Senar Raket Badminton yang Bagus

Senar Raket Badminton yang Bagus – Salam hangat sobat blogger sekalian, kali ini saya ingin berbagi informasi seputar dunia olahraga, yaitu tentang olahraga badminton atau bulutangkis. Raket badminton adalah alat yang wajib dimiliki oleh pemain badminton sebagai alat pukul bola atau shuttlecock. Pada raket badminton terdapat senar yang teranyam rapih sehingga membentuk sebuah jaringan sempurna dan memudahkan kita untuk memukul bola. Namun, tahukah sobat? Senar raket badminton memiliki tarikan khusus. Tarikan senar badminton bervariasi sesuai dengan tipe dan merk raket badminton yang sobat miliki.

Senar Raket Badminton yang Bagus

Senar Raket Badminton yang Bagus

Senar Raket Badminton yang Bagus

Beberapa waktu lalu, saya berkeinginan membeli raket badminton dan akhirnya terealisasikan juga. Setelah sempat memiliki beberapa raket namun ‘hilang’ semua, saya pun membeli raket badminton dengan harga yang tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah juga. Ternyata memang banyak variasinya, baik itu merk maupun harga. Rentang harga raket badminton berkisar dari 300 ribu sampai 2 juta rupiah (di toko tempat saya membeli). Mau merk apapun ada, seperti yonex, victor, toalson dan lainnya. Karena saya sendiri sudah jatuh hati dengan yonex, saya pun memilih yonex sebagai pilihan raket yang akan saya gunakan untuk bermain badminton. Mungkin saya ingin mencoba raket victor suatu saat nanti, soalnya kata orang yonex sudah kalah pamor dengan victor. Namun karena sudah biasa dengan yonex, ya sudah saya pilih yonex saja.

Sebelum membeli, saya pun mulai searching di internet tentang harga raket badminton, tipe senar raket badminton dan tarikan senar badminton. Itu bekal saya sebelum membeli, di tulisan ini saya ingin menuliskan beberapa kesimpulan yang saya dapatkan dari internet dan ketika saya membeli langsung.

Senar raket badminton memiliki beberapa jenis atau tipe, dibedakan berdasarkan ketebalan senar. Berikut ini tipe senar raket badminton yang saya ketahui:

  • Senar BG 66Kelebihan: Akurasi dan kelenturan bagus (cocok untuk pemain bertipe bertahan).
    Kekurang: Tidak terlalu tebal (mudah putus).
  • Senar BG 65 ti/68 ti
    Kelebihan: Akurasi dan kekuatan bagus (cocok untuk pemain bertipe menyerang).
    Kekurangan: Kurang lentur sehingga sulit melakukan kontrol.
  • Senar BG 66 Sharp
    Kelebihan: Akurasi, kelenturan dan kekuatan bagus (cocok untuk pemain bertipe menyerang atau bertahan).
    Kekurangan: Harganya yang cukup mahal :)

Senar raket badminton juga memiliki tarikan yang biasanya diatur oleh alat untuk menganyam senar ke raket. Tiap raket ada batas maksimum untuk dianyam, sobat bisa lihat di gagang raket, biasanya terdapat rekomendasi tarikan minimum dan maksimum raket. Raket yang saya beli kemarin bertulisan 20 – 24 lbs. Untuk perhitungannya saya kurang tahu jelas, mungkin di alat tersebut bisa diatur mau tarikan berapa. Namun, disini ada beberapa informasi mengenai tarikan senar badminton:

  • Tarikan 27-28
    Keakuratan dan kestabilan raket terbilang bagus, sangat cocok bagi sobat yang biasa bermain bertahan dan menyerang.
  • Tarikan 22-25
    Tarikan ini memiliki kekuatan yang bagus, buat sobat yang biasa main menyerang bisa menggunakan tarikan ini. Namun keakuratan agak sedikit menurun sehingga sobat harus bisa mengontrol dengan baik ketika melakukan smash.
  • Tarikan 29-30
    Tarikan ini memiliki keakuratan yang sangat bagus, biasa digunakan untuk pemain ganda yang biasa bermain di depan. Usahakan raket yang sobat gunakan mampu mencapai tarikan ini, jika pembuat raket tidak merekomendasikan sampai ke tarikan ini, saya sarankan jangan ditarik sampai 29/30, kemungkinan raket bisa tidak simetris bahkan jika raketnya palsu bisa retak atau penyok.

Selain tipe senar dan tarikan senar, terakhir adalah simpul senar raket. Berikut ini beberapa informasi mengenai simpul senar raket badminton:

  • Simpul 2
    Kelebihan simpul 2 adalah senar raket tidak gampang putus, namun jika tidak putus-putus senar juga bisa kendor seiring dengan banyaknya pukulan yang kita lakukan.
  • Simpul 4
    Kalau simpul 4 biasanya agak gampang putus jika terus-terusan melakukan smash, namun senar tidak mudah kendor sebab disimpul di 4 sisi.

Dari beberapa informasi yang telah saya jelaskan di atas, saya dapat menarik kesimpulan sebagai berikut.

Sesuaikan raket dengan gaya permainan yang sobat miliki. Jika sobat adalah pemain yang bertipe menyerang sobat bisa menggunakan:

  1. Tipe senar BG 65 ti/68 ti/66 sharp.
  2. Tarikan 22-25.
  3. Simpul 4.

Sedangkan jika sobat adalah pemain yang bertipe bertahan, sobat bisa menggunakan:

  1. Tipe senar BG 66.
  2. Tarikan 29-30.
  3. Simpul 2.

Jika sobat bermain dengan tipe bertahan dan sesekali menyerang, sobat bisa gunakan:

  1. Tipe senar BG 66 sharp.
  2. Tarikan 27-28
  3. Simpul 2 atau 4.

Demikianlah tulisan mengenai “Senar Raket Badminton yang Bagus”, semoga bermanfaat bagi sobat yang sedang mencari raket badminton yang bagus. Terimakasih.

Senar Raket Badminton yang Bagus



Comments

  1. By AROZATULO GIAWA

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


9 − = 4

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>