Kurikulum 2013 SD, SMP, SMA dan SMK Terbaru

By | February 20, 2013

Kurikulum 2013 SD, SMP, SMA dan SMK Terbaru – Kurikulum pendidikan di Indonesia bisa dibilang berubah-ubah dari tahun ke tahun. Tahun 2013 ini dipastikan akan digunakan kurikulum baru, yaitu Kurikulum 2013. Jika melihat perkembangan kurikulum yang ada di Indonesia, terhitung sudah ada 5 kurikulum atau lebih yang terus berkembang mengikuti tuntutan perkembangan yang ada di Indoesia. Berikut ini perkembangan Kurikulum di Indonesia:

Kurikulum 2013 SD, SMP, SMA dan SMK Terbaru

Kurikulum 2013 - Perkembangan Kurikulum Indonesia

Kurikulum 2013 – Perkembangan Kurikulum Indonesia

Jika kita lihat gambar di atas, terdapat lebih dari 5 model kurikulum yang telah digunakan oleh Indonesia.

  1. Kurikulum Sekolah Dasar
  2. Kurikulum Proyek Printis Sekolah Pembangunan (PSPP)
  3. Kurikulum 1984
  4. Kurikulum 1994
  5. Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)
  6. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
  7. Kurikulum 2013

Pemerintah berencana akan menggunakan kurikulum 2013 pada tahun ajaran 2013/2014 pada tingkat SD, SMP, SMA dan SMK atau sederajat. Landasan digunakannya Kurikulum 2013 menggantikan kurikulum sebelumnya (KTSP) adalah:

1. Aspek Filosofi

  • Filosofi pendidikan yang berbasis pada nilai-nilai luhur, nilai akademik, kebutuhan peserta didik dan masyarakat
  • Kurikulum berorientasi pada pengembangan kompetensi

2. Aspek Yuridis

RPJMN 2010-2014  SEKTOR PENDIDIKAN

  • Perubahan metodologi pembelajaran
  • Penataan kurikulum

INPRES NOMOR 1 TAHUN 2010

  • Percepatan  Pelaksanaan Prioritas Pembangunan Nasional: Penyempurnaan kurikulum dan metode pembelajaran aktif berdasarkan nilai-nilai Budaya bangsa Untuk Membentuk Daya Saing Karakter Bangsa

3. Aspek Konseptual

  • Relevansi
  • Model Kurikulum Berbasis Kompetensi
  • Kurikulum lebih dari sekedar dokumen
  • Proses pembelajaran (Aktivitas belajar, Output belajar, Outcome belajar)
  • Penilaian (Kesesuaian teknik penilaian dengan kompetensi Penjenjangan penilaian)

Alasan pengembangan Kurikulum 2013 adalah:

1. Tantangan Masa Depan

  • Globalisasi: WTO, ASEAN Community, APEC, CAFTA
  • Masalah lingkungan hidup
  • Kemajuan teknologi informasi
  • Konvergensi ilmu dan teknologi
  • Ekonomi berbasis pengetahuan
  • Kebangkitan industri kreatif dan budaya
  • Pergeseran kekuatan ekonomi dunia
  • Pengaruh dan imbas teknosains
  • Mutu, investasi dan transformasi pada sektor pendidikan
  • Hasil TIMSS dan PISA

2. Kompetensi Masa depan

  • Kemampuan berkomunikasi
  • Kemampuan berpikir jernih dan kritis
  • Kemampuan mempertimbangkan segi moral suatu permasalahan
  • Kemampuan menjadi warga negara yang efektif
  • Kemampuan mencoba untuk mengerti dan toleran terhadap pandangan yang berbeda
  • Kemampuan hidup dalam masyarakat yang mengglobal
  • Memiliki minat luas mengenai hidup
  • Memiliki kesiapan untuk bekerja
  • Memiliki kecerdasan sesuai dengan bakat/minatnya

3. Fenomena Negatif yang Mengemuka

  • Perkelahian pelajar
  • Kecurangan dalam Ujian
  • Gejolak masyarakat

4. Persepsi Masyarakat

  • Terlalu menitikberatkan pada aspek kognitif
  • Beban siswa terlalu berat
  • Kurang bermuatan karakter

Berikut ini beberapa perubahan struktur kurikulum yang ada pada Kurikulum 2013.

Untuk tingkat sekolah dasar (SD), kurikulumnya akan bersifat tematik integratif. Alhasil ada jumlah mata pelajaran yang diajarkan menjadi berkurang. “Jadi mata pelajaran kita compress dari 10 menjadi 6 mata pelajarannya,” kata Menteri Pendidikan M Nuh, Selasa (13/11).

Jumlah jam belajar pun akan bertambah menjadi 6 jam. Selain itu Nuh juga menjelaskan kegiatan ekstrakurikuler akan diwajibkan, terutama untuk kegiatan Pramuka. “Ekstrakurikuler menjadi bagian utuh dari mata pelajaran,” katanya.

Sementara itu, untuk kurikulum SMP, SMA, dan SMK pendekatannya adalah mata pelajaran. Dengan demikian tidak banyak perubahan dari jumlah mata pelajaran.

Kurikulum SD sekarang, mata pelajaran yang diajarkan yakni Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Seni Budaya dan Keterampilan, Pendidikan Jasmani-Olahraga-Kesenian, muatan lokal, dan Pengembangan Diri.

Kurikulum SD 2013, mata pelajaran yang diajarkan yakni Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni Budaya dan Prakarya, dan Pendidikan Jasmani-Olahraga serta Kesenian.

Kurikulum SMP sekarang, mata pelajaran yang diajarkan yakni pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris, Seni Budaya, Pendidikan Jasmani, Keterampilan, Muatan lokal, dan Pengembangan diri.

Kurikulum SMP 2013, mata pelajaran yang diajarkan yakni Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris, Seni Budaya, Pendidikan Jasmani, dan Prakarya.

Pemerintah bertekad tahun ini (2013) akan menggunakan Kurikulum 2013 dan mempersiapkan beberapa hal yang disiapkan untuk melakukan implementasi kurikulum 2013, diantaranya:

Pertama, berkait dengan buku pegangan dan buku murid. Ini penting, jika kurikulum mengalami perbaikan, sementara bukunya tetap, maka bisa jadi kurikulum hanya sebagai “macan kertas”. Pemerintah bertekad untuk menyiapkan buku induk untuk pegangan guru dan murid, yang tentu saja dua buku itu berbeda konten satu dengan lainnya.

Kedua, pelatihan guru. Karena implementasi kurikulum dilakukan secara bertahap, maka pelatihan kepada guru pun dilakukan bertahap. Jika implementasi dimulai untuk kelas satu, empat di jenjang SD dan kelas tujuh, di SMP, serta kelas sepuluh di SMA/SMK, tentu guru yang diikutkan dalam pelatihan pun, berkisar antara 400 sampai 500 ribuan.

Ketiga, tata kelola. Kementerian sudah pula mnemikirkan terhadap tata kelola di tingkat satuan pendidikan. Karena tata kelola dengan kurikulum 2013 pun akan berubah. Sebagai misal, administrasi buku raport. Tentu karena empat standar dalam kurikulum 2013 mengalami perubahan, maka buku raport pun harus berubah.

Karena kurikulum ini baru akan digunakan pada tahun ajaran 2013/2014, pemerintah baru memberikan Draft Kurikulum 2013 ini. Untuk sobat yang ingin mengunduh atau download draft kurikulum 2013 bisa download di sini.

Kurikulum 2013 SD, SMP, SMA dan SMK Terbaru.



19 thoughts on “Kurikulum 2013 SD, SMP, SMA dan SMK Terbaru

  1. Tia Adab

    how a good idea! sebagai calon anak SMA, saya merasa sangat sangat diperhatikan. Saya telah mengalami bagaimana menjadi siswi SD dan SMP dengan pelajaran yang ‘terlalu’ banyak dan tas yang sangat berat. Saya dan teman-teman saya sering mengeluh soal pelajaran yg terlalu banyak, karna membuat kami kelimpungan dan sedih. Karena kami tidak bisa maksimal dalam belajar di bidang itu dan sulit mengembangkan pelajaran yg menjadi favorit dan pelajaran yg kami unggulkan. Saya sedang menjalani proses ujian ujian yg banya sekali. Mulai dari ulangan harian, akhir semester, ujian sekolah, praktek, tryout hingga berujung dari UN, yang sangat banyak materinya membuat saya dan teman2 penat. Bosan melanda dan kepenatan mengganggu kami. Menjadikan kami tidak jujur beberapa kali dalam ujian. Kami bukan anak sempurna yg dapat memahami dengan betul seluruh pelajaran dan kami juga yakin, guru2 kami pun begitu. Tapi mengapa kami para pelajar harus ‘dipaksakan’ untuk bisa seluruhnya, yang malah membuat kami tidak jujur dan hal negatif yg lainnya? kami ingin belajar maksimal, jadi dengan rencana perubahan kurikulum pada artikel di atas, saya sangat setuju. Dengan itu, beban kami akan sangat berkurang, melainkan kesenangan kami tumbuh untuk belajar dengan maksimal yang kami usahakan untuk merubah Indonesia ke jenjang yg lebih baik. Jadi, kami memohon pada tahun 2013 ini, ide tersebut benar2 diterapkan :-)

    Reply
  2. faisal

    bagaimana teknologi informasi dan komunikasi mau maju…..mata pelajaran TIK sudah tidak ada di kurikulum 2013…

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Iya mas. :) Kita lihat saja ke depannya nanti, paling berubah lagi.

      Reply
  3. mardiana manias

    mas iqbal mohon di post kan struktur kurikulum smk 2013, kebetulan saya mau buat pembagian jam buat tahun ajaran baru 2013/2014 …..saya merasa terbantu dengan adanya blog ini mas…

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Sampai saat ini, informasi mengenai kurikulum 2013 ini masih sampai di tahap Uji Publik. Jadi untuk struktur lengkapnya masih belum bisa saya tuliskan. Silahkan ibu lihat tulisan saya selanjutnya tentang Apa saja yang berubah pada Kurikulum 2013? Mungkin bisa membantu.

      Reply
  4. rustamaji

    jalankan dengan baik kurikulum2013 semoga bisa terlaksana dengan baik

    Reply
  5. Sarjiman

    Kurikulum diciptakan untuk peningkatan mutu pendidikan kita sesuai zamannya. Saya setuju sekali dengan kurikulum 2013 ini, hanya saja sosialisasinya lambat sekali. Mungkin Mas Iqbal dapat mengUpload contoh RPP model Krklm 2013? Thanks.

    Reply
  6. rika yulita

    saya kurang setuju aja law mata pelajaran tik dihapuskan, karna bagaimana nasib guru tik selanjutnya, karna saya juga guru tik…… mohon pertimbangan!!!

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Saya juga seperti itu karena memang saya juga orang TIK. Namun kita hanya bisa mengikuti aturan yang ada. Semoga ada orang yang memiliki kekuasaan, membaca tulisan dan komentar2 yang ada disini.

      Reply
  7. Putra Ginting

    Yang namanya TIK, gk akan pernah mati, krna prkmbangan dunia, brgantung pda TIK..

    Reply
  8. humaidiivanmaulana

    dengan adanya perubahan kurikulum yang selalu membuat manusia pro dan kontra ini sebagian besar akan menjadi tantangan bagi para guru, ketidak pastian kapan berubahnya kini selalu di tekan dan dihantui oleh pemerintah dengan adanya kurikulum 2013. apa ini akan mencerdaskan anak bangsa kalau bebera tahun kemudian akan selalu diganti apalagi sebagian besar pelajaran akan tiadakan ea termasuk TIK, dalam hal ini pemerintah itu bisa gak sich mengerti tentang pendidikan itu kan sama saja menekan anak bangsa yang ingin menciptakan generasi baru, apalagi seorang guru begitu pusing dengan hal ini. kurikulum yang KTSP aja belum faham 100% kok malah di ganti lagi sich heran q mas, kalau memang kita disuruh untuk berubah dan mempunya etelektual seperti negara lain kita lihat dulu kondisi pendidikan yang ada di indonesia, maju ndak pendidikannya, gedungnya berkualitas ndak di setip sekolah dan kompak ndak pemerintah dalam menyikapi persoalan ini hmmmzz jangan korupsi terus dong kita lihat anak bangsa kaya` pak dan terima kasih buat mas ikbal q setuju dengan blog ini.

    Reply
  9. Iis Timiyati

    Tahun pelajaran 2012-2013 segera berakhir, namun kurikulun 2013 belum juga disosialisasikan… Bagaimana nih Pak?

    Reply
  10. bagong

    Kurikulum 2013 terlalu cepat, standar penggantian kurikulum selma ini minimal setelah berjalan 10 tahun. KTSP yang diberlakukan sejak tahun 2006 belum genap 10 tahun dan tidak jelas evaluasi implementasinya sudah keburu mau diganti. Menurut hemat saya KTSP secara konsepltual cukup bagus hanya pemahaman secara substansi oleh stakeholder tingkat bawah dan pendidik serta implementasinya belum sepenuhnya dilaksanakan sesuai konsep. Kurikulum apapun yang digagas Kemendikbud (puskur) jangan menggunakan dasar pertimbangan teoritik tetapi lebih mengutamakan kesiapan di tingkat satuan pendidikan, menyangkut SDM, sarana dan prasarana dan pendanaan yang cukup. Bulan Juli 2013 sudah sangat dekat, namun peranglat kurikulum dan sarana pendukungnya sampai sekarang belum muncul, memangnya sim salabim peraturan menteri muncul laksanakan. Mutu pendidikan lebih difokuskan di proses pembelajaran bukan di kurikulumnya, dan yang tidak pernah diprogramkan secara komprehensip adalah sistem pengawasan pembelajaran. Kurikulumnya hebat, sarpras lengkap, tunjangan profesi tinggi tetapi kalau tanpa pengawasan yang efektif hasilnya tetap biasa saja malah yang disalah-salahkan Ujian Nasional. Kelulusan dengan % tinggi tidak jaminan mutu baik. Sekarang ini banyak lulus 100% tetapi kompetensi lulusannya masih amat rendah, sing penting lulus dapat ijazah, itu yang terjadi

    Reply
  11. Andryan Marcellino

    Gua sebagai anak SMA yang baru masuk tahub ini ngerasa bingung sebenernya. Perubahan kurikulum itu memang baik, untung meningkatkan mutu pendidikan. Tpi kenapa secepat ini? Dan juga ada beberapa sekolah yang Kurikulumnya jga berbeda seperti Sma 2 yang akan menggunakan standar SKS, bukannya hal tersbut dpat membebani siswa

    Reply
  12. lasino

    Kurikulum 2013 lebih simple dan semua kegiatan focus pada siswa dengan diberlakukan krklm 2013 bangsa indonesia lebih cerdas dan makmur.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *