Pertanyaan Interview Kerja

By | May 12, 2013

Pertanyaan Interview KerjaInterview atau Wawancara kerja seringkali menjadi penentu apakah kita bisa diterima atau tidak di perusaahaan tempat kita melamar kerja. Dalam proses interview kerja kita akan bisa dikenal langsung oleh pihak perusahaan. Proses wawancara atau interview kerja biasanya dilakukan sebanyak dua kali yaitu interview user dan interview HRD. Mungkin masih saja ada yang berpikir bahwa interview kerja merupakan hal yang cukup mudah karena hanya sekedar menjawab pertanyaan-pertanyaan interview yang diberikan oleh pihak perusahaan. Hal menganggap mudah inilah yang harus dibuang jauh-jauh karena apabila kita sudah menganggap mudah maka kita tidak akan melakukan persiapan apapun untuk menghadapi interview kerja.

Pertanyaan Interview Kerja

Pertanyaan Interview Kerja

Pertanyaan-pertanyaan yang diberikan mungkin bisa dengan mudah kita kuasai, namun bukan tidak mungkin jawaban yang kita berikan tidak membuat puas pewawancara. Terus, apabila kita melakukan interview kerja tanpa persiapan bisa jadi kita akan merasa gugup dan akan membuat kita tidak bisa berkonsentrasi dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan interview yang diberikan. Pertanyaan-pertanyaan interview biasanya dari hal yang mudah hingga hal yang paling sulit untuk kita jawab. Oleh karena itu, kita harus mempelajari terlebih dahulu apa saja pertanyaan interview yang biasanya diberikan oleh pihak perusahaan. Setidaknya apabila kita mengetaui beberapa pertanyaan yang biasa diberikan, kita akan bisa mempersiapkan jawaban dari pertanyaan tersebut. Berikut beberapa pertanyaan interview kerja yang biasa diajukan oleh pihak pewawancara.

Pertanyaan Interview Kerja

1. Cerita Tentang Diri Sendiri

Biasanya pihak pewawancara perusahaan akan meminta kita untuk menceritakan tentang diri sendiri. Cukup ceritakan pendidikan formal, pengalaman kerja, dan aktivitas terkahir yang dilakukan. Jangan bercerita terlau panjang. Singkat, padat, dan jelas.

2. Apa Kelebihan Anda?

Pertanyaan “Apa kelebihan anda?” sering sekali diberikan oleh pihak perusahaan. Dalam menjawab pertanyaan ini, jawablah sejujur mungkin tanpa berlebihan. Ceritakan kelebihan yang berkaitan dengan pekerjaan yang kita lamar.

3. Apa Kekurangan Anda?

Menjawab pertanyaan tentang kelebihan sangat mudah dibandingkan harus menjawab pertanyaan tentang kekurangan diri sendiri. Terkadang banyak pelamar kerja sering menutupi kekurangan mereka karena takut menjadi nilai negatif bagi pihak perusahaaan. Hal ini bisa diatasi dengan menjawab “Kekurangan saya adalah saya orang yang terlalu menuntut kesempurnaan dalam setiap pekerjaan”

4. Risiko Terbesar Yang Pernah Diambil

Dalam setiap posisi pekerjaan pasti ada risiko yang harus diambil atau dihadapi. Oleh karena itu, pertanyaan ini sering muncul karena pihak perusahaan ingin tau seberapa berani diri kita mengambil risiko dalam pengambilan keputusan pekerjaan.

5. Bagaimana Anda Menghadapi Tim Kerja yang Tidak Sejalan?

Pertanyaan ini sering diberikan oleh pihak perusahaan untuk menilai kemampuan kita dalam bekerja dan mengatasi ego pikiran masing-masing dalam tim kerja.

6. Apa Tujuan Anda Bekerja?

Kebanyakan orang terlalu muluk dalam menjawab pertanyaan ini. Contohnya ‘saya ingin bekerja untuk membahagiakan orangtua, saya ingin bekerja untuk mengaplikasikan ilmu, dan jawaban-jawaban lainnya. Sebenarnya, tidak harus terlalu muluk seperti itu cukup menjawab tujuan kita bekerja adalah Karir dan Uang. Karena pasti tujuan utama kita mencari kerja adalah untuk mendapatkan imbalan kerja.

7. Kenapa Kami Harus Menerima Anda disini?

Jelaskan kemampuan yang ada dalam diri kita sesuai dengan pekerjaan yang kita lamar. Hal ini bisa menjadi pertimbangan perusahaan.

8. Berapa gaji yang Anda Inginkan?

Pertanyaan ini sering sekali diajukan oleh pihak pewawancara. Sebisa mungkin utnuk tidak menjawab. Misalnya “Maaf Bapak/Ibu, bisakan dijelaskan berapa kisarana gaji yang diberikan untuk posisi ini? Biasanya pewawancara akan memberikan rentan standar gaji. Selain itu, sebelum melakukan interview cari tau dulu berapa standar gaji di perusahaan tersebut.

Demikianlah beberapa informasi Pertanyaan Interview Kerja. Semoga dapat membantu untuk kalian yang sedang mencari atau akan menghadapi interview kerja.

Pertanyaan Interview Kerja



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.