Tips Menghadapi Wawancara Kerja

By | May 6, 2013

Tips Menghadapi Wawancara Kerja – Wawancara kerja sering banget jadi masalah yang cukup menakutkan bagi para pelamar kerja. Biasanya banyak orang yang tidak lolos tes kerja di bagian wawancara. Sedih banget ya rasanya, udah ngikutin tes dari awal dan lulus tapi giliran tes terakhir wawancara malah nggak lolos. Padahal kalo dipikir-pikir pertanyaan yang diberikan oleh pewawancara cukup mudah tapi kenapa kita nggak lolos? Mungkin pewawancara mempunyai penilaian sendiri dari hasil jawaban, gaya bahasa, dan bahasa tubuh kita. Aku aja sampe sekarang masih nggak tau apa yang menjadi penilaian pewawancara itu. Wawancara kerja atau sering disebut dengan Interview Kerja biasanya dilakukan oleh dua orang yaitu wawancara kerja user dan wawancara kerja HRD. 

Tips Menghadapi Wawancara Kerja

Tips Menghadapi Wawancara Kerja

Seringkali pada saat wawancara kerja atau interview kerja kita diberikan pertanyaan-pertanyaan yang cukup menjebak dan kita sendiri akan kebingungan menjawabnya. Pertanyaan-pertanyaan yang sering keluar adalah tentang berapa gaji yang kita inginkan, alasan mengapa memilih perusahaan tersebut, motivasi kerja itu apa, dan biasanya juga sering diminta untuk menyebutkan kelebihan dan kekurangan kita. Biasanya kita akan bingung dan gugup dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Kurangnya persiapan bisa menjadi pemicu kegagalan dalam menghadapi wawancara kerja. Oleh karena itu, coba simak beberapa Tips Menghadapi Wawancara Kerja berikut ini.

1. Survey Lokasi atau Perusahaan

Ada baiknya jika kalian mendapatkan panggilan untuk wawancara kerja mengetahui lokasi perusahaan tersebut. Hal ini agar kalian tidak terlalu repot mencari lagi pada hari H nya.

2. Berdoa

Ini yang harus dilakukan pada saat kalian akan pergi wawancara. Berdoa juga bisa menjadi salah satu cara yang ampuh agar kita tidak terlalu gugup dalam menghadapi wawancara kerja.

3. Datang Lebih Awal

Nah, ini juga penting ya buat kalian yang mendapat panggilan untuk wawancara kerja. Jangan dateng telat ya. Usahakan kalian sudah ada ditempat wawancara 30 menit sebelum jadwal wawancara.

4. Kenali Perusahaan

Kenali perusahaan yang kalian lamar. Kalian harus mencari tau tentang profil perusahaan, produk apa yang ditawarkan oleh perusahaan, dan bisa juga kalian mencari tau berapa standar gaji di perusahaan tersebut. Biasanya pewawancara menanyakan berapa gaji yang diinginkan. Jangan sampe kalian menyebutkan gaji untuk bagian yang kalian lamar diluar dari standar perusahaan.

Tips Menghadapi Wawancara Kerja

5. Tampilkan Kelebihan

Kesan pertama itu sangat mempengaruhi penilaian pewawancara. Oleh karena itu tampilkan kelebihan kalian semaksimal mungkin. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan pakaian yang rapi dan lancar dalam menjawab pertanyaan.

6. Jujur Tentang Kelebihan dan Kekurangan

Biasanya kita akan diminta untuk menceritakan tentan kelebihan dan kekurangan kita. Ceritakanlah kelebihan kalian dengan baik jangan sampe terkesan kalo kalian itu perfeksionis selain itu ceritakan juga kekurangan kalian. Misalnya kalian orang yang pelupa atau apalah tapi jangan terkesan kalo kalian tidak mampu mengingat.

7. Bahasa Tubuh

Usahakan tunjukkan bahasa tubuh yang senyaman mungkin. Gerakan mata, tangan, dan tubuh akan menjadi penilaian juga. Duduklah dengan sikap tegak tanpa bersandar. Cari posisi duduk yang nyaman.

8. Jangan Berbicara Terlalu Banyak

Dalam menjawab pertanyaan, usahakan kalian mengetahui poin penting yang harus dijawab. Jangan sampe kalian menjawab menyimpang dari pertanyaan. Jangan terpancing dengan pertanyaan yang tidak sesuai. Misalnya kalian ditanya tentang gosip terkini. Jawablah dengan tenang kalo pertanyaan itu tidak sesuai.

9. Jabat Tangan

Sebelum dan sesudah wawancara hal yang harus kalian lakukan adalah menyapa dan menjabat tangan pewawancara.

Demikianlah beberapa info Tips Menghadapi Wawancara Kerja. Semoga tulisan ini dapat membantu kalian yang akan menghadapi wawancara kerja.

Tips Menghadapi Wawancara Kerja



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.