Salah Gelar (S.Kom, S.Si)

By | December 1, 2012

Salam Perubahan.

Kali ini saya ingin membahasa tentang cerita lucu yang pernah saya alami. Ini ceritanya sewaktu masa-masa lulus kuliah. Sebelumnya yang belum tahu tempat kuliah saya dimana bisa dibaca halaman ini. Singkat cerita, setelah melalui perjalanan panjang menempuh studi di Universitas Sriwijaya, saya akhirnya lulus juga dengan predikat “SP” (baca: Susah Payah). IPK saya lumayan tinggi sampai direkomendasikan untuk mengabdi di tempat saya kuliah sebagai laboran. Namun karena satu dan lain hal saya lebih memilih pulang ke ‘Kampung Halaman’ dan berencana mengambil studi di Lampung saja. Niatnya mau membangun Lampung untuk Lebih Baik. *Berasa lagi nyampein Visi Misi Calon Gubernur :)*

Kebetulan saya di Fakultas Ilmu Komputer Unsri, itu lho yang lulusnya terkenal lama-lama, sampai-sampai pada saat Yudisium ke II Dekan Fasilkom Unsri berbicara di depan para orang tua/wali, “hidup itu sulit, jadi di Fasilkom ini kami mempersiapkan mahasiswa untuk bisa terjun ke masyarakat dengan susah payah. Benar-benar ditempa.” *lirik kanan-kiri kakak tingkat semua yang pada lulus (dengan masa studi 7 tahun)* Di kalangan mahasiswa sendiri ada yang sampai menyebutkan “Aku nak lulus pas waktu PEMUTIHAN (baca: Dipaksa Lulus) bae”. Kalo di Palembang kan menggunakan bahasa daerah, jadi artinya itu “Saya mau lulus pas waktu PEMUTIHAN aja”. Dahsyat kan? Tapi mungkin saya termasuk dari 6 mahasiswa yang beruntung lulus tepat 4 tahun.

Saya ada deh foto-foto waktu Yudisium. Nih saya kasih lihat sebagian.

Yudisium ke 2 Fasilkom Unsri

Yudisium ke 2 Fasilkom Unsri

Foto bersama Dosen SI Fasilkom Unsri

Foto bersama Dosen SI Fasilkom Unsri

Foto Bersama Kajur SI Fasilkom Usnri

Foto bersama dekan fasilkom unsri

Foto bersama Dekan Fasilkom

Foto bersama teman SI angkatan 2008

Foto bersama teman SI Angkatan 2008

Itu sebagian foto-foto yang ada pas waktu yudisium. Ada dosen, dekan, pembantu dekan, kajur dan teman-teman. Semuanya suka cita mengikuti acara ini. Walaupun saya agak kasian sama Umi Abi yang baru sampai dari Lampung langsung ikut acara ini.

Btw, judul tulisan ini kan salah gelar, mana ceritanya? hadeeehh sampe lupa. oke…oke… lanjut. Abis acara yudisium ini kan berarti dah resmi di lepas dari Fakultas dan dinyatakan lulus. Udah berhak juga nyandang gelar. Ceritanya disini, banyak temen yang sms ke saya dengan nada yang hampir sama, isinya kurang lebih begini “Selamat ya M. Iqbal Parabi, S.Kom atas Yudisiumnya”, ada juga “Cieee.. M. Iqbal Parabi S.Si”. Duuuhh… saya hanya tersenyum bacanya, dan saya bales semuanya dengan nada, “Iya. terimkasih. Tapi gelarnya S.SI (pake ‘i’ besar). Hehehee”. Iya, banyak orang yang kurang tahu dengan gelar jurusan SI di Unsri. Jadi gelarnya itu Sarjana Sistem Informasi (S.SI). Banyak yang mengira semua lulusan Fasilkom gelarnya  Sarjana Komputer (S.Kom), jadi pada kasih selamet pake gelar S.Kom dan ketika saya bilang Sarjana Sistem Informasi, ditulisnya S.Si (Sarjana Sains). Hehehee.

Meskipun gelar pendidikan tidak penting buat saya, tapi ini bisa jadi cerita yang saya bagi ke temen-temen sekalian (meskipun ceritanya gak penting). Heheheee. Sekian tulisan dari saya. semoga bermanfaat dan menginspirasi. Terimakasih.

Salam Perubahan.

M. Iqbal Parabi, S.SI (heheee)



10 thoughts on “Salah Gelar (S.Kom, S.Si)

    1. iqbalparabi Post author

      Gak ada masalah mas anggok. Cuma kalo mahasiswa itu berpikir untuk kerja semasa kuliah sampe ngorbanin waktu kuliahnya, saya rasa kurang efisien. Kalo fokus kuliah dan lulus cepet, cepet juga dapet kerjaan dan orang tua juga bisa bahagia ngeliatnya. Tapi tolak ukur keberhasilan memang gak ada, tergantung dengan orang itu masing-masing. tetep semangat dalam menjalankan segala hal. Terimakasih.

      Reply
  1. Muhammad Ihsan Jambak

    Selamat … semoga menjadi sarjana yang berilmu, karena sekarang banyak sarjana yang tidak berilmu. Selanjutnya bagi orang yang berilmu maka wajib hukum baginya untuk menyampaikan ilmu, Rasullah berkata …. sampaikanlah (ilmu) walau hanya satu ayat. Saya bangga kamu bisa tamat dalam waktu hanya 4 tahun, semoga ini bisa jadi preseden yg baik dan mendobrak budaya “lambat tamat” di Fasilkom.

    Reply
  2. iqbalparabi Post author

    Wahh… Tulisan saya di komentari pak Ihsan Jambak. Senang rasanya 😀 Iya pak, terimakasih. Mudah-mudahan saya bisa berbagi, minimal lewat tulisan saya yg ada di blog ini meski lumayan banyak kesibukan yang ada. InsyaAllah. Bahkan ada mimpi saya yg InsyaAllah juga bermanfaat buat semua orang. Sukses selalu untuk bapak. 🙂

    Reply
  3. asmuni_haris

    selamat tuk glarnya bal, slamat meneruskan perjuangan n smg bisa selalu bermanfaat dalam kebaikan di sana.

    Reply
  4. Susilo Giono

    keren banget kak, aku juga mahasiswa SIBIL diangkatan 2011. History nya bisa menjadi inspirasi bagi saya nih hehe

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.