Wisata Palembang : Tempat Wisata Menarik di Palembang

Wisata Palembang : Tempat Wisata Menarik di Palembang – Salam hangat sobat blogger sekalian, kali ini iqbalparabi.com mau berbagi cerita tentang tempat wisata menarik di kota Palembang. Kalau sobat kebetulan jalan-jalan ke Palembang, mungkin ini bisa menjadi referensi perjalanan sobat selama jalan-jalan di Palembang. Terdapat tempat-tempat atau objek wisata menarik di kota yang terkenal dengan Pempek Palembangnya, mulai dari wisata kuliner, wisata alam dan wisata rohani ada di kota Palembang. Yuk kita simak tulisan mengenai “Wisata Palembang : Tempat Wisata di Palembang”.

Wisata Palembang : Tempat Wisata Menarik di Palembang

1. Jembatan Ampera

Wisata Palembang - Ampera

Wisata Palembang – Ampera

Siapa diantara pembaca yang tidak kenal dengan Jembatan Ampera yang ada di Palembang, Sumatera Selatan? Nampaknya anda bukan orang Indonesia kalau tidak tahu jembatan ini. Yap. Jembatan ini merupakan icon kota Palembang dan menjadi kebanggaan masyarakat Palembang.

Aktifitas yang bisa dilakukan disini sih memang tidak banyak, tapi cukup bangga kalau sudah mampir kesini karena memang Jembatan Ampera merupakan salah satu jembatan yang terkenal di Indonesia. Di jembatan Ampera, kita bisa berfoto-foto ria, bisa ambil dari sudut dibawah amperanya langsung atau bisa ambil dari pinggiran Sungai Musi (Depan Benteng Kuto Besak).

2. Benteng Kuto Besak (BKB)

Wisata Palembang - Benteng Kuto Besak (BKB)

Wisata Palembang – Benteng Kuto Besak (BKB)

Benteng Kuto Besak Palembang mempunyai ukuran panjang 188,75 meter, lebar 183,75 meter dan tinggi 9,99 meter (30 kaki) serta tebal 1,99 meter (6 kaki). Di setiap sudutnya terdapat bastion (baluarti) bastion yang terletak disudut barat laut bentuknya berbeda dengan tiga bastion lainnya. Tiga bastion yang sama tersebut merupakan ciri khas bastion Benteng Kuto Besak, di sisi timur , selatan dan barat terdapat pintu masuk lainnya disebut lawang buritan. Suatu kebanggaan bagi warga Palembang bahwa Benteng Kuto Besak merupakan satu-satunya benteng yang berdinding batu dan memenuhi syarat perbentengan/pertahanan yang dibangun atas biaya sendiri untuk keperluan pertahanan dari serangan musuh bangsa Eropa dan tidak diberi nama pahlawan Eropa.

3. Kambang Iwak (KI)

Wisata Palembang - Kambang Iwak

Wisata Palembang – Kambang Iwak

Kambang Iwak (KI) adalah taman wisata kota yang menurut saya sangat bagus jika dikembangkan dengan baik. Daerah ini sangat strategis (di tengah kota) dan dikelilingi oleh tempat-tempat makan yang berjejer dipinggiran jalan dengan rapi. Setiap hari minggu tempat ini sangat ramai  dikunjungi oleh penduduk Palembang. Pemerintah kota Palembang juga mengalihkan kendaraan bermotor pada hari Minggu untuk tidak melintasi jalan yang ada di Kambang Iwak ini. KI memiliki jogging track yang saya rasa sangat baik karena ukurannya lumayan lebar dan dirawat dengan baik. Selain itu, danau yang ada di KI berisi banyak ikan yang bisa kita kasih makan dengan membeli pakannya di bagian penjagaan seharga Rp. 1.000/bungkus. Itu salah satu kelebihan taman kota yang ada di kota Palembang.

4. Masjid Agung Palembang

Wisata Palembang - Masjid Agung Palembang

Wisata Palembang – Masjid Agung Palembang

Masjid Agung Palembang adalah masjid kebanggan warga kota Palembang, letaknya yang sangat strategis membuat masjid ini menjadi kunjungan utama para pecinta jalan-jalan. Bangunan masjid yang mewah dengan ukiran khas Palembang menghiasi keindahan Masjid Agung Palembang ini. Di depan masji ada air mancur yang terkenal dan merupakan titik 0 di kota palembang. Dari bundaran air mancur ini, kita bisa mengambil gambar atau foto dengan latar masjid atau latar jembatan ampera karena memang posisinya berada di tengah-tengah.

5. Al Qur’an Al Akbar (Al Quran Terbesar di Indonesia)

Wisata Palembang - Al Quran Al Akbar

Wisata Palembang – Al Quran Al Akbar

Jujur, selama 4 tahun di Palembang, baru tahu kalau ada Al Quran pahat terbesar di Indonesia dan berada di Palembang. Itu pun tahu karena melihat acara televisi yang membahas tentang kota Palembang. Kemudian saya cari di internet dan menemukan beberapa informasi. Jadi ini adalah Al Quran yang dipahat oleh para pemahat asal Sumatera Selatan selama 8 tahun. Dana pengembangannya mencapai 2 M lebih. Pahatan Al Quran ini terbuat dari kayu Terembesu yang dikenal awet. Pahatan ini juga digunakan untuk melestarikan seni pahat khas Palembang. Al Quran pahatan terbesar di Indonesia diresmikan oleh Presiden RI dan beberapa menteri dengan mengundang duta besar yang ada di Dunia untuk menyaksikan mahakarya warga Sumatera Selatan. Pernah dipamerkan di Masjid Agung Palembang.

6. Pulau Kemaro

Wisata Pelambang - Pulau Kemaro

Wisata Pelambang – Pulau Kemaro

Pulau Kemaro sendiri sebenarnya merupakan sebuah delta yang berada di perairan Sungai Musi. Konon kabarnya pulau ini tidak pernah terendam air meskipun sungai Musi sedang pasang tinggi sekalipun.  Karena itulah pulau ini dinamakan ‘Pulau Kemaro’, yang berarti tidak pernah tergenang air. Untuk menacapai pulau ini, kita membutuhkan perahu getek untuk menyebrang. Biaya sewa perahu berkisaran antara Rp. 100.000 sampai Rp. 150.000. Sobat jangan bilang ini mahal karena kan kita pergi kesana tidak sendiri, minimal ada 4 orang, jadi bisa urunan atau ‘ck-ck’ kato wong Palembang :) Eh iya, di Pulau Kemaro ini ada legenda yang berkembang dan terkenal lho. Udah pada tahu belum? Kalau belum tahu silahkan baca tulisan Pulau Kemaro Palembang: Legenda Kisah Cinta Romantis.

7. Bukit Siguntang

Wisata Palembang - Bukit Siguntang

Wisata Palembang – Bukit Siguntang

8. Punti Kayu

Wisata Palembang - Punti Kayu

Wisata Palembang – Punti Kayu

9. Mall di Palembang

Wisata Palembang - Palembang Indah Mall Palembang

Wisata Palembang – Palembang Indah Mall Palembang

10. Amanzi Palembang

Wisata Palembang - Amanzi

Wisata Palembang – Amanzi

11. Wisata Danau OPI

Wisata Palembang - Danau OPI

Wisata Palembang – Danau OPI

12. Fantasy Island

Wisata Palembang - Fantasy Island Palembang

Wisata Palembang – Fantasy Island Palembang

13. Stadion Jakabaring Palembang

Wisata Palembang - Stadion Jakabaring Palembang

Wisata Palembang – Stadion Jakabaring Palembang

14. Wisata Kuliner (Pempek) di Palembang

a. Pempek Vico

b. Pempek Pak Raden

c. Pempek Candy

d. Pempek Akiun

e. Pempek Mang Din

15. Rumah Makan di Palembang

a. River Side

b. Sri Melayu

c. Semarang

d. Enhai

e. Batagor Ihsan

Untuk wisata kuliner (Pempek dan Rumah Makan), sobat bisa baca ulasannya di tulisan yang berjudul Tempat Makan di Palembang.

Sekian tulisan mengenai Wisata Palembang : Tempat Wisata Menarik di Palembang. Semoga bermanfaat. Have a nice trip. Salam.

Wisata Palembang : Tempat Wisata Menarik di Palembang



Comments

  1. By Lince

    Reply

  2. By ade wid

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


4 × = 24

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>