Tips Membuat Lamaran Kerja

By | May 8, 2013

Tips Membuat Lamaran Kerja –  Mencari dan mendapatkan pekerjaan sesuai dengan keinginan kita memang sangat sulit. Apalagi ditambah semakin berkembangnya teknologi sehingga perusahaan-perusahaan banyak mengurangi sumber daya manusia yang mengakibatkan semakin tingginya tingkat pengangguran. Ditambah lagi dengan banyaknya lulusan dari sekolah dan universitas setiap tahunnya. Bahkan untuk universitas biasanya setiap tiga atau empat bulan sekali mengeluarkan lulusan-lulusan terbaik. Hal ini juga bisa menambah persaingan dalam mencari kerja. Bukan hanya akademik yang dinilai oleh perusahaan pada saat kita melamar kerja, surat lamaran kerja juga menjadi perhatian dari pihak Human Resource Department (HRD).

Tips Membuat Lamaran Kerja

Tips Membuat Lamaran Kerja

Saat ini melamar kerja bukan hanya mengirimkan dokumen lamaran kerja via jasa pengiriman barang. Banyak juga perusahaan-perusahaan yang meminta untuk mengirimkan berkas lamaran kerja via email. Ratusan bahkan mungkin ribuan orang mengirimkan surat lamaran kerja pada perusahaan yang sedang membuka lowongan kerja. Berbagai macam cara penulisan lamaran kerja yang diterima HRD perusahaan. Jarang sekali HRD akan membaca satu per satu lamaran. Oleh karena itu kita harus benar-benar memahami bagaimana membuat lamaran kerja yang baik dan benar. HRD akan melihat dengan cepat dan tepat berkas lamaran yang masuk ke bagian HRD. ini beberapa Tips Membuat Lamaran Kerja yang bisa kalian gunakan untuk melamar pekerjaan.

Tips Membuat Lamaran Kerja

1. Penulisan Surat Lamaran

Dalam membuat surat lamaran kerja, ada baiknya diketik menggunakan komputer. Tidak menutup kemungkinan juga surat lamaran ditulis tangan karena ada saja beberapa perusahaan yang mensyaratkan surat lamaran ditulis tangan. Penulisan menggunakan komputer bisa memberikan nilai tambah bahwa kalian mampu mengoperasikan komputer.

2. Gaya Bahasa

Dalam membuat surat lamaran kerja gunakanlah gaya bahasa yang baik dan benar. Jangan menggunakan gaya bahasa yang kalian gunakan sehari-hari. Ada juga perusahaan yang meminta surat lamaran menggunakan bahasa inggris. Usahakan juga untuk menulis dengan baik dan benar.

3. Informasi yang singkat

Dalam membuat surat lamaran kerja berikan informasi yang singkat, padat, dan informatif. Tidak perlu kalian menceritakan kemampuan yang kalian punya dalam surat lamaran kerja. Biasanya perusahaan akan meminta surat lamaran kerja dan CV. Jangan lupa juga untuk mencantumkan informasi darimana kalian mendapatkan informasi lowongan kerja tersebut.

4. Kebersihan

Mungkin hal ini sepele tapi ini seringkali diabaikan. Perlu diingat, kebersihan dan kerapian surat lamaran kerja juga harus diperhatikan. Ini juga bisa menambah penilaian HRD.

5. Kelengkapan

Biasanya dalam membuat surat lamaran kerja kita akan menambahkan kelengkapan seperti Fotokopo KTP, transkrip, ijazah, dan lainnya. Hal ini juga harus dilengkapi sesuai dengan yang dituliskan dalam surat lamaran kerja.

6. Lamaran Kerja Via email

Sekedar memberikan informasi. Apabila ada perusahaan yang meminta surat lamaran dikirimkan via email maka usahakan semua kelengkapan persyaratan harus dilengkapi. Kemudian dalam mengirim email harus diperhatikan juga ukurannya. Sebaiknya ukuran folder lamaran dikecilkan agar mudah dibuka oleh perusahaan yang menerima.

Contoh Surat Lamaran Kerja :

Kepada Yth.
HRD
PT. BANK
Bandar Lampung.

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi kesempatan berkarir di PT. BANK . Untuk bagian Officer Development Program (ODP), maka dengan ini saya yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama                                   :
Tempat/Tanggal Lahir :
Alamat                                :
Alamat Sekarang            :
No. Telp                             :
Email                                   :
Status                                  :
Pendidikan Terakhir    :
IPK Terakhir                    :
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

  1. Curriculum Vitae.
  2. Pass photo terbaru.
  3. Fotokopi Ijazah
  4. Fotokopi Transkrip
  5. Fotokopi KTP

Demikian surat lamaran yang saya buat, besar harapan saya untuk bisa bergabung di perusahaan yang bapak/ ibu pimpin, saya akan melakukan yang terbaik untuk PT. BANK. Atas perhatian dan kebijaksanaan saya ucapkan terima kasih.

Bandar Lampung, 29 April 2013

(nama)

Demikianlah informasi tentang Tips Membuat Lamaran Kerja. Semoga dapat membantu buat kalian yang sedang mencari kerja.

Tips Membuat Lamaran Kerja



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.