Tips dan Trik Menjawab Soal tes TPA Bappenas

Tips dan Trik Menjawab Soal tes TPA Bappenas – Sebenarnya saya berpikir beberapa kali untuk menulis tips dan trik menjawab soal tes TPA Bappenas, soalnya nilai TPA Bappenas saya sendiri tidak tinggi, namun ujungnya saya buat juga tulisan mengenai tips dan trik menjawab soal tes TPA Bappenas ini. Saya rasa gak ada salahnya berbagi meskipun sedikit, buat sobat yang memiliki nila TPA Bappenas yang tinggi, tidak usah lagi lanjut membaca tulisan ini, tapi bagi sobat yang baru pertama kali mengikuti tes TPA Bappenas silahkan coba mengikuti tips dan trik menjawab soal tes TPA Bappenas yang mudah-mudahan bisa membantu sobat, minimal memberi gambaran mengenai tes TPA Bappenas.

 Tips dan Trik Menjawab Soal tes TPA Bappenas

Tips dan Trik Menjawab Soal Tes TPA Bappenas

Tips dan Trik Menjawab Soal Tes TPA Bappenas

Melanjutkan tulisan saya mengenai Pengalaman Mengikuti Tes TPA Bappenas yang dibagi menjadi 2 part, sekarang saya ingin membagi tips dan trik menjawab soal tes TPA Bappenas. Ini pengalaman pribadi saya dalam mengerjakan tes TPA yang saya ikuti pada tanggal 29 Januari 2013, tidak besar memang nilai saya (551), tapi saya rasa ini bisa sedikit membantu sobat untuk menjawab soal TPA Bappenas.

Tips Menjawab Soal Tes TPA Bappenas:

1. Persiapkan Mental

Hal pertama menurut saya adalah kita harus mempersiapkan mental terlebih dahulu. Jangan takut mengikuti ujian ini karena jika takut, mental kita akan jatuh dan merasa di bawah tekanan sedangkan dalam menjawab soal tes tpa bappenas kita harus rileks menjawabnya alias tanpa beban.

2. Persiapkan Perlengkapan Teknis

Hal kedua adalah mempersiapkan perlengkapan teknis seperti pensil 2b, penghapus, peruncing dan persyaratan persyaratan seperti kartu tanda peserta ujian yang dibagi saat registrasi ulang.

3. Berlatih Tes TPA Online

Berlatih tes tpa secara online bisa sobat lakukan di Aplikasi Tes TPA Online yang saya buat, cukup membantu untuk menjawab soal-soal yang muncul pada ujian TPA Bappenas.

>> Link ke Applikasi Tes TPA Online

4. Berdoa

Ini adalah salah satu tips yang harus sobat lakukan, kenapa? karena dengan berdoa pikiran akan menjadi tenang sehingga dapat dengan mudah menjawab serta mendapat ridho dari Allah SWT.

5. Sedekah

Ini adalah cara yang ampuh juga untuk memudahkan langkah kita dalam menuju cita-cita. Percayalah.

Trik Menjawab Soal Tes TPA Bappenas:

1. Jawab Soal yang Mudah terlebih dahulu

Ini trik menjawab soal tes tpa bappenas yang pertama, silahkan sobat menjawab pertanyaan yang mudah terlebih dahulu. Trik ini akan sangat berguna, jadi ingat, “Jawab Soal yang Mudah terlebih dahulu”, jangan terpaku pada pertanyaan yang membuat sobat penasaran. Tinggalkan dulu pertanyaan itu jika kira-kira membutuhkan waktu yang lama untuk menjawabnya karena tiap pertanyaan alokasi waktu untuk menjawabnya maksimal 40 Detik sudah termasuk melingkari jawaban di lembar jawaban. So, pergunakan waktu sebaik mungkin.

Pertanyaan-pertanyaan yang membutuhkan waktu lama biasanya muncul di bagian ke 2 (aritmatika, aljabar dll) dimana untuk menjawab pertanyaan tersebut membutuhkan waktu lama bila kita tidak tahu cara cepat menjawab pertanyaan tersebut. Setelah selesai menjawab pertanyaan yang sobat anggap mudah, sobat bisa ulang kembali membaca pertanyaan yang sulit jika masih ada waktu, jika tidak maka lanjut ke trik berikutnya.

2. Headshot (Tembak Soal)

Hmhmmm…. ini adalah jalan terakhir jika kita memang sudah kehabisa waktu atau tidak bisa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh OTO Bappenas, tembak jawaban dengan pilihan yang sama. Misalnya intuisi sobat mengatakan harus menjawab C, maka jawab semua pertanyaan dengan jawaban C. Tapi ingat, ada triknya juga, apa triknya? Jika sobat ingin menembak pada pertanyaan bagian sub tes 2 atau Matematika, lebih baik sobat menjawab antara pilihan A, B, C yang kemungkinan jawaban benar ada diantara 3 pilihan tersebut. Soalnya, jawaban D dan E biasanya tidak masuk karena jawabannya “Tidak ada hubungan antara x dan y” atau “x dan y = 0″. Jawaban seperti itu saya rasa jarang menjadi pilihan jawaban yang tepat, biasanya “x > y” atau “x < y” yang benar.

3. Pelajari Rumus Cepat dan Perhitungan Sederhana

Sobat bisa mempelajari rumus cepat dalam menjawab soal-soal aritmatik atau aljabar yang merupakan ilmu pasti. Ingat aturan dasar dalam aritmatik dan hapalkan beberapa angka numerik seperti berikut.

1. 1/3 = 0,333 = 33,33%

2. 2/3 = 0,667 = 66,67%

3. 1/2 = 0,5 = 50%

Dan seterusnya…

4. Jawab Soal dari Belakang

Pengalaman mengerjakan tes tpa Bappenas ini, pertanyaan-pertanyaan mudah biasanya diletakkan di bagian belakang. Saya sendiri sewaktu mengerjakan soal tpa bappenas salah langkah karena saya mengerjakan sesuai dengan urutan soal. Ternyata ada teman yang mengatakan bahwa jika ingin menjawab pertanyaan, jawablah dari belakang. Setelah saya ingat dan teliti memang benar. Pada bagian sub tes yang kedua saya hanya mampu membaca 60%, sisanya nembak, padahal sekilas saya baca bahwa pertanyaannya tentang model persamaan yang lumayan mudah.

Demikian tips dan trik menjawab soal tes TPA Bappenas, semoga bermanfaat. Salam.

Tips dan Trik Menjawab Soal tes TPA Bappenas



Comments

  1. By Andy

    Reply

    • By Iqbal Parabi

      Reply

      • By Lilis A

        Reply

        • By Iqbal Parabi

          Reply

  2. By myra

    Reply

    • By Iqbal Parabi

      Reply

  3. By ali

    Reply

    • By Iqbal Parabi

      Reply

  4. By sunarseh

    Reply

    • By Iqbal Parabi

      Reply

  5. By wahyuni

    Reply

    • By Iqbal Parabi

      Reply

  6. By ceri

    Reply

  7. By romli

    Reply

  8. By Hj. Ekawati Yullsilviana

    Reply

  9. By cak awi

    Reply

    • By Iqbal Parabi

      Reply

  10. By May

    Reply

    • By Iqbal Parabi

      Reply

  11. By Sidiq

    Reply

  12. By Day

    Reply

    • By Iqbal Parabi

      Reply

  13. By Sandra Amalia

    Reply

  14. By gepe

    Reply

    • By Iqbal Parabi

      Reply

  15. By jack

    Reply

    • By Iqbal Parabi

      Reply

  16. By superdiky

    Reply

    • By Iqbal Parabi

      Reply

  17. By umardani

    Reply

    • By Iqbal Parabi

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


× 6 = 54

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>