Tes TPA Online Dulu Sebelum Tes TPA Sesungguhnya

By | January 16, 2013

Tes TPA Online Dulu Sebelum Tes TPA Sesungguhnya – Salam hangat sobat blogger sekalian, bagaimana kabarnya? Mudah-mudahan masih semangat dan terus berkarya demi kemajuan bangsa. Kali ini saya mau berbagi informasi mengenai Tes TPA Online gratis. Ada yang sudah tahu apa itu Tes TPA? Yang sudah tahu apa itu tes tpa cukup manggut aja, yang belum tahu nih saya kasih tahu sedikit tentang apa itu tes tpa sebelum saya bahas secara detil Aplikasi Tes TPA Online yang saya maksudkan pada judul tulisan ini. Jika sobat merasa tidak perlu memahami tentang Tes Potensi Akademik, sobat bisa geser kursor sobat ke bawah dan langsung cermati tentang aplikasi Tes TPA Online.

Tes TPA Online

Tes TPA

TPA (Tes Potensi Akademik) adalah tes yang bertujuan mengukur minat, bakat dan kemampuan seseorang dalam bidang keilmuan (akademis). Tes ini juga sering dihubungkan oleh kecerdasarn seseorang. Saat ini, tes TPA telah menjadi standar penyaringan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), rekrutmen pegawai swasta atau BUMN, kenaikan jabatan disebuah perusahaan, syarat untuk melanjutkan studi ke jenjang S2/S3 dan yang terbaru masuk ke dalam ujian SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Soal yang diberikan lumayan beragam dan membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Berikut ini bentuk-bentuk soal tes TPA:

1. Verbal

Bagian ini berisi tentang soal kosakata, padanan kata, lawan kata dan pemahaman. Contoh untuk soal seperti ini adalah:

1. DIAMETER : LINGKARAN = DIAGONAL : …

a. Segi Empat

b. Segitiga

c. Lingkaran

d. Elips

e. Ban

2. RANDOM = …

a. Maksimal

b. Secara Acak

c. Keseluruhan

d. Mendasar

e. Minimal

3. DESTRUKTIF >< ….

a. Instruktif

b. Produktif

c. Vandalisme

d. Konstruktif

e. Subversif

2. Kuantitatif

Pada bagian ini, termasuk di dalamnya adalah hitung menghitung, deret bilangan, komparasi, soal cerita hitungan. Contoh soal bagian kuantitatif adalah sebagai berikut.

1. Dari data 6, 8, 5, 10, 6, 9, 3, 11, 9, 6 maka …

a. Modus = 7, jangkauan = 8

b. Rata-rata = 8, modus = 7

c. Median = 6, rata-rata = 5 1/4

d. Rata-rata = 7 1/4, Jangkauan = 5

e. Modus =6, median = 6

2. Berapa umur nenek 10 tahun ke depan, apabila 3 tahun yang lalu umurnya 60 tahun?

a. 60 tahun

b. 73 tahun

c. 72 tahun

d. 70 tahun

e. 64 tahun

3. Hasil kali 2 bilangan cacah adalah 2.254, salah satu bilangan itu adalah 49, dan bilangan yang lain adalah…

a. 47

b. 45

c. 46

d. 49

e. 48

3. Penalaran

Pada bagian penalaran termasuk di dalamnya adalah logika formal, penalaran analisis, penalaran keruangan dan penalaran logis.

Dari beberapa paparan di atas, sobat sudah sedikit mengerti apa itu Tes Potensi Akademik, sekarang bagaimana cara menghadapi tes yang terkenal lumayan sulit ini bahkan amat sulit jika sobat akan mengikuti tes TPA Bappenas. Hmhmmhm… Tips dan trik mungkin sudah banyak dibahas pada tulisan blogger lainnya, tapi kali ini saya akan membahas tempat tes tpa online yang bisa membantu sobat mempersiapkan diri sebelum melakukan tes yang sesungguhnya.

Tes TPA online ini tidak berbayar alias Gratis!!! (cukup mengucapkan terimakasih dalam hati dan medoakan pengembangnya mendapat pahala). Sobat bisa kunjungi Aplikasi Tes TPA Online ini di subdomain blog saya, yaitu di http://testpa.iqbalparabi.com. Apa kelebihan dari aplikasi tes tpa online yang saya kembangkan ini? Hmhmmm… Gak banyak sih, tapi yang pasti kalau bisa dapat nilai dengan rata-rata di atas 80 tiap kali tes maka saya bisa menjamin sobat bakalan mudah mengerjakan tes tpa yang sesungguhnya.

Penting gak sih nyobain tes tpa online ini? Hmhmhmm.. Itu sih kembali lagi sama pemikiran dan hati sobat, tapi menurut saya apa salahnya latihan seperti ini, sudah gratis tinggal klik dan berusaha jawab sebaik mungkin. Gak pake repot dan yang pasti mesti inget kata-kata ini, “Persiapan yang matang mendapat porsi paling besar dari keberhasilan seseorang”. So, tunggu apa lagi buat berpikir penting gak penting ikutin tes tpa online.

Sedikit saya jelaskan mengenai tes tpa online yang saya kembangkan ini. Terdapat menu di bagian atas yang berisi kategori-kategori soal seperti Sinonim, Antonim, Analogi dan lain-lain. Sobat bisa pilih kategori yang ingin sobat coba. Seperti ini tampilan awalnya.

Tes TPA Online

Tes TPA Online - Halaman Awal

Tes TPA Online – Halaman Awal

Bagian atas terdapat menu, bagian kiri terdapat 10 daftar soal terakhir dan dibagian kanan terdapat soal yang disusun secara acak atau random. Oh iya, tiap soal sengaja saya beri nama-nama tokoh untuk membedakan tiap soal yang berkategori sama dan mengingat atau sedikit mengenal tokoh-tokoh tersebut. Sekalian nambah pengetahuan sobat semua. 🙂

Tes TPA Online

Tes TPA Online - Halaman Tes

Tes TPA Online – Halaman Tes

Gambar di atas menggambarkan halaman tes tpa online dimana terdapat judul soal, kategori soal dan pertanyaan beserta pilihan jawaban. Cukup mudah untuk menggunakannya, tinggal pilih jawaban mana yang menurut sobat paling tepat. Soal saya urutkan sesuai dengan urutannya, sedangkan jawaban akan berbeda urutannya (random) setiap sobat mau melakukan tes dengan soal yang sama. Ini meminimalisir terlalu mudahnya menjawab soal jika sudah melihat kunci jawaban.

Tes TPA Online - Halaman Hasil

Tes TPA Online – Halaman Hasil

Halaman hasil merupakan halaman yang berisi informasi Score atau nilai yang sobat dapatkan dengan memaparkan jumlah jawaban benar, jumlah jawaban salah dan jumlah jawaban tidak diisi. Setiap score memiliki ungkapan yang berbeda beda, seperti pada contoh gambar di atas. Saya mendapatkan score 100 maka ungkapan yang saya dapatkan adalah “You Rock!“. Sesuai dengan nilai yang sobat dapatkan, ada ungkapan “Good!”, “Not Bad!”, “Sweet” dan lain-lain. Sobat jangan mencoba tidak menjawab pertanyaan sama sekali atau menjawab dengan asal-asalan yang menghasilkan score 0. Kenapa? Hmhmhmm… Ungkapan yang akan muncul adalah “You’re Drunk, Go Home!” Hehehheee 😀 Sengaja saya buat gitu, kebiasaan buka 9GAG.com jadi gitu.

Tes TPA Online - Halaman Kunci Jawaban

Tes TPA Online – Halaman Kunci Jawaban

Setelah sobat melakukan Tes TPA Online, maka sobat boleh melihat kunci jawaban. Gambar di atas bisa menggambarkan bagaimana tampilannya. Jawaban yang bergaris bawah adalah jawaban yang benar. Jadi soba ingat-ingat ya jawaban sobat ketika tes apa? Sengaja tidak saya buat informasi mengenai jawaban sebelumnya karena kalau saya buat rasanya malah membuat sobat jadi acuh tak acuh terhadap pertanyaan. Itu sih pengalaman saya, jadi gak mau diteliti bener. Toh… alesannya saya membuat aplikasi tes tpa online ini buat ningkatin kemampuan dan ketelitian kita.

Terakhir, sobat bisa mengunjungi aplikasi tes tpa online itu di sini dan saya menerima testimoni, masukan, pendapat atau apapun dari sobat tentang aplikasi tes tpa online ini guna saya kembangkan lebih jauh dan memperbaiki apa yang kurang. Terimakasih. Semoga dapat bermanfaat. Amiin.

Best Regards,

Iqbal Parabi

Tes TPA Online



One thought on “Tes TPA Online Dulu Sebelum Tes TPA Sesungguhnya

  1. sihro

    Blognya bagus bgt bro’. dengan tampilan yang sederhana namun sangat informatf, semoga makin banyak blog seperti ini biar makin maju wawasan orang2. Keep posting & share your experience buddy !!!

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.