Strategi Meningkatkan Penjualan dengan Pemanfaatan IT

By | March 31, 2013

Strategi Meningkatkan Penjualan dengan Pemanfaatan IT – Salam hangat pembaca yang budiman dimanapun anda berada, kali ini saya akan mengulas tentang strategi meningkatkan penjualan dengan pemanfaatan IT. Tulisan ini didedikasikan khusus untuk para pelaku bisnis, baik pemula maupun profesional bisnis yang telah lama berkecimpung di dunia bisnis.

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju dan teknologi yang semakin modern, konsep bisnis yang tadinya harus bertatap muka secara langsung atau lebih dikenal dengan konsep bisnis konvensional, telah beralih ke konsep bisnis modern yang memanfaatkan teknologi atau IT dalam proses jual beli dimana penjual dan pembeli tidak harus bertatap muka langsung, tetapi dihubungkan melalui sebuah media yang disebut internet.

Sebenarnya, konsep utama dalam jual beli sama, baik konsep secara konvensional maupun modern dimana ada penjual yang menawarkan barang atau jasa dan ada pembeli yang membutuhkan barang atau jasa tersebut. Kemudian, jika terjadi kesepakatan harga antara penjual dan pembeli maka transaksi jual beli dilakukan.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan tingkat permintaan konsumen yang terus berkembang, banyak tantangan-tantangan yang harus dihadapi para pelaku bisnis untuk dapat memenuhi kebutuhan para pelanggan. Bagi yang pandai melihat peluang, ini adalah ‘lahan basah’ yang harus diambil dengan siap melakukan terobosan-terobosan baru untuk meningkatkan hasil penjualan ke titik yang lebih tinggi.

Strategi Meningkatkan Penjualan

Sebelum adanya pemanfaatan teknologi atau IT, dunia jual beli seolah hanya terkungkung pada satu tempat atau daerah saja, bagaikan katak dalam tempurung dimana sang katak mampu melompat-lompat kesana kemari tetapi hanya di dalam tempurung itu saja. Analoginya seperti ini, ada toko X yang sangat terkenal di suatu daerah Y dan menguasai pangsa pasar yang ada di daerah Y. Tidak ada pesaing yang mampu menandinginya dalam berbisnis, namun toko X tersebut hanya menguasai pasar di daerah Y saja. Ketika pemilik toko X berada di daerah Z dan banyak terdapat toko yang sejenis dengan toko X, toko X tadi tidak bisa berkata apa-apa karena memang bukan daerah ‘jajahannya’. Hal tersebut tentunya membatasi peningkatan penghasilan yang didapatkan oleh toko X. Jika sudah menguasai daerah Y dan penghasilan telah mencapai titik tertinggi, maka grafik hasil penjualan tidak akan bisa naik lagi karena memang sudah ‘mentok’ di titik tertentu.

Solusinya memang ada, yaitu dengan membuka cabang di daerah Z. Namun, resiko untuk membuka cabang baru tidaklah kecil. Dibutuhkan perhitungan yang matang dan relasi yang kuat untuk bisa bersaing di daerah Z. Saya rasa tidak mudah, ditambah modal yang harus dipersiapkan hampir sama dengan modal yang kita persiapkan untuk membuat toko utama. Alih-alih akan meningkatkan hasil penjualan justru akan terjerumus pada lubang kerugian yang tentunya tidak diinginkan oleh para pelaku bisnis.

Lantas, adakah solusi yang tepat untuk dapat meningkatkan hasil penjualan dengan resiko yang rendah? Jawabannya adalah dengan memanfaatkan teknologi atau IT sebagai ‘toko baru’ yang dapat digunakan untuk memasarkan produk yang dihasilkan.

Dengan memanfaatkan IT, produk yang dipasarkan tidak terbatas pada waktu, tempat dan jangkauan pemasaran karena memang dunia IT tidak terbatas. Dari pelosok-pelosok pedesaan sampai ke kota-kota besar bisa melihat ‘toko baru’ yang kita buat.

Saya mengerti tentang konsep ‘toko baru’ yang dimaksudkan, kalau tidak salah ‘toko baru’ yang dimaksud adalah ‘toko online’?

Benar sekali, toko baru yang saya maksud adalah toko online dimana kita memanfaatkan teknologi atau IT dalam membuat ‘toko baru’ tersebut.

Namun, sepengetahuan saya, calon pelanggan yang berasal dari dunia maya masih sedikit dibandingkan calon pelanggan di ‘dunia nyata’. Jadi membuat toko online kalau penghasilannya tidak signifikan saya rasa kurang efektif.

Maaf, pernyataan yang disebutkan kurang tepat. Pernyataan mengenai calon pelanggan yang berasal dari dunia maya masih sedikit dibandingkan dengan calon pelanggan di dunia nyata perlu di koreksi lebih lanjut. Saya akan memberikan sedikit gambaran mengenai perkembangan pengguna internet yang ada di Indonesia.

Jadi, di Indonesia terdapat sebuah lembaga yang bernama Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dimana salah satu program kerja yang dilakukan adalah melakukan survei tentang jumlah pengguna internet yang ada di Indoseia. Dari hasil survei disebutkan bahwa pengguna internet di Indonesia pada tahun 2012 mencapai 63 juta orang atau sekitar 24,23 persen dari jumlah penduduk Indonesia. Sedangkan pada tahun 2013 diprediksi bisa mencapai angka 82 juta pengguna. Hal ini menjadi pangsa pasar yang besar dengan melihat angka yang tembus sampai puluhan juta pengguna.

Strategi Meningkatkan Penjualan

Untuk membaca ulasan APJII mengenai statistik pengguna internet di Indonesia, silahkan kunjungi link di bawah ini:

Jika dilihat dari hasil survei ini, Indonesia berada pada urutan ke-4 setelah China, India dan Jepang untuk jumlah pengguna internet di level Asia.

Statistik Pengguna Internet Indonesia Level Asia

Statistik Pengguna Internet Indonesia Level Asia (sumber: www.internetworldstats.com)

Sedangkan untuk level dunia, Indonesia berada pada urutan 8 setelah China, United States, India, Jepang, Brazil, Rusia dan Jerman.

Statistik Pengguna Internet Indonesia Level Dunia

Statistik Pengguna Internet Indonesia Level Dunia (sumber: www.internetworldstats.com)

Dari uraian di atas, tentunya dapat sedikit membuka pikiran kita bahwa pengguna internet di Indonesia tiap tahunnya mengalami kenaikan yang signifikan. Sebagai pelaku bisnis, saya rasa tidak boleh menyia-nyiakan peluang ini. Anggap saja dari 63 juta jiwa pengguna internet di Indonesia, kita ambil 10% sebagai calon pelanggan kita. Berapa angka 10% dari 63 juta? Kalau saya tidak salah hitung 6,3 juta calon pelanggan yang dapat kita ‘giring’ untuk menggunakan produk yang kita jual.

Jadi, pernyataan yang menyatakan bahwa pengguna internet masih jarang atau sedikit, saya rasa kurang tepat dan bisa dibuktikan dari fakta-fakta yang telah saya jelaskan pada bagian sebelumnya.

Maaf, ternyata pernyataan saya salah karena menyatakan pengguna internet sedikit. Lantas, dari sekian juta tadi, apakah mungkin mereka membeli produk kita? Minimal melihat-lihat. Saya rasa sulit untuk ‘menyaring’ mereka semua.

Tidak apa-apa, kita sama-sama bertukar pikiran di sini. Nah, kalau kita sudah memiliki persepsi yang sama tentang pangsa pasar yang ada di dunia maya, saya bisa dengan nyaman menjelaskan secara detail bagaimana strategi meningkatkan penjualan dengan pemanfaatan IT.

Untuk menyaring calon pelanggan yang ada di internet memang membutuhkan pengetahuan yang luas mengenai internet tersebut. Namun, tidak perlu khawatir, melalui tulisan ini saya akan memberikan pengetahuan tersebut kepada semuanya sehingga dapat ‘menyaring’ calon pelanggan potensial yang dapat meningkatkan hasil penjualan ke titik yang lebih tinggi.

Fungsi IT dalam strategi meningkatkan penjualan sangatlah besar. IT bisa menjangkau seluruh kalangan tidak terbatas pada waktu dan tempat yang ada. Sudah banyak perusahaan-perusahaan besar menggunakan IT sebagai salah satu media promosi produknya. Tidak hanya perusahaan besar, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) pun sangat terbantu dengan adanya IT dalam mendukung proses jual beli.

Secara detail fungsi IT dalam proses bisnis baik skala yang besar maupun kecil adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan brand perusahaan.
  2. Memberikan informasi tentang produk secar luas.
  3. Memberikan informasi profil perusahaan secara global.
  4. Media penghubung antara produsen dan konsumen.
  5. Sarana marketing yang kuat dengan pangsa pasar yang tinggi.

Sebagai contoh, perusahaan yang menggunakan IT untuk strategi meningkatkan penjualannya adalahΒ PT Bhineka Mentari Dimensi. Melalui situs resminya yang beralamat di www.bhinneka.com, mereka menjual alat-alat komputer, gadget dan peralatan elektronik lainnya. Sudah sejak 1999 mereka menjual produk melalui internet dan merupakan salah satu pioner bisnis yang memanfaatkan IT sebagai salah satu saran pendukung guna meningkatkan penjualan.

Kalau kita hitung-hitung, sudah berapa banyak barang yang mereka jual dibandingkan dengan toko kita yang masih menggunakan konsep bisnis konvensional. Saya rasa toko konvensional kita kalah jauh penghasilannya dibandingkan dengan toko online dari PT Bhineka Mentari Dimensi.

Dengan bermodalkan website toko online, PT Bhineka Mentari Dimensi bisa meningkatkan penjualan ke tingkat yang lebih tinggi dibandingkan hanya menjual produknya melalui toko konvensional. Itu hanya salah satu contoh yang saya berikan, masih banyak contoh-contoh perusahaan lain yang menggunakan IT sebagai startegi meningkatkan penjualan seperti www.lazada.co.id, www.zalora.co.id, www.aqua.com dan lain-lain.

Saya tertarik untuk menggunakan IT sebagai salah satu strategi meningkatkan penjualan. Namun saya sendiri buta IT, apakah bisa orang seperti saya membuat toko online seperti bhinneka, zalora dan lainnya tadi?

Bisa, bahkan sangat bisa. Sekarang banyak bertebaran jasa pembuatan website toko online di Indonesia. Coba tuliskan kata kunci “jasa pembuatan toko online” di mesin pencarian yang anda gunakan. Pasti akan banyak bermunculan website-website yang dirujuk oleh mesin pencarian tadi. Dari hasil pencarian tadi, rata-rata jasa pembuatan website toko online memberikan kemudahan kepada kita. Meskipun kita tidak terlalu pandai dalam menggunakan IT, bahkan jika kita benar-benar buta IT, kita akan dibimbing oleh pemilik jasa pembuatan toko online tersebut. Jadi tidak usah khawatir kalau nantinya kita tidak bisa mengoperasikan website toko online yang kita miliki. Berikut ini hasil pencarian menggunakan kata kunci “jasa pembuatan toko online” melalui mesin pencarian google.

Google - Jasa Pembuatan Toko Online

Google – Jasa Pembuatan Toko Online

Ada sekitar 3.480.000 hasil pencarian dari google. Banyak bukan? Tentu anda bingung jika disuguhi terlalu banyak pilihan seperti itu. Butuh waktu berhari-hari jika kita ingin benar-benar mencari informasi jasa pembuatan website toko online yang bisa kita percaya dan andalkan sehingga dapat meningkatkan hasil penjualan. Bahkan, ada saja beberapa jasa pembuatan toko online yang ‘nakal’ alias menipu para pelanggannya dengan layanan yang tidak sesuai dengan yang dijanjikan. Jadi, anda jangan sampai tertipu dan salah memilih jasa. Namun, anda tidak usah repot-repot lagi mencari informasi kesana-kemari, disini saya akan memberikan rekomendasi jasa pembuatan website toko online kepada anda semua.

Tidak mudah menemukan jasa pembuatan toko online yang terpercaya dan memiliki kualitas yang bagus. Saya pun tidak sembarangan memberikan rekomendasi karena memang saya tidak mau membuat para pembaca sekalian kecewa atas rekomenasi yang saya berikan. Oleh karena itu, saya disini juga akan memberikan beberapa gambaran mengapa harus memilih jasa pembuatan website toko online yang saya rekomendasikan.

Jasa pembuatan website toko online yang saya rekomendasikan adalah Jejualan.com. Jejualan.com merupakan jasa pembuat website toko online yang terpercaya dan memiliki kualitas yang bagus. Banyak fitur-fitur unggulan dari Jejualan.com yang membuat saya merekomendasikan Jejualan.com sebagai partner anda dalam mengembangkan website toko online. Mari simak beberapa ulasan dari saya mengenai Jejualan.com.

1. Manajemen Berkualitas

Sebelum kita melihat produk yang akan kita gunakan, lihatlah terlebih dahulu bagaimana manajemen dari produk yang akan kita gunakan tersebut. Mencari tahu siapa yang berada di balik layar dari produk yang akan kita gunakan perlu kita lakukan. Jejualan.com dikelola dengan sangat baik oleh CV. Jogjacamp yang bermarkas di Yogjakarta. Namun, tidak hanya di Jogja saja kantor resmi dari Jogjacamp, ada di daerah Jakarta juga yang merupakan ibu kota Indonesia dan pusat bisnis di Indonesia.

Situs resmi CV. Jogjacamp ini bisa anda akses di www.jogjacamp.com. Mengapa saya sebutkan bahwa manajemen CV Jogjacamp ini berkualitas? Bisa dilihat dari portofolio yang telah dihasilkan oleh Jogjacamp itu sendiri. Saya agak kaget karena mereka tidak hanya melayani pelanggan di dalam negeri saja, tetapi di luar negeri juga sehingga dapat diartikan bahwa CV ini sudah go international dan teruji kualitasnya. Jadi, saya dapat menyimpulkan bahwa manajemen yang ada di balik Jejualan.com adalah manajemen yang profesional dan tidak asal-asalan.

Portofolio Jogjacamp

Portofolio Jogjacamp

2. Customer Support yang Ramah dan Profesional

Tentunya sebelum kita memutuskan untuk membeli barang atau menggunakan jasa pasti menginginkan pemilik barang atau jasa tersebut tidak lepas tangan ketika kita sudah mentransfer sejumlah uang. Ini yang saya katakan ‘nakal’ tadi, tidak sedikit pelanggan yang tertipu dengan kata-kata manis diawal dari para penjual jasa pembuatan toko online. Ketika diakhir atau setelah kita mentransfer sejumlah uang, yang tadinya manis berubah menjadi ‘pahit’ dan terkadang kita diabaikan.

Jejualan.com memiliki Customer Support yang profesional dan juah dari kata ‘pahit’. Mereka akan cepat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang kita ajukan dengan ramah dan penuh profesional. Beberapa kali mengajak chatting CS Jejualan.com dan dijawab dengan sopan dan sapaan yang baik. Jadi tidak perlu ragu jika ada pertanyaan seputar jasa pembuatan website toko online yang ada di Jejualan.com. Belum mau membeli tetapi ingin bertanya-tanya dulu juga diperbolehkan. Welcome sekali kepada calon pelanggan dan pelanggan setia Jejualan.com.

CS Jejualan.com

CS Jejualan.com

3. Fitur Canggih

Setelah kita mengetahui siapa dibalik Jejualan.com dan bagaimana Customer Support dalam menanggapi pelanggan, sekarang kita akan mencari tahu tentang fitur apa saja yang diberikan oleh Jejualan.com kepada para pelanggannya. Dilansir dari situs resmi Jejualan.com, fitur-fitur yang akan kita dapatkan pada website toko online yang kita miliki luar biasa. Saya belum pernah menemukan fitur seperti ini di jasa pembuatan website toko online manapun. Apa saja fiturnya? Silahkan diperhatikan baik-baik.

Fitur dari Jejualan.com

Fitur Canggih dari Jejualan.com

Fitur-fitur canggih tersebut benar-benar kita dapatkan ketika kita mulai menggunakan website toko online yang kita pesan di Jejualan.com. Tidak ada satupun fitur yang palsu atau tidak berfungsi, semua berfungsi dan ini adalah alasan utama mengapa saya sangat merekomendasikan Jejualan.com kepada para pembaca sekalian. Saya hanya takut jika anda memilih website toko online di tempat lain tidak mendapatkan fitur yang sesuai untuk membantu anda meningkatkan penjualan.

Dari sekian banyak fitur canggih yang diberikan Jejualan.com, fitur yang membuat saya nyaman adalah adanya SMS Report. Saya rasa untuk fitur yang satu ini, Jejualan.com pantas diacungi jempol. Segala macam transaksi tidak akan lepas dari perhatian kita. Ketika kita mendaftarkan diri ke Jejualan.com ada SMS yang masuk ke Handphone kita tentang informasi pendaftaran, jika pelanggan kita melakukan pembayaran juga akan tercover oleh kita karena akan ada SMS pemberitahuan bahwa salah satu pelanggan telah melakukan konfirmasi pembayaran.

Selain itu, Marketing Tools juga merupakan salah satu fitur canggih yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Kita dapat mengatur Newsletter, Kupon Diskon, Kampanye Promo dan lainnya melalui admin panel Jejualan.com agar para pelanggan tidak ketinggalan dengan promo-promo yang sedang berlangsung di toko kita.

4. Konfigurasi Mudah

Pengalaman saya menggunakan berbagai macam CMS (Content Manajemen Systems) untuk website, blog dan lainnya membuat saya paham untuk melakukan konfigurasi website atau blog. Ketika saya mencoba Jejualan.com ternyata tidak sulit dan bahkan sangat mudah untuk ukuran CMS website toko online. Semuanya mudah dipahami dan tidak perlu belajar atau butuh buku panduan khusus untuk melakukan konfigurasi website toko online yang kita miliki.

Kalau tidak jelas bisa balik lagi bertanya kepada CS Jejualan.com perihal ketidakjelasan yang kita rasakan. Pasti dengan tanggap dan sigap akan dibantu sampai masalah yang kita hadapi selesai. Namun, sejauh yang saya gunakan, untuk melakukan konfigurasi website toko online dari Jejualan.com sangat mudah.

Admin Panel Website Toko Online

Admin Panel Website Toko Online

Konfigurasi Website Toko Online dari Jejualan

Konfigurasi Website Toko Online dari Jejualan

5. Harga Bersahabat

Ini yang terakhir namun tidak bisa dikatakan yang terbelakang. Harga yang ditawarkan oleh Jejualan.com dengan segala kelengkapan fitur dan layanan yang prima tidaklah mahal. Cukup dengan uang 60ribu/bulan untuk paket Gold dan 200ribu/bulan untuk paket Platinum kita sudah bisa mendapatkan layanan prima dan website toko online yang canggih dan profesional. Bahkan, jika ingin mencoba terlebih dahulu, kita bisa memilih free trial selama 15 hari. Jika sudah dicoba dan paham menggunakan website toko online Jejualan.com, silahkan hubungi CS Jejualan.com untuk upgrade ke paket Gold atau Platinum.

Harga Jejualan

Harga Paket Jejualan

Tidaklah sulit mengeluarkan uang 60ribu/bulan jika pemasukan yang kita dapatkan akan jauh lebih banyak dari modal yang kita keluarkan. Saya sangat merekomendasikan para pembaca sekalian untuk memilih Jejualan.com sebagai partner website toko online yang akan dibuat.

Contoh Website Toko Online dari Jejualan.com (www.medankreasi.com)

Medan Kreasi

Medan Kreasi

Produk Medan Kreasi

Produk Medan Kreasi

Jika anda tertarik untuk membuat website toko online, silahkan kunjungi Jejualan.com melalui banner di bawah ini untuk berhubungan langsung dengan Jejualan.com:

Software Website Toko Online

Demikianlah tulisan saya mengenai Stategi Meningkatkan Penjualan dengan Pemanfaatan IT. Semoga bermanfaat dan dapat memberikan informasi yang berguna untuk menunjang perkembangan bisnis yang dijalani. Salam.

Strategi Meningkatkan Penjualan



13 thoughts on “Strategi Meningkatkan Penjualan dengan Pemanfaatan IT

  1. mrbedelhoki

    wah…. emang pantes artikel ini dapet juara keren abis ^_^ mampir kesini jadi nambah ilmu baru nih selamat ya GAn smoga suksesnya bisa nular ke Ane amin amin amin

    Reply
  2. cumi2

    pantesan tulisannya keren dan komplit. Selamat ya atas kemenangannya. Aq harus belajar banyak dari anda mas πŸ™‚ salam blogger

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Wah,,, saya belajar dari masa lho. Kemaren yamaha mas kan yang menang? πŸ™‚

      Reply
  3. Agus

    Artikelnya mantap dan bagus, runtut pula, pantes kalo jadi salah satu pemenang….. Jangan lupa kunjungan baliknya ya mas ngontes.com, Info terlengkap seputar lomba dan kontes blog

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.