Cara Merawat Karpet

By | April 18, 2013

Cara Merawat Karpet – Karpet merupakan interior rumah tangga yang sering sekali dicari dan digunakan. Karpet sering digunakan untuk mempercantik ruangan dan memberikan kesan hangat dan nyaman. Biasanya karpet diletakkan disetiap ruangan. Coba deh, dirumah kalian pasti rata-rata setiap ruangan menggunakan karpet. Biasanya ruang tamu dan ruang keluarga. Orangtua kalian terutama ibu pasti seneng banget beli karpet, bahkan ada yang mengkoleksi karpet karena berbagai alasan. Biasanya alasan yang digunakan ibu-ibu itu untuk persiapan kalo dirumah keluarga rame. Ini salah satu alasan orangtua aku yang juga suka mengkoleksi karpet. 😀Sebaiknya sebelum membeli karpet, kalian harus bener-bener mengetahui kebutuhan dan kegunaan karpet itu sendiri. Sekarang ini banyak sekali jenis-jenis karpet yang bisa kita pilih sebagai interior pemanis dirumah. Sebelum membeli juga kita harus mengetahui ukuran ruangan, warna yang cocok, dan jenis karpet. Ada beberapa macam bentuk karpet yang bisa kalian pilih untuk menghiasi rumah kalian, dianntaranya.

Jenis-Jenis Karpet :

1. Karpet Tile

Jenis Karpet Tile - Cara Merawat Karpet

Jenis Karpet Tile – Cara Merawat Karpet

Karpet tile ini biasanya dibuat dengan bentuk yang menyerupai ubin atau lantai keramik dirumah kalian. Jadi, lebih mudah dan terlihat elegan.

2. Permadani

Jenis Karpet Permadani - Cara Merawat Karpet

Jenis Karpet Permadani – Cara Merawat Karpet

Karpet jenis permadani ini sering banget dijual dipasaran. Ukuran karpet permadani ini minimalis. Karpet jenis permadani lebih sering digunakan di kamar tidur dan ruang keluarga.

3. Karpet Meteran

Jenis Karpet Roll - Cara Merawat Karpet

Jenis Karpet Roll – Cara Merawat Karpet

Karpet Meteran ini lebih sering lagi kita jumpai baik dirumah maupun ditempat-tempat ibadaha atau tempat acara lainnya. Karpet ini berukuran lebar 4 meter. Karpet ini bisa dibeli sesuai dengan kebutuhan ruangan.

Cara Merawat Karpet

Harga dari setiap jenis karpet relatif. Ada yang mahal dan ada juga yang murah, sesuai dengan bahan karpet itu sendiri. Meskipun demikian, mau semahal dan semurah apapun karpet tersebut kalo perawatannya salah maka karpet akan cepat rusak. Karpet yang tidak dibersihkan akan menjadi sarang kuman, warna menjadi kusam, dan bau apek pada karpet. Oleh karena itu Cara Merawat Karpet harus benar-benar dikuasai oleh para ibu-ibu atau wanita yang suka mengkoleksi karpet. Berikut ini Cara Merawat Karpet yang bisa dilakukan dengan mudah untuk menjaga karpet kesayangan kalian.

1. Kebersihan

Usahakan untuk membersihkan karpet sesering mungkin minimal 1 minggu sekali. Gunakan vacuum  cleaner untuk membantu membersihkan kotoran dengan baik.

2. Pencucian

Cucilah karpet kesayangan kalian minimal 3 bulan sekali. Gunakan sabun khusus karpet. Setelah dicuci jemur karpet hingga kering agar tidak bau apek. Kalo misalnya kalian keberatan atau sulit mencuci karpet sendiri, gunakan jasa pencucian. Saat ini sudah banyak banget jasa pencucian yang menawarkan pencucian karpet.

3. Posisi

Usahakan untuk mengubah posisi karpet yang sering digunakan. Hal ini bertujuan agar bagian atas karpet yang sering diinjak atau dilewati menjadi sama rata. Usahakan juga perhatikan letak jendela. Jangan sampai posisi karpet langsung terkena sinar matahari. Hal ini akan cepat memudarkan warna karpet.

4. Ventilasi

Selain mengubah posisi karpet. Perhatikan juga jendela atau ventilasi ruangan. Hal ini bertujuan untuk sirkulasi udara di ruangan tetap baik. Karena karpet biasanya sering banyak terdapat debu.

5. Penyimpanan

Biasanya karpet yang tidak digunakan akan disimpan. Tidak jarang orang menyimpan karpet dengan cara dilipat. Sebaiknya karpet digulung dan dilapisi koran.

Demikianlah informasi Cara Merawat Karpet. Mudah-mudahan dapat membantu.

Cara Merawat Karpet



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.