Tips dan Trik Menjawab Soal tes TPA Bappenas

By | February 2, 2013

Tips dan Trik Menjawab Soal tes TPA Bappenas – Sebenarnya saya berpikir beberapa kali untuk menulis tips dan trik menjawab soal tes TPA Bappenas, soalnya nilai TPA Bappenas saya sendiri tidak tinggi, namun ujungnya saya buat juga tulisan mengenai tips dan trik menjawab soal tes TPA Bappenas ini. Saya rasa gak ada salahnya berbagi meskipun sedikit, buat sobat yang memiliki nila TPA Bappenas yang tinggi, tidak usah lagi lanjut membaca tulisan ini, tapi bagi sobat yang baru pertama kali mengikuti tes TPA Bappenas silahkan coba mengikuti tips dan trik menjawab soal tes TPA Bappenas yang mudah-mudahan bisa membantu sobat, minimal memberi gambaran mengenai tes TPA Bappenas.

Β Tips dan Trik Menjawab Soal tes TPA Bappenas

Tips dan Trik Menjawab Soal Tes TPA Bappenas

Tips dan Trik Menjawab Soal Tes TPA Bappenas

Melanjutkan tulisan saya mengenai Pengalaman Mengikuti Tes TPA Bappenas yang dibagi menjadi 2 part, sekarang saya ingin membagi tips dan trik menjawab soal tes TPA Bappenas. Ini pengalaman pribadi saya dalam mengerjakan tes TPA yang saya ikuti pada tanggal 29 Januari 2013, tidak besar memang nilai saya (551), tapi saya rasa ini bisa sedikit membantu sobat untuk menjawab soal TPA Bappenas.

Tips Menjawab Soal Tes TPA Bappenas:

1. Persiapkan Mental

Hal pertama menurut saya adalah kita harus mempersiapkan mental terlebih dahulu. Jangan takut mengikuti ujian ini karena jika takut, mental kita akan jatuh dan merasa di bawah tekanan sedangkan dalam menjawab soal tes tpa bappenas kita harus rileks menjawabnya alias tanpa beban.

2. Persiapkan Perlengkapan Teknis

Hal kedua adalah mempersiapkan perlengkapan teknis seperti pensil 2b, penghapus, peruncing dan persyaratan persyaratan seperti kartu tanda peserta ujian yang dibagi saat registrasi ulang.

3. Berlatih Tes TPA Online

Berlatih tes tpa secara online bisa sobat lakukan di Aplikasi Tes TPA Online yang saya buat, cukup membantu untuk menjawab soal-soal yang muncul pada ujian TPA Bappenas.

>> Link ke Applikasi Tes TPA Online

4. Berdoa

Ini adalah salah satu tips yang harus sobat lakukan, kenapa? karena dengan berdoa pikiran akan menjadi tenang sehingga dapat dengan mudah menjawab serta mendapat ridho dari Allah SWT.

5. Sedekah

Ini adalah cara yang ampuh juga untuk memudahkan langkah kita dalam menuju cita-cita. Percayalah.

Trik Menjawab Soal Tes TPA Bappenas:

1. Jawab Soal yang Mudah terlebih dahulu

Ini trik menjawab soal tes tpa bappenas yang pertama, silahkan sobat menjawab pertanyaan yang mudah terlebih dahulu. Trik ini akan sangat berguna, jadi ingat, “Jawab Soal yang Mudah terlebih dahulu”, jangan terpaku pada pertanyaan yang membuat sobat penasaran. Tinggalkan dulu pertanyaan itu jika kira-kira membutuhkan waktu yang lama untuk menjawabnya karena tiap pertanyaan alokasi waktu untuk menjawabnya maksimal 40 Detik sudah termasuk melingkari jawaban di lembar jawaban. So, pergunakan waktu sebaik mungkin.

Pertanyaan-pertanyaan yang membutuhkan waktu lama biasanya muncul di bagian ke 2 (aritmatika, aljabar dll) dimana untuk menjawab pertanyaan tersebut membutuhkan waktu lama bila kita tidak tahu cara cepat menjawab pertanyaan tersebut. Setelah selesai menjawab pertanyaan yang sobat anggap mudah, sobat bisa ulang kembali membaca pertanyaan yang sulit jika masih ada waktu, jika tidak maka lanjut ke trik berikutnya.

2. Headshot (Tembak Soal)

Hmhmmm…. ini adalah jalan terakhir jika kita memang sudah kehabisa waktu atau tidak bisa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh OTO Bappenas, tembak jawaban dengan pilihan yang sama. Misalnya intuisi sobat mengatakan harus menjawab C, maka jawab semua pertanyaan dengan jawaban C. Tapi ingat, ada triknya juga, apa triknya? Jika sobat ingin menembak pada pertanyaan bagian sub tes 2 atau Matematika, lebih baik sobat menjawab antara pilihan A, B, C yang kemungkinan jawaban benar ada diantara 3 pilihan tersebut. Soalnya, jawaban D dan E biasanya tidak masuk karena jawabannya “Tidak ada hubungan antara x dan y” atau “x dan y = 0”. Jawaban seperti itu saya rasa jarang menjadi pilihan jawaban yang tepat, biasanya “x > y” atau “x < y” yang benar.

3. Pelajari Rumus Cepat dan Perhitungan Sederhana

Sobat bisa mempelajari rumus cepat dalam menjawab soal-soal aritmatik atau aljabar yang merupakan ilmu pasti. Ingat aturan dasar dalam aritmatik dan hapalkan beberapa angka numerik seperti berikut.

1. 1/3 = 0,333 = 33,33%

2. 2/3 = 0,667 = 66,67%

3. 1/2 = 0,5 = 50%

Dan seterusnya…

4. Jawab Soal dari Belakang

Pengalaman mengerjakan tes tpa Bappenas ini, pertanyaan-pertanyaan mudah biasanya diletakkan di bagian belakang. Saya sendiri sewaktu mengerjakan soal tpa bappenas salah langkah karena saya mengerjakan sesuai dengan urutan soal. Ternyata ada teman yang mengatakan bahwa jika ingin menjawab pertanyaan, jawablah dari belakang. Setelah saya ingat dan teliti memang benar. Pada bagian sub tes yang kedua saya hanya mampu membaca 60%, sisanya nembak, padahal sekilas saya baca bahwa pertanyaannya tentang model persamaan yang lumayan mudah.

Demikian tips dan trik menjawab soal tes TPA Bappenas, semoga bermanfaat. Salam.

Tips dan Trik Menjawab Soal tes TPA Bappenas



35 thoughts on “Tips dan Trik Menjawab Soal tes TPA Bappenas

  1. Andy

    kalau boleh tau, emangnya nilai maksimal tes tpa bappenas brapa?

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Skor terendahnya 200, sedangkan skor tertingginya 800 untuk tes TPA Bappenas.

      Reply
        1. Iqbal Parabi Post author

          Add facebook saja mbak, Terimakasih.

          Reply
  2. myra

    keren ni ada latihan tes online-nya… saya agak bingung yang di kubus diputer2 itu sebenernya… T_T maaf kak, mau tanya…. kalo tes di bappenas, biayanya berapa ya kak? thx

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      iya, bagian kubus atau bentuk bangun yang diputar2 itu lumayan menguras otak juga. Ditambah bagian itu ada di soal terakhir. Jaga Stamina dan Semangat saat mengerjakannya. Untuk biaya tahun 2013 sebesar Rp. 325.000,00. Detil cara daftarnya bisa baca “Cara Daftar Tes TPA Bappenas“

      Reply
  3. ali

    kira2 soal TPA bappenas ada selevel dengan soal STAN ga,, atao sama kayak level soal TPA SNMPTN . . mohon pencerahan . .

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Menurut saya sama levelnya dengan yg STAN. Sulit semua. πŸ™‚

      Reply
  4. sunarseh

    mmm.. saya belum bisa download ni.. knpa yah? terimkasih.. πŸ™‚

    Reply
  5. wahyuni

    terima kasih mas iqbal, doanya semoga dengan tip dari mas iqbal saya bisa lulus test tpa di unhas. tanhk you

    Reply
  6. ceri

    trimakasih untuk artikelnya kakak,, saya mw tnya tentang tips yang menjawab soal dr belakang, itu mksudnya per subtest ato ?? misal ad subtest 1 50 soal saya kerjakan dr nomer 50 dlu,, ato ngerjakannya dri subtest yg terakhir bru ke subtest pertama,, trimakasih ^^ soalx bru pertama tes TPA bappenas

    Reply
  7. Hj. Ekawati Yullsilviana

    thx ya berbagi cerita…..insyallah sy mau ikut test TPA BAPPENAS yg 1 kerja sama Fakultas Teknik Unmul dengan BAPPENAS tgl 5 Mei 2013…..

    Reply
  8. May

    Tolong jelasing yang kubus/dadu di putar itu dong, mksudx gmn mas? tks.

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Maksudnya, nanti ada soal gambar yang isinya kita dsuruh mencari lipatan2 yang sesuai dengan gambar yang ada di soal. Misalnya balok dengan tanda X bagian atasnya. Kemudian pilihan jawab akan memberikan lipatan2 yang akan menyusun balok dengan tanda X di atas. Tinggal pilih mana yang menurut km sesuai. Seperti itu.

      Reply
  9. Sidiq

    Punten, mau nanya. Itu soal2 TPA yang ada di testtpa.iqbalparabi.com tingkat kesulitannya selevel dengan TPA OTO Bappenas? Terima kasih

    Reply
  10. Day

    Makasih yaaa, tapi saya bingung nich…mau test tpa bappenas jauh amat yaa…saya dari bali…ada pendaftaran on line gak yaa, supaya gak ke jakarta

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Kalau untuk daftarnya saja bisa, namun tes tetap di Jakarta. Silahkan baca tulisan saya tentang “cara mendaftar tes tpa bappenas”.

      Reply
  11. Sandra Amalia

    ass. mas maaf mau tanya , untuk tpa bappenas di jakarta itu rute kesananya bagaimana ya mas? saya ingin mengikuti tes tpa nya tgl 11 mei, daftarnya itu langsung telpon cp nya ya mas? hasilnya berapa lama mas kira2? apakah belajar dengan persiapan seminggu bisa dapat scor min 475 mas? terimakasiih sekali, maaf pertanyaannya banyak πŸ™‚ jazakunnaloh

    Reply
  12. gepe

    untuk tes tpa bappenas kita dikasih kertas tambahan ga buat ngitung2 gitu? makaasih

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Gk dikasih, coret saja di kertas soalnya. makasih.

      Reply
  13. jack

    mas, untuk saran anda dikerjakan dari belakang itu bagaimana, gimana nanti kalo ngga selesai semua, berarti depan malah kosong dong…

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      kemungkinan soal bagian belakang lebih mudah di bandingkan yang di depan mas. bagusnya kerjakan dulu soal yang mudah karena tidak ada perbedaan nilai antara soal mudah dan susah. itu hanya tips saja mas, boleh digunakan boleh tidak. Intinya, kalau dirasa soal itu susah dan butuh waktu lama untuk dijawab, lebih baik dilangkahi dulu atau lanjut ke pertanyaan berikutnya.

      Reply
  14. superdiky

    Cuma mau sharing, Saya ikutan tes OTO BAPPENAS beberapa waktu yang lalu. Pada soal matematika , karena waktunya sangat terbatas dan terlalu asyik/penasaran mengerjakan soal sulit, jd hampir satu kolom jawaban- sekitar 20 soal lebih, terpaksa saya tembak (headshot) seluruh soal dengan huruf “D”. Pas keluar nilai TPA, alhamdulillah dapet 654. Sering2 aja latihan atau baca2 buku Psikotest/TPA/GRE

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Wahh.. besar nilainya. selamat. Headshot dengan D ya? waktu itu saya B. hehee

      Reply
  15. umardani

    Makasih tips dan triknya jadi dpt wawasan dan tambah pede by ud di serang

    Reply
  16. sartono

    bang sy baru pertama ikut nih setelah buka =buka ada info mantap sy ikuti semuga dapat doa yang menemukan ide trim dari sartono balasan sy tunggu

    Reply
  17. risma

    mqu ikutan bisa tes tpa online…. tp kok paket soalnya ga bisa ke buka yaaa… Btw 4 hari yg lalu saya transfer uang untuk beli buku ttg tpa… pake cara member gitu…. tapi sampai hari ini saya ga bisa login dengan password yg d email…. kessal sich… tp ga pa pa ikhlas aja…. heiii sorry malah curhat nich. kalau d blog ini ada istilah bayar untuk member nggak ya…. ? Saya berharap bisa dapat simulasi paket soal tpa_nya… thanks untuk perhatiannya…. Salam

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Disini gak pake member mbak. Tinggal klik2 aja. Mudah2an sukses. Salam.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.