Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat – Salam hangat sobat blogger sekalian, kali ini saya ingin berbagi tips memilih jurusan kuliah yang tepat. Cara memilih jurusan kuliah yang tepat sebenarnya gampang-gampang susah. Sama seperti saya dahulu ketika memilih jurusan kuliah yang tepat. Rata-rata orang banyak mencari jurusan kuliah yang banyak peluang kerja ke depannya. Tidak salah, namun kita harus tetap mempertimbangkan kemampuan yang kita miliki untuk memilih jurusan kuliah agar tidak salah pilih ketika kita sudah mulai kuliah. Mudah-mudahan tulisan saya kali ini tidak lagi membuat bingung memilih jurusan untuk siswa SMA/SMK/MA/sederajat yang mau melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi. Yuk, disimak tips memilih jurusan kuliah yang tepat berikut ini.

Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Sebelum kita masuk ke tips memilih jurusan yang tepat saat kuliah, ada baiknya kita tahu terlebih dahulu jurusan yang ada di tempat kuliah yang kita tuju. Sobat semua bisa melihatnya melalui website resmi universitas yang sobat tuju. Misalnya sobat ingin memilih Universitas Indonesia, maka sobat bisa membuka situs resmi Universitas Indonesia di www.ui.ac.id. Kemudian, lihat jurusan apa saja yang ada di Universitas Indonesia.

Begitu juga untuk universitas-universitas lain yang sobat inginkan. Kalau tidak tahu situs resminya, sobat bisa minta tolong om Google buat nyariin situs resmi Universitas yang sobat tuju. Ketik saja nama Universitasnya di form pencarian google. Misalnya “Universitas Sriwijaya”, maka nanti pasti akan dirujuk ke situs resmi Universitas Sriwijaya yang beralamat di www.unsri.ac.id. Sedikit tips untuk mengetahui situs resmi sebuah universitas adalah dengan melihat nama domainnya. Sebuah institusi sekelas Universitas, 99% menggunakan nama domain yang berakhiran ‘ac.id‘ dimana ‘ac‘ merupakan singkatan dari academic dan ‘id‘ adalah kode untuk negara kita (Indonesia).

Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

1. Sesuaikan dengan Minat dan Bakat

Tips memilih jurusan kuliah yang tepat pertama adalah menyesuaikan dengan minat dan bakat yang sobat miliki. Itu adalah hal yang paling penting. Kalau sobat suka dengan dunia pendidikan, sobat bisa memilih jurusan Pendidikan yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Jangan salah memilih jurusan yang tidak sesuai dengan minat dan bakat ya sobat. Mengapa? Jelas sekali karena akan membahayakan di masa perkuliahan. Pengalaman pribadi saya, banyak teman yang ternyata salah memilih jurusan sehingga saat kuliah tidak bisa fokus dan ujung-ujungnya pindah ke jurusan lain dengan mengikuti seleksi masuk pada tahun berikutnya. Rugi kan? Sayang biaya kuliah yang mahal dan waktu yang terbuang sia-sia.

Saya sangat menyarankan untuk mengikuti kata hati sobat atau dengan kata lain mengikuti minat dan bakat yang sobat miliki. Ada teman saya yang memang memiliki minat dan bakat di bidang Olahraga. Semasa di SMA dia sering menjadi juara, baik tingkat kota maupun tingkat nasional. Kemudian dia masuk ke FKIP Program Studi Olahraga. Sampai saat ini dia sudah bisa mengajar dan mengembangkan minat dan bakatnya. So, jangan sampai salah jurusan yang tidak sesuai dengan minat dan bakat ya sobat.

2. Pertimbangkan Kualitas Jurusan yang dituju

Kualitas jurusan juga mempengaruhi lho jika kamu ingin memilih jurusan yang tepat untuk kuliah. Lihat dari segi pengajar, fasilitas dan ikatan alumninya. Itu yang saya sarankan. Pengajar yang berkualitas akan membantu sobat mendapatkan ilmu yang sobat inginkan karena otomatis pengajar lebih banyak ilmunya sebab memang dia sudah lahir duluan ketimbang sobat.

Setelah itu fasilitas seperti internet, komputer, perpustakaan, administrasi yang bagus dan sistem akademik yang memudahkan sobat dalam menunjang proses perkuliahan. Jangan sampai ketika kuliah, fasilitas yang sobat dapatkan minim sehingga sulit mendapatkan hak-hak sobat sebagai mahasiswa.

Terakhir, lihat ikatan alumni jurusan yang sobat pilih. Apakah kuat atau biasa-biasa saja. Jika kuat, sobat akan sangat terbantu karena alumni bisa membantu sobat semasa pasca kuliah seperti mencari pekerjaan, meningkatkan jaringan dan saling membantu karena ikatan kekeluargaan yang kuat satu sama lain.

3. Pilih Alternatif Jurusan Kuliah

Jika sobat sudah membuat keputusan untuk memilih jurusan A namun ternyatan jurusan A tersebut banyak peminatnya sehingga persaingan masuk lebih ketat, saya sarankan untuk mencari alternatif jurusan B yang masih sesuai dengan minat dan bakat sobat. Misalnya jurusan A adalah jurusan Geografi, namun jurusan Geografi tersebut banyak yang memilihnya. Selain itu, sobat harus mempersiapkan jurusan yang memiliki keilmuan yang hampir sama seperti Geografi. Misalnya sobat bisa memilih Sejarah atau yang lain karena memang keduanya masih dalam 1 rumpun, yaitu rumpun sosial.

4. Pekerjaan di Masa Depan

Tujuan seseorang untuk mengenyam bangku perkuliahan adalah untuk mencari pekerjaan atau sebaliknya membuat lapangan pekerjaan. Terdapat beberapa bidang pekerjaan yang bisa sobat pilih selesai kuliah, namun ada beberapa bidang tertentu yang hanya mengkhususkan jurusan tertentu yang bisa menggeluti bidang tersebut. Contohnya dokter, hanya mahasiswa Fakultas Kedokteran Program Studi Kedokteran Umum yang dapat menjadi seorang dokter. Mahasiswa FKIP tidak bisa menjadi dokter karena tidak sesuai dengan keilmuannya. Untuk referensi, berikut ini beberapa daftar pekerjaan yang diprediksi akan menjadi profesi yang menjanjikan di masa yang akan datang.

1. Dokter Ahli Bedah

Untuk yang pertama ini saya rasa sobat sudah pada tahu semua bahwa dokter bedah pasti akan sangat dibutuhkan di masa yang akan datang. Mengapa? Saat ini memang dirasa sudah banyak doker disana-sini, namun yang ahli masih sedikit lho, bahkan sudah banyak yang mulai melemah fisiknya. Pernah saya mengunjungi sebuah rumah sakit, ada seseorang yang sudah tua memegang tongkat untuk membantunya berjalan, saya kita orang tersebut adalah pasien di rumah sakit tetapi ternyata tidak. Orang tersebut adalah seorang dokter ahli bedah yang sedang memeriksa kondisi pasiennya. Bayangkan? Sudah setua itu pun masih dibutuhkan keahliannya.

Untuk menjadi seorang dokter ahli bedah, sobat harus bisa masuk di Fakultas Kedokteran Program Studi Kedokteran Umum. Kalau ambil program studi yang lain gak bakalan bisa jadi dokter ahli bedah. Ingat ya? Ambil Kedokteran Umum.

2. Akuntan atau Auditor

Yang kedua adalah akuntan atau auditor. Tugasnya memang berat karena harus bisa menghitung uang yang biasanya tidak sedikit. Salah jumlah atau tidak balance maka dipertanyakan keahlian seorang akuntan. Untuk bisa menjadi seorang akuntan atau auditor sobat bisa memilih jurusan yang tepat, yaitu Akuntansi. Kalau bisa masuk di Akuntansi UI yang terkenal dengan keunggulannya.

3. IT Engineering

Hhmhmm… Kalau yang ini sobat juga mungkin sudah sedikit tahu bagaimana berprofesi sebagai IT engineering. Sekarang semua sudah serba komputer, apa-apa bisa kita lakukan dengan komputer. Sobat bisa membaca tulisan ini pun karena komputer.

Jangkauan seorang IT Engineering cukup luas karena bisa bekerja di berbagai sektor seperti pendidikan, pemerintahan, kesehatan dan bagian lainnya. Prospek kerja menjadi IT Engineering sangat terbuka luas. Untuk bisa menjadi seorang IT Engineering sobat bisa masuk di Jurusan Komputer, Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Sistem Komputer, Sistem Informasi dan jurusan lain yang berbau dengan komputer. Kalau ditanya institusi mana yang paling bagus, saat ini masih ITB yang memegangnya. Kalau bisa masuk di STEI ITB akan menjadi nilai plus plus plus bagi sobat semua.

4. Engineer

Engineer berbeda dengan IT Engineer seperti no 3 tadi, Engineer disini lebih condong kepada menjadi seorang Ahli Teknik yang bisa merancang dan membuat sebuah gedung, bangunan, jembatan, mesin dan lain-lainnya. Sobat bisa masuk ke Fakultas Teknik yang ada di sebuah Universitas atau institusi. Bisa ambil Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Kimia dan lainnya. Untuk masalah teknik nampaknya ITB masih lebih unggul dibandingkan institusi lain. Sobat bisa coba langsung daftar deh.

5. Guru

Yang kelima ini adalah Guru. Mengapa guru menjadi profesi yang menjanjikan ke depannya? Karena guru sendiri oleh pemerintah sedang dalam proses menuju kehidupan yang sejahtera. Bayangkan, seorang guru sekarang bisa menerima gaji 2 kali lipat. Hal tersebut membuat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menjadi laris manis di kalangan pemburu bangku kuliah.

Tingkat kesulitan masuk jurusan keguruan di berbagai Universitas atau Institusi meningkat tajam. So, sobat jangan takut dan lebih baik persiapkan diri untuk masuk ke FKIP. Saran saya jika ingin masuk ke FKIP, sobat bisa pilih UNJ atau UPI yang terkenal dengan Faklutas Keguruannya.

6. Planologi atau Perencana Wilayah

Perencana wilayah saat ini masih sulit ditemukan karena hanya beberapa institusi yang membuka jurusan tata kota ini, namun jika kita lihat prospek ke depannya sangat bagus karena perkembangan kehidupan yang makin bertambah maka dibutuhkan seorang ahli perencana wilayah atau kota.

Kita semua tahu kalau Ibu kota kita merupakan salah satu wilayah yang sering terkena banjir. Diperlukan orang-orang ahli di bidang perencanaan wilayah atau kota untuk mengatasi permasalahan tersebut. Bukan hanya di Ibu kota, coba sobat lihat sendiri kota atau kabupaten sobat. Pasti orang yang ahli di bidang perencanaan wilayah akan berguna dan sangat dicari. Untuk bisa menjadi seorang perencana wilayah, sobat bisa masuk jurusan Tata Kota yang ada di ITB atau institusi lainnya.

5. Restu Orang Tua

Tips memilih jurusan kuliah yang tepat terakhir adalah meminta restu orang tua. Ini tips memilih jurusan kuliah yang paling ampuh menurut saya. Jika sobat telah memilih jurusan kesana kemari namun orang tua tidak merestui maka semua akan terasa berat. Memang tidak sedikit juga orang tua yang kadang memaksakan kehendak agar anaknya bisa masuk pada jurusan tertentu yang mereka inginkan, namun kita sebagai anak sebaiknya memberikan pengertian yang baik kepada orang tua jika memang kita tidak sepaham.

Raihlah restu orang tua sehingga apa yang sobat inginkan dapat berjalan dengan mulus tanpa halangan apapun.

Oke, itu dulu tips dari saya untuk memilih jurusan kuliah yang tepat dan sesuai dengan pekerjaan yang akan di tekuni kedepannya. Semoga bermanfaat dan dapat membantu sobat dalam memilih jurusan yang tepat. Salam hangat.

Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat



Comments

  1. By NI WAYAN SAMIYASIH

    Reply

    • By Iqbal Parabi

      Reply

  2. By Muhammad yunus

    Reply

    • By Iqbal Parabi

      Reply

  3. By syifaulnazula

    Reply

    • By Iqbal Parabi

      Reply

  4. By singgihsatrio

    Reply

    • By Iqbal Parabi

      Reply

  5. By Muhammad yunus

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


× 9 = 81

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>