RISMA (Remaja Islam Masjid) Al Wutsqo Way Halim Permai, Bandar Lampung

By | December 20, 2012

RISMA (Remaja Islam Masjid) Al Wutsqo Way Halim Permai, Bandar Lampung.

Asalamualaikum.

Apa kabar sobat blogger semua? mudah-mudahan pada sehat dan masih tetap semangat menggapai mimpi. Kali ini saya mau share cerita sewaktu ikut kepengurusan RISMA (Remaja Islam Masjid) di Masjid Al Wutsqo Way Halim Permai, Bandar Lampung. Hmhmmhmm… udah pada tau belum apa itu RISMA? Yapp… Dari namanya bisa kita tahu kalau ini adalah organisasi keagamaan yang biasa ada di masjid-masjid. Diikuti oleh para remaja yang ada di sekitar masjid.

Kebetulan pada tahun itu (2007/2008) saya diberi amanah menjadi Ketua Umum di RISMA Al Wutsqo. Hmhmhmmm… Sebenarnya masih banyak yang lain yang lebih pantas, tapi berhubung suara yang memilih saya paling banyak, jadi saya yang terpilih. Dulu pemilihannya menggunakan sistem demokrasi kecil-kecilan, yaitu pake kertas kecil dan tiap anggota menulis nama calon yang dipilihnya. Dari situ, kami belajar tentang demokrasi dan belajar untuk bertanggung jawab.

RISMA (Remaja Islam Masjid) Al Wutsqo Way Halim Permai, Bandar Lampung

Dari situ, saya dan teman-teman mulai menyusun Program Kerja (Progja) yang akan diadakan untuk 1 tahun ke depan. Kebetulan saya juga di sekolah dikasih amanah sebagai Sekretaris 1 Osis SMAN 5 Bandar Lampung, jadi ada sedikit pengetahuan tentang Progja dan proses-proses yang terjadi di dalamnya. Kami mulai berunding membicarakan Progja dan menghasilkan beberapa program yang dapat meningkatkan semangat dan motivasi dalam mengenal Islam karena menurut saya tujuan utama diadakan RISMA adalah mengenalkan Islam kepada diri sendiri, keluarga dan masyarakat. Bukan hanya sekadar jadi panitia hari besar islam aja, tapi lebih dari itu.

Program Kerja yang saya ingat waktu itu ada beberapa, yaitu:

  • Tadabur Alam
  • Lomba antar Risma
  • Bakti Sosial
  • Iftor Jamma’i (Buka Bersama)
  • Peringatan Hari Besar Islam (PHBI)
  • Liqo

Itu beberapa program kerja yang saya ingat, sebenarnya masih banyak lagi yang lain, tapi lupa. hehehe 🙂 Dari RISMA, saya banyak belajar mengenai tanggung jawab dan konsistensi. Tanggung jawab karena saya dituntut untuk bisa memegang amanah dan konsistensi karena harus tetep konsisten meskipun dalam keadaan yang kurang fit atau gak mood buat ke masjid. Jujur saja, kendala yang paling sering muncul adalah ketidakkonsistenan para kader atau anggota RISMA itu sendiri. Bukan hanya di RISMA Al Wutsqo, tapi RISMA-RISMA lain juga demikian. Kadang banyak yang datang pada acara-acara tertentu saja seperti acara tadabur alam yang intinya ‘jalan-jalan’ menikmati keindahan ciptaan Allah SWT. Atau saat buka puasa bersama, biasanya ramai yang hadir. Tapi kalau udah acara yang namanya Liqo, mesti di SMS, Telpon, bahkan saya biasa manggil-manggil lewat microphone masjid. Lucu juga sih, tapi memang itu yang terjadi dan saya menikmatinya.

RISMA (Remaja Islam Masjid) Al Wutsqo Way Halim Permai, Bandar Lampung

Ini ada beberapa dokumentasi yang sudah lama saya simpan dan baru saya publish di blog saya. Kalau ingat masa-masa ini, sungguh bahagia bisa bareng temen-temen ngerasain yang namanya kerjasama, gimana cara buat acara, gimana cari cara supaya anggota gak pada males, gimana ngatur keuangan, gimana ngadepin masyarakat pada saat ngadain Baksos, minta-minta sumbangan pakaian yang masih layak di pakai, buku-buku agama yang bisa dibaca di Masjid. Seru deh pokoknya.

Dokumentasi Acara Lomba antar RISMA, TK dan SD Se-Kecamatan Sukarame.

Panitia Lomba antar Risma, TK dan SD Se-Kec Sukarame

Panitia Lomba antar Risma, TK dan SD Se-Kec Sukarame

Saat Lomba Mewarnai di Risma Al Wutsqo Way Halim Permai

Saat Lomba Mewarnai di Risma Al Wutsqo Way Halim Permai

Keseriusan Adik-adik peserta lomba mewarnai di Risma Al Wutsqo Way Halim Permai

Keseriusan Adik-adik peserta lomba mewarnai di Risma Al Wutsqo Way Halim Permai

Lomba Busana Muslim Risma Al Wutsqo Way Halim Permai

Lomba Busana Muslim Risma Al Wutsqo Way Halim Permai

Pesera Lomba Mewarnai Risma Al Wutsqo Way Halim Permai

Pesera Lomba Mewarnai Risma Al Wutsqo Way Halim Permai

Lomba Cerdas Cermat di Risma Al Wutsqo Way Halim Permai

Lomba Cerdas Cermat di Risma Al Wutsqo Way Halim Permai

Dokumentasi Acara Tadabur Alam ke Pantai Kelapa Rapat Lampung

Tadabur Alam Risma Al Wutsqo Way Halim Permai

Tadabur Alam Risma Al Wutsqo Way Halim Permai

Berbincang Santai Risma Al Wutsqo Way Halim Permai

Berbincang Santai Risma Al Wutsqo Way Halim Permai

Hmhmhmmm… Lucu-lucu liat foto jaman dulu. Jadi kangen masa-masa itu 🙂

Oke deh. Sekian dulu tulisan saya tentang RISMA (Remaja Islam Masjid) Al Wutsqo Way Halim Permai, Bandar Lampung. Mudah-mudahan bermanfaat dan menginspirasi.

Wasalamulaikum.



One thought on “RISMA (Remaja Islam Masjid) Al Wutsqo Way Halim Permai, Bandar Lampung

  1. eko aditya

    Assalamu’alaikum wr.wb… kaifahaluq?? hai Risma Al Wutsqo, ana eko dari RISMA MASJID ALAMULHUDA KEDATON Gg.PU…

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.