenses dan Fungsi Tenses



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 6 = 13

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>