Tips Cara Memilih Processor yang Tepat, AMD Vs Intel

By | December 6, 2012

Tips Cara Memilih Processor yang Tepat, AMD Vs INTEL – Kali ini saya akan membahas tentang cara memilih processor yang akan temen-temen gunakan untuk komputer kesayangan temen-temen. Pertama kita dihadapkan pada pilihan mau menggunakan processor keluaran mana? AMD atau Intel. Hmhmmm.. Pilihan yang sulit sih, tapi mari coba kita bahas lebih jauh Tips Cara Memilih Processor yang Tepat.

1. Budget

Yap, ini adalah langkah utama yang harus kita persiapkan untuk membeli processor. Harus tahu budget yang sesuai dengan kantong temen-temen sekalian. Kalau masalah budget, AMD lebih murah sedikit dibandingkan dengan Intel. So, buat temen-temen yang punya budget agak rendah tapi mau kemampuan yang lebih maksimal, saya sarankan membeli AMD.

2. Kegunaan

Kagunaan disini maksudnya tujuan kita memilih untuk merakit komputer itu apa? misalkan saya ingin merakit komputer yang nantinya akan saya gunakan untuk mengetik, mendengar lagu, atau menggunakan program paint, mentok-mentok Photoshop. Lebih baik teman-teman membeli processor dengan spesifikasi yang biasa saja. Kalau mau AMD, bisa ambil AMD Sempron, AMD Athlon seri I sedangkan untuk Intel bisa ambil Intel Dual Core atau Intel Core 2 Duo. Balik lagi ke no 1, disesuaikan dengan budget ya 🙂 Jika teman-teman ingin menggunakan banyak aplikasi Multimedia, saya sarankan untuk menggunakan Intel karena kehandalannya dalam aplikasi-aplikasi multimedia, namun jika tujuannya untuk bermain game, saya sarankan menggunakan AMD yang sudah terbukti dapat menjalankan game-game berat yang ada di komputer.

3. Spesfikasi

Sampai tulisan ini dibuat, spesifikasi antara AMD dan Intel terus bersaing. Intel dengan Core i7 dan AMD dengan Phenom II X6 nya. Semuanya memiliki spesifikasi tertentu, bisa dilihat di website masing-masing ya? hehehee. Tapi sesuai dengan judul postingan ini, saya gak mau jelasin panjang lebar dengan spesifikasi yang mendetail karena kebanyakan orang hanya ingin tahu kalau saya mau buat game yang bagus processornya apa? begitu pertanyaan yang sering saya dengar. Sesuai dengan point ke-2, kegunaan komputer kita akan sangat berpengaruh terhadap keputusan untuk membeli processor yang tepat.

Kesimpulan:

  • Intel lebih mahal dibandingkan AMD, namun AMD yang murah itu gak ‘Murahan’
  • Performa Intel lebih baik dibandingkan AMD (sudah banyak artikel yang mereview, silahkan dicari :))
  • Prosesor Intel lebih kuat dari porsesor AMD pada aplikasi multimedia, sebaliknya prosesor AMD menang dari prosesor Intel di gaming dan program 3D nya

NB: Pengalaman pribadi, AMD cepet panas dan berisik (heatsink bawaan). Jadi yang mau pakai AMD jangan lupa pasang heatsink yang bagus. Lebih baik lagi kalau rungan kita ada pendingin udara (AC).

Sekian tulisan saya tentang tips cara memilih processor yang tepat. Semoga bermanfaat. Terimakasih.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.