Printer Epson yang Paling Awet

By | February 14, 2014

Printer Epson yang Paling Awet – Setelah beberapa hari lalu saya menulis tentang tips memilih printer, kali ini saya akan membahas tentang printer epson yang paling bagus. Seperti yang telah kita ketahui, vendor-ventor printer yang ada di dunia memang banyak, namun masing-masing vendor memiliki kelebihan dan kekurangan dalam menciptakan produknya. Berbagai varian diberikan dengan keunggulan seperti All in One Solutions dimana selain printer dapat digunakan untuk mencetak dokumen, printer juga dapat digunakan sebagai alat scan dan fotokopi. Ide yang ditawarkan memang bagus, namun berdasarkan pengalaman saya, printer yang multi-fungsi tersebut tidak awet atau tahan lama. Saya lebih menyarankan jika ingin membeli printer, pilihlah printer yang fungsinya hanya untuk mencetak. Untuk printer Epson, saya sangat merekomendasikan untuk memilih seri terbaru saat ini yang telah dilengkapi dengan tangki saluran tinta bawaan dari pabrik Epson, yaitu seri L. Seri L110, L800 dan seri L lainnya cukup handal jika digunakan dalam waktu yang cukup lama, tinggal kita saja yang harus rajin memelihara kondisi printer.

Printer-Epson-yang-Paling-Awet

Printer Epson yang Paling Awet

Saya hanya membandingkan seri Epson L110 dan L800. Kedua printer ini semuanya awet, namun untuk hasil dan kecepatan berbeda karena jumlah warna dari L110 sendiri adalah 4 warna (merah, kuning, biru dan hitam) sedangkan L800 6 warna (merah, merah muda, kuning, biru, biru muda dan hitam) dan kecepatan L800 lebih cepat dibandingkan L110. Harga L800 pun jauh lebih mahal dibandingkan L110.

Jika menggunakan printer seri L kita dianjurkan untuk menggunakan tinta asli bawaan dari Epson agar memastikan hasil cetakan memiliki kualitas yang tinggi. Selain itu, jika tidak menggunakan tinta asli Epson maka garansi yang diberikan Epson pada printer yang kita beli tidak dapat diklaim. Namun, harga tinta asli Epson itu sendiri cukup mahal jika dibandingkan refill tinta lain seperti blueprint, printpall dan lainnya. Pertanyaannya, dapatkah kita menggunakan refill tinta selain merk Epson? Jawabannya dapat, namun dengan konsekuensi tidak dapat melakukan klaim garansi jika terjadi kerusakan. Secara perhitungan, garansi printer Epson seri L110, L800 dan seri L lainnya diberikan 1 tahun atau 15.000 lembar, pilih yang mana terlebih dahulu sampai. Karena saya menggunakan printer untuk usaha, jadi sangat saya perhitungkan budget atau pengeluaran yang harus dikeluarkan jika terjadi kerusakan pada printer sekaligus budget untuk membeli refill asli atau yang biasa.

Jika dihitung-hitung, budget untuk melakukan perbaikan jika terjadi kerusakan memang jauh lebih besar dibandingkan dengan kita membeli refill tinta Epson yang baru. Namun, karena jumlah yang diberikan Epson hanya 15.000 lembar, maka saya berspekulasi untuk menggunakan tinta biasa saja atau bukan tinta asli Epson. Terbukti, printer L110 yang saya gunakan saat ini dengan tinta tidak asli (blueprint) untuk refill sudah mendekati 10.000 lembar dan belum mengalami kerusakan. Prediksi saya, printer L110 yang saya gunakan masih bisa bertahan di angka > 20.000 lembar meskipun menggunakan refill tidak asli atau original.

Oleh karena itu, saya merekomendasikan agar anda menggunakan printer seri L, baik itu L110, L220 dan L330 atau yang lain dan menggunakan tinta asli jika memiliki uang yang lebih, jika tidak dapat melakukan refill menggunakan tinta blueprint yang harganya setengah dari harga tinta asli Epson yang asli.

Printer Epson yang Paling Awet



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.