Cara Cepat Lulus Kuliah

Cara Cepat Lulus Kuliah.

Salam Perubahan.

Kali ini saya ingin membahas tentang dunia Pendidikan khususnya perkuliahan. Buat temen-temen yang sedang kuliah, pasti pengen cepet lulus kuliahnya. Meskipun baru semester 3 atau 4. Saya sendiri bukan yang termasuk cepat, tapi rata-rata (4 tahun), namun saya ingin berbagi pengalaman kepada temen-temen semua bagaimana cara cepat lulus kuliah. Saya melihat teman saya yang lulus kuliah 3,5 tahun rata-rata memiliki:

1. Motivasi Yang Tinggi

Tentu, dengan motivasi yang tinggi pasti akan sangat mempengaruhi proses perkuliahan. Sebelum kita melangkah lebih jauh, kita harus tahu terlebih dahulu tujuan kita kuliah ini apa? Apa hanya sekadar main-main, gaya-gayaan atau memang niat serius untuk masa depan yang lebih baik. Hal ini harus benar-benar diperhatikan.

2. Sudah Memikirkan Tugas Akhir atau Skripsi dari Semester 4 atau 5

Hmhmmm… Untuk yang ini, mungkin ada benar dan salahnya. Pengalaman saya baru mikir skripsi semester 7. hahaaa. Tapi rata-rata mahasiswa yang lulus cepet, udah pada tau nih judul skripsi atau tugas akhir apa yang mau digarap. Minimal tau “Tema” apa yang mau dibahas. Ini memudahkan kita saat melakukan konsultasi dengan dosen pembimbing. Jangan dateng ke dosen pembimbing tanpa tau apa yang mau kita bahas. Iya kalau dosennya baik hati dan mau membantu memikirkan apa judul kita, kalau tidak? Bisa kena semproooottt.

3. Mencari Literatur Sebanyak Mungkin

Ini tidak jauh dengan No 2, tapi lebih spesifik lagi. Setelah mereka memikirkan Tugas Akhir atau Skripsi yang akan dibahas, mereka mempersiapkan Literatur seperti Buku, Jurnal Nasional dan Internasional, Penelitian-penelitian yang pernah membahas Skripsi atau Tugas Akhir mereka, dan lainnya. Ini akan sangat membantu ketika kita akan mulai menggarap skripsi atau tugas akhir kita.

4. Paham Apa yang Harus Dipersiapkan dan Dikerjakan

Mereka paham apa saja yang harus mereka persiapkan sebelum memulai skripsi atau tugas akhir seperti syarat-syarat administratif yang harus dilengkapi. Ini harus diperhatikan karena berhubungan dengan fakultas atau jurusan tempat teman-teman kuliah. Apakah mensyaratkan harus lulus ini, harus selesai ini, atau harus yang lain-lain. Tau format penulisan skripsi, penulisan nomor dan lain-lain.  Biasanya setiap universitas memiliki kriteria sendiri, jadi harus tau pedoman penyusunan skripsi atau tugas akhir temen-temen sekalian sesuai dengan fakultas/universitas tempat teman-teman kuliah.

5. Konsultasi yang Intens

Buat temen-temen yang dapet dosen pembimbing yang sulit ditemui, mungkin ini tidak berarti, tapi buat temen-temen yang dapet dosen yang mudah ditemui akan sangat berarti guna menunjang tugas akhir atau skripsi temen-temen sekalian. Sering-seringlah melakukan konsultasi dengan dosen pembimbing dan mengikuti saran dari dosen pembimbing itu.

6. Gak Mudah Putus Asa

Ini hal yang penting, jangan mudah putus asa. Dalam menyusun skripsi, banyak banget godaan, halangan, rintangan dan apapun yang dapat menghambat skripsi kita. Contoh, Dosen yang susah ditemui, Dosen yang banyak mau, Literatur yang sulit didapat atau udah Nulis banyak-banyak tapi ditolak/dicoret mentah-mentah. Rasanya memang bener-bener nganggep Dosen itu orang paling T.E.G.A di dunia (Lebay). Jangan Mudah Putus Asa…!!! Terus berjuang.

7. Rajin Ibadah dan Sedekah

Hmhm… Buat yang ini, saya yakin banget. Kalau rajin ibadah, pasti semua urusan lancar. Jadi buat temen-temen yang masih kurang rajin ibadah (seperti saya), rajin-rajinlah beribadah :) Sedekah juga jangan tinggal, pengalaman pribadi saya sulit banget menemui dosen karena dosennya ada pelatihan dan gak bisa ditemui, ditambah urusan administrasi di Unsri lumayan ribet. Tapi ketika saya lewat belakang kosan dan teringat seorang nenek yang udah tua renta berjualan bunga di Pinggir Kuburan Puncak Sekuning, Palembang, saya memberi sebagian uang saya. Tapi jangan hanya 1 kali itu saja kita bersedekah, saya tidak hanya sekali, sudah sejak lama saya sering bersedekah memberi sebagian uang saya kepada sang nenek (mudah-mudahan gak dibilang sombong, tapi saya cuma mau berbagi pengalaman pribadi). InsyaAllah semua berjalan lancar dan dipermudah oleh Allah S.W.T. So, mulailah giat beribadah dan selalu bersedekah.

Sekian dulu tulisan dari saya, mudah-mudahan bermanfaat dan dapat menginspirasi teman-teman semua.

“Sesungguhnya di balik kesulitan itu ada kemudahan”

 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


8 − = 3

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>