Tips dan Trik Mengendarai Mobil Dengan Baik

By | March 2, 2013

Tips dan Trik Mengendarai Mobil Dengan Baik – Mobil saat ini sangat menjadi kendaraan yang menjadi pilihan utama. Baik para pekerja, mahasiswa, maupun yang lainnya rata-rata memanfaatkan mobil untuk mengantar dirinya ke tempat yang menjadi tujuan. Kondisi jalan yang macet tidak mengurungkan niat untuk menggunakan mobil sebagai pilihan kendaraan mereka. Bahkan, semakin hari semakin banyak orang yan membeli dan menggunakan kendaraan baik mobil maupun motor dan ini juga menjadi penyebab kemacetan dan kecelakaan.

Tips dan Trik Mengendarai Mobil Dengan Baik

Tips dan Trik Mengendarai Mobil Dengan Baik

Tidak sedikit orang yang berkendara dapat mengendarai kendaraannya dengan baik dan benar. Kecelakaan yang terjadi dijalan biasanya disebabkan oleh faktor kesalahan dari pengguna kendaraan. Kebanyakan orang hanya mementingkan diri sendiri pada saat mengendarai dan melupakan keselamatan orang lain bahkan keselamatan diri sendiri.

Oleh karena itu, ada beberapa Tips dan Trik Mengendarai Mobil Dengan Baik untuk mencegah atau meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan saat mengendarai mobil.

1. Pemeriksaan

Lakukan pemeriksaan awal pada kendaraan anda sebelum menggunakan mobil. Jangan sampe pada saat kita menggunakan mobil ternyata ban mobil anda kekurangan angin. hal ini akan membahayakan anda dan orang lain.

2. Seat Belt

Gunakan seat belt selama anda mengendarai mobil. Memang sih agak risih dan cukup mengganggu tapi demi keselamatan mending dipake.

Tips dan Trik Mengendarai Mobil Dengan Baik

3. Kondisi Driver

Pastikan pada saat anda mengendarai mobil dalam keadaan sehat. Jangan pernah memaksakan diri jika dalam kondisi badan yang tidak sehat, apalagi akan melakukan perjalanan jauh. Jangan pernah mengendara dengan kondisi ngantuk dan mabuk, lebih baik istirahat dulu atau sadarkan diri dulu. Banyak sekali kita melihat di berita-berita terjadi kecelakaan karena kesalahan yang mengendarai mobil. Belakangan ini saja sudah beberapa peristiwa kecelakaan yang disebabkan oleh kondisi tubuh pengendara yang kurang fit dan mengendarai mobil dalam keadaan mengantuk. Karena kesalahan diri sendiri menyebabkan nyawa orang lain melayang.

4. Service Berkala

Lakukan service berkala pada mobil anda. Pengecekan oli, rem, kopling, dan gas akan sangat membantu anda dalam menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada saat mengendarai mobil kesayangan anda.

5. Patuh Peraturan

Dalam mengendarai mobil sudah seharusnya kita mematuhi peraturan lalu lintas. Jangan sampai kita melanggar rambu-rambu lalu lintas karena akan merugikan diri sendiri dan orang lain. Sesuaikan jalur jika memang kita mengendarai kendaraan dengan kecepatan lambat pastikan berada di jalur kiri karena bukan hanya menggangu pengguna jalan tapi membahayakan keselamatan diri sendiri terutama para pengendara motor.

6. Posisi Spion

Sesuaikan posisi spion dalam dan luar mobil. Sehingga pengendara mobil dapat melihat semua sudut secara optimal. hati-hati dengan blind spot atau area yang tidak terlihat oleh pengemudi. Oleh karena itu sebaiknya laukan head check atau menengokkan kepala untuk melihat kanan, kiri, dan belakang.

7. Hilangkan Kebiasaan buruk

Hilangkan kebiasaan buruk anda ketika menyetir seperti merokok, memainkan handphone, mengobrol, dan lainnya yang dapat mengganggu konsentrasi pada saat mengendarai mobil.

Inilah beberapa Tips dan Trik Mengendarai Mobil Dengan Baik. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Tips dan Trik Mengendarai Mobil Dengan Baik



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.