Penyebab Bayi Menangis dan Cara Mendiamkannya

By | February 24, 2013

Penyebab Bayi Menangis – Bayi belum bisa bicara, namun bisa memberikan isyarat kepada kita melaui tangisannya. Menangis merupakan cara komunikasi yang dilakukan bayi untuk mengambil perhatian kita. Tentunya kita harus mengetahui sebab sebab atau penyebab bayi menangis. Apakah karena sang bayi kelaparan? Apakah penyebab bayi menangis karena ia kedinginan atau ada sebab sebab bayi menangis lainnnya. Lantas, bagaimana cara mendiamkan bayi yang sedang menangis? Tentu kita harus tahu terlebih dahulu penyebab bayi menangis atau arti tangisan bayi. Simak tulisan berikut ini.

Penyebab Bayi Menangis

Penyebab Bayi Menangis

Penyebab Bayi Menangis

Bayi sering kali rewel atau sering menangis jika terjadi sesuatu yang tidak nyaman dibadannya. Kita sebagai orang tua harus paham dan tahu apa yang harus kita lakukan untuk mendiamkannya dan membuat bayi kesayangan kita nyaman. Berikut ini penyebab bayi menangis dan cara mendiamkannya.

Bayi Kelaparan

Ini adalah penyebab bayi menangis yang paling umum. Untuk itu segeralah anda memberinya ASI atau susu formula bayi, khususnya ketika anda belum memberi bayi anda ASI atau susu formula selama rentang waktu dua hingga tiga jam (bergantung pada usia dan bera bayi anda).

Bayi Kehausan

Beri bayi anda air matang yang dingin, terutama bila cuaca sangat panas. Rasa haus ini juga dapat diakibatkan karena ia terserang demam.

Bayi Kepanasan/Kedinginan

Bila leher belakang bayi anda terasa panas, sangat boleh jadi suhu ruangan terlalu panas. Bila demikian, lepas bajunya. Sebaliknya, bila tangan dan kaki bayi anda terasa sangat dingin, tambahkan tilam tidurnya da n beri tambahan baju dan tubuhnya lebih hangat.

Popoknya Kotor

Ganti segera popoknya apabila popoknya kotor atau basah. Ini sangat penting diperhatikan mengingat popok yang kotor dapat menyebabkan bayi anda terserang gatal-gatal.

Bayi Bosan

Coba gendong bayi anda. Coba pula anda berbicara padanya dan bawa bayi anda ketempat lain dimana ia dapat melihat suasana yang lain.

Bayi Merasa Sakit

Dalam hal ini anda mesti mengetahui sumber penyebab rasa sakitnya. Rasa sakit itu dapat disebabkan oleh antara lain sakit perut, gigi yang mau tumbuh atau serangan penyakit lain.

Bayi Ketakutan

Bayi menangis dapat pula karena ia mendengar suara menakutkan, melihat orang asing atau karena mainannya jauh dari jangkauannya. Dalam hal ini anda dapat menghentikan tangisnya dengan menggendongnya dan menghiburnya.

Bayi Kelelahan

Bayi menangis karena sangat boleh jadi ia lelah dan ingin cepat tidur. Gendong dan peluklah ia untuk menenangkannya.

Stimulasi Berlebihan

Suara gaduh yang terus-menerus atau aktivitas yang berlebihan dapat membuat bayi anda tidak tahan dan akhirnya menangis. Kalau itu terjadi, segera bawa bayi anda ketempat yang lebih tenang.

Bayi Membutuhkan Kasih Sayang

Selain makan dan tidur, bayi juga memerlukan perhatian dan belaian kasih sayang. Bayi seringkali menangis hanya untuk mendapatkan kehangatan pelukan Anda. Berbeda dengan makan dan tidur, yang merupakan kebutuhan fisik dan dampaknya langsung terasa bila bayi tidak mendapatkannya, kebutuhan emosional tidak berdampak langsung.

Kekurangan perhatian dan kasih sayang baru akan berdampak dalam jangka panjang. Bila seorang bayi sering dibiarkan terus berteriak dan menangis tanpa ada yang memerhatikan, dia akan berkesimpulan bahwa tidak seorang pun peduli dengannya. Pada akhirnya, dia akan menumbuhkan apatisme untuk meminta pertolongan, yang berdampak buruk bagi hubungannya dengan orang lain.

Bila orang tua kadang menanggapi dan kadang tidak, dia akan menyimpulkan bahwa dunia penuh ketidakpastian dan tidak aman baginya. Hal ini juga akan membuatnya sulit mengembangkan kepribadian yang sehat.

Anak yang kurang mendapatkan kasih sayang dan perhatian dapat menjadi tertutup (introvert) dan menarik diri dari pergaulan.Perlakuan Anda terhadapnya akan membekas dan menjadi contoh baginya dalam memperlakukan orang lain. Karena itu, jangan biarkan bila bayi Anda menangis, meskipun tampaknya “hanya” sekedar ingin mendapat perhatian.

Itulah penyebab bayi menangis dan cara mendiamkan bayi menangis. Semoga kita sebagai orang tua bisa memahami apa yang dibutuhkan oleh sang bayi agar ia dapat nyaman dan bisa memberikan senyuman lucunya kepada kita. Sekian.

Meteri Referensi : bidanku.

Penyebab Bayi Menangis dan Cara Mendiamkannya



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.