Posisi Tidur yang Baik dan Benar

By | June 1, 2013

Posisi Tidur yang Baik dan BenarTidur yang berkualitas sangat penting bagi tubuh kita. Agar kondisi kita tetap fit untuk melanjutkan aktifitas. Beberapa orang mengalami  sakit pada beberapa bagian badannya seperti leher dan pinggang ketika bangu dari tidur. Beberapa orang bahkan tidak dapat tidur dengan nyenyak sepanjang malam karena posisi tidur yang kurang baik. Beberapa mengalami nyeri punggung dan leher akibat salah posisi tidur. Kesalahan posisi tidur  dapat menyebabkan masalah dengan tulang belakang yang dapat menyebabkan tantangan kesehatan seperti sakit kepala, nyeri leher dan sakit punggung.

Posisi Tidur yang Baik dan BenarBeberapa kebiasaan tidur yang kurang baik adalah tidur dengan posisi tengkurap. Tidur dengan posisi ini menekan lengkungan tulang punggung yang menyebabkan otot-otot tetap tegang selama tidur. Selain itu tengkurap bisa membuat wajah anda sembab dan mata merah karena dada dan jantung tertekan. Selain itu jangan gunakan bantal yang terlalu besar ketika tidur, posisi ini akan mengakibatkan uluran pada leher. Tidur menggunakan bantal yang terlalu besar mengakibatkan postur kepala sedikit maju. Ini merupakan hal yang berbahaya, sebab postur kepala yang terlalu ke depan akan berdampak pada menurunnya kapasitas kinerja paru-paru dan mengakibatkan berkurangnya supply oksigen yang diperlukan oleh sel-sel tubuh. Kondisi seperti ini akan menimbulkan penyakit asma, sleep apnea serta penyakit kardiovaskular.

Posisi Tidur Yang Baik dan Benar

Posisi tidur yang benar adalah dengan posisi terlentang. Tidur dengan posisi membuat kepala, leher, dan tulang belakang berada pada posisi yang netral. Anda juga bisa menambahkan bantal kecil yang diletakkan di bawah lutut, hal ini dimaksudkan supaya pinggul dan lutut yang akan menjadi tumpuan tekanan dari tulang belakang lumbar dan juga sendi Anda bisa lebih fleksibel. Tidur dengan posisi ini membuat organ-organ pada tubuh kita tidak tertekan sehingga dapat melancarkan peredaran darah.

Posisi tidur lainnnya yang baik dan aman adalah dengan posisi tubuh miring ke kanan dengan kaki bagian atas di tekuk, dan tangan kiri sebagai bantal. Tidur dengan posisi ini akan mengalirkan darah ke otak dengan sempurna, karena posisi kepala lebih rendah dari jantung. Selain itu, posisi tidur seperti ini dapat membantuk melancarkan pencernaan karena posisi condongnya lambung diatas hati. Hal positif tidur dengan posisi ini dapat mencegah mendengkur saat tidur. Karena pada saat tidur dengan posisi terlentang, lidah akan menghalangi tenggorokan dan mengakibatkan seseorang kekurangan oksigen. Tidur dengan posisi ini juga membuat organ jantung tidak tertekan karena berada di atas.

Posisi tidur yang baik selanjutnya adalah dengan sedikit menekuk kaki. Tidur dengan posisi ini membantu meregangkan otot-otot perut kita ketika tidur, sehingga kita dapat tidur dengan lebih nyaman.

Posisi tidur yang membuat bodoh adalah terlentang, tengkurap, dan kaki mengangkang. Posisi ini diibaratkan sebagai cara tidurnya binatang, karena aliran darah tidak lancar, perut dan dada tertekan, juga aliran darah ke otak juga terhambat.

Saat tidur yang baik adalah jam 20.00 WIB – 01.00 Pagi. Selanjutnya 01.00-04.00 digunakan untuk belajar, pukul 04.00 – 06.00 untuk olahraga, dan seterusnya…

Saat tidur yang tidak baik adalah pukul 06.30 WIB setelah matahari terbit, pada tengah hari pukul 11.30 – 12.00 WIB dan pukul 17.30 WIB saat matahari tenggelam. Tidur pada saat tersebut akan mengakibatkan seseorang linglung dan separuh kesadarannya hilang, diakibatkan oleh keseimbangan alam yang pada waktu-waktu tersebut harus berada pada kondisi sadar.

Sekian informasi mengenai Posisi Tidur yang Baik dan Benar. Semoga informasi ini bermanfaat.

Posisi Tidur yang Baik dan Benar



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.