Soal TOEFL dan Pembahasannya Lengkap

By | June 28, 2013

Soal TOEFL dan Pembahasannya – Salam hangat sobat blogger sekalian, bagaimana kabar sobat? Mudah-mudahan sehat dan tetap semangat menjalankan aktivitas keseharian sobat, kali ini saya ingin berbagi informasi seputar dunia pendidikan mengenai contoh soal toefl. Setelah tulisan saya sebelumnya yang berjudul “Tips dan Trik Menjawab Soal TOEFL” mendapatkan perhatian yang positif dari para pembaca yang ingin mendapatkan informasi mengenai tes TOEFL, saya mencoba untuk melengkapinya dengan menambah contoh soal-soal TOEFL karena dari beberapa komentar yang masuk dan email banyak yang mengatakan ‘minta ditambah’ contoh soal TOEFL. Oleh karena itu, kali ini saya berusaha menjawab pertanyaan dan masukan-masukan dari para pembaca sekalian. Alhamdulilah saya masih diberi kesempatan untuk menulis soal-soal TOEFL. Berikut ini beberapa contoh soal TOEFL yang berhasil saya himpun dari buku dan internet. Semoga bermanfaat.

Soal TOEFL Listening

Soal-Toefl

TOEFL

Untuk contoh soal TOEFL bagian listening, saya hanya menuliskan soal-soalnya saja berupa percakapan dan pertanyaan dari narrator, untuk file audio listeningnya belum bisa saya upload. Namun sobat tidak perlu khawatir, contoh soal TOEFL listening ini bermanfaat untuk memberikan gambaran bagaimana soal-soal TOEFL yang biasa keluar. Berikut ini beberapa contoh soal TOEFL listening.

Soal TOEFL Listening ke-1

Woman : Why is Iqbal feeling so happy?
Man : He just started working in a real estate company.
Narator : What does the man say about Iqbal?

(A) He always liked his work in real estate.
(B) He began a new job.
(C) He just bought some real estate
(D) He bought a real estate agency

Pembahasan:
Frasa feeling so happy dan just started working dalam contoh model soal percakapan di atas menggiring pada pilihan (B) He began a new job. Sebab, kalimat yang diucapkan oleh pembicara kedua bermakna sepadan dengan kalimat dalam pilihan jawaban (B).

Tips:
Perhatikan apa yang disampaikan oleh pembicara kedua dan keterkaitannya antara frasa serta kata kunci lainnya, yang dapat mengantar pada kesimpulan yang benar dalam pilihan jawaban.

Soal TOEFL Listening ke-2

Iqbal : Did you get the bread, milk, and eggs?
Dwi : Now we need to stand in line at the checkout counter.
Narrator : Where does this conversation probably take place?

(A) In a restaurant
(B) At a bakery
(C) On a farm
(D) In a market

Pembahasan:
Pertalian antara kata kunci the bread, milk, and eggs yang diucapkan pembicara pertama dengan frasa at the checkout counter mengantarkan pemahaman dimana percakapan berlangsung. Jawaban (B) At a bakery merupakan jawaban tepat yang menggambarkan tempat terjadi percakapan dimana biasanya roti, susu dan telur dijual.

Tips:
Perhatikan kata kunci pembicara pertama dan kedua dalam percakapan guna menentukan SIAPA, APA dan DIMANA.

Soal TOEFL Listening ke-3

Dwi : What are we doing with the dog while we are on vacation?
Iqbal : Ilma will look after him.Narrator : What does the man say?

(A) Ilma will buy their dog.
(B) After they return from vacation, they are going to buy a dog.
(C) Ilma will take care of their dog while they are on vacation.
(D) Ilma will be very tired after the long vacation.

Pembahasan:
Pada contoh soal TOEFL dengan model seperti ini, kita diharuskan mengerti beberapa ungkapan dalam bahasa inggris yang memiliki arti tertentu. Contoh soal di atas mengandung kata kunci look after yang tidak dapat diartikan langsung ke Bahasa Indonesia. Look after merupakan ungkapan yang berarti merawat. Jauh berbeda bukan jika langsung diartikan ke Bahasa Indonesia? Jawaban yang paling tepat adalah (C) Ilma will take care of their dog while they are on vacation.

Berikut ini beberapa contoh ungkapan:

  • look after (merawat)
  • call off (menunda)
  • put on (memakai)
  • show off (memamerkan)
  • take off (tinggal landas)
  • brush up on (mengulang)
  • run out of (kehabisan)
  • turn down (menolak)
  • lay off (memecat)

Tips:
Pahami kalimat secara keseluruhan dan cari jawaban yang memungkin atau sesuai dengan kata kunci yang disebutkan pada percakapan. Tidak ketinggalan untuk tetap mengetahui beberapa ungkapan yang mengandung arti baru.

Soal TOEFL Listening ke-4

Iqbal : Maulida’s grades in math are incredibly low. Maybe she needs a tutor to get through class.
Dwi : That could be true, but we should talk to her first.
Narrator : What are these people probably going to do next?

(A) Study math with Maulida.
(B) Take Maulida to a doctor.
(C) Discuss the problem with Maulida.
(D) Find Maulida a study group.

Pembahasan:Pernyataan pertama Maybe she needs a tutor to get through class merupakan ungkapan yang mengusulkan bahwa Maulida membutuhkan seorang pembimbing. Namun, pada pernyataan kedua (we should talk to her first) mengindikasikan bahwa sebaiknya mereka membicarakan terlebih dahulu kepada Maulida tentang pembimbing tersebut. Jadi, dengan kata lain mereka selanjutnya akan berdiskusi terlebih dahulu dengan Maulida untuk memecahkan masalah yang Maulida hadapi. Jawaban yang tepat adalah (C) Discuss the problem with Maulida.

Tips:
Perhatikan pernyataan dari kedua pembicara dengan memberikan perhatian secara khusus terhadap apa yang diuraikan oleh kedua pembicara. Cari padanan kata yang sama dengan apa yang diuraikan oleh keduanya.

Soal TOEFL Listening ke-5

Man : I just got this letter from my sister.Women : So the mail has come already.
Narrator : What had the woman assumed?

(A) The man’s sister never wrote to him.
(B) The mail had not yet arrived.
(C) The mail always came early.
(D) The mail had already arrived.

Pembahasan:
Pernyataan I just got this letter from my sister, mendapat penegasan dari salah satu pembicara dengan ungkapan positif, So the mail has come already. Namun yang sesungguhnya yang ada di benak pembicara adalah kebalikan dari makna yang diutarakannya. Umumnya, kebalikan dari bentuk penegasan ini disampaikan dalam pernyataan negatif yang berlawanan dengan makna dalam pernyataan positifnya: So the mail has come already.

Tips:
Jika menemukan model soal TOEFL yang merupakan bentuk penegasan dari pernyataan yang menyiratkan keraguan, maka jawaban yang benar adalah kebalikan makna yang seringkali dituliskan dalam bentuk pernyataan negatif atau sebaliknya.

Soal TOEFL dan Pembahasannya

Untuk melakukan latihan TOEFL secara online, sobat bisa melakukannya di Aplikasi Tes TOEFL Online.



2 thoughts on “Soal TOEFL dan Pembahasannya Lengkap

  1. Wulan A.P

    Thanks udah mau berbagi tipsnya. ini berguna bgt, bisa belajar dan pahaminya. 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.