Penyakit Hepatitis A, Hepatitis B, dan Hepatitis C

By | March 15, 2013

Penyakit Hepatitis A, Hepatitis B, dan Hepatitis CPenyakit hepatitis adalah penyakit yang menyerang salah satu organ yang penting dalam tubuh kita. Penyakit hepatitis ini menyerang organ hati dan merusak kerja hati. Hati merupakan kelenjar terbesar didalam tubuh, terletak dalam rongga perut sebelah kanan, tepat berada dibawah diafragma. Hati mempunyai fungsi sangat penting bagi manusia karena hati termasuk dalam alat ekskresi. Hati berfungsi untuk menetralkan racun dalam tubuh dan menyebarkan sari-sari makanan ke seluruh organ tubuh manusia, membantu mengurai dan mendaurulang sel darah merah

Penyakit Hepatitis A, Hepatitis B, dan Hepatitis C

Penyakit Hepatitis A, Hepatitis B, dan Hepatitis C

Oleh karena itu, apabila hati tidak berfungsi dengan baik akan menyebabkan penyakit hati atau sering kita dengar dengan Penyakit Hepatitis A, Hepatitis B, dan Hepatitis C. Hepatitis merupakan penyakit hati yang disebabkan oleh peradangan  hati. Hepatitis disebabkan oleh beberapa faktor sebagai berikut :

– Virus

– Obat-obatan

– Gangguan metabolisme

– Penyakit autoimun

– Konsumsi minuman beralkohol

– Lemak yang berlebihan dalam tubuh

Penyakit hepatitis ini dapat menyerang siapa saja, dari anak-anak hingga dewasa. Penularan penyakit hepatitis ini dapat melalui berbagai cara, yaitu :

a. Keturunan

Penyakit hepatitis ini dapat disebabkan oleh faktor keturunan. Jika orangtua memiliki riwayat penyakit hepatitis, maka kemungkinan besar anak juga akan menderita penyakit hepatitis.

b. Kontak Langsung

Penularan oenyakit hepatitis dapat disebabkan dari kontak langsung dengan penderita hepatitis. Oleh karena itu, biasanya orang yang terkena penyakit hepatitis akan dipisahkan semua peralatan yang digunakan untuk mencegah penularan kepada orang lain.

Gejala-gejala hepatitis yang timbul pada umumnya adalah rasa nyeri pada perut sebelah kanan, badan lemas, mual, demam, dan diare. Ada juga gejala penyakit hepatitis seperti flu dan sakit kuning biasanya mata dan kulit terlihat kuning. Umumnya masyarakat tidak terlalu paham dengan Penyakit Hepatitis. Biasanya hanya mengenal penyakit kuning. Padahal ada beberapa jenis penyakit hepatitis, sebagai berikut :

Penyakit Hepatitis A, Hepatitis B,

dan Hepatitis C

a. Hepatitis A

Penyakit hepatitis A biasanya disebabkan oleh virus yang biasanya terdapat di daerah yang kurang terjaga higienitas dan juga sanitasinya. Hepatitis A menular melalui makanan dan minuman yang tercemar kotoran penderita hepatitis A. Hepatitis A juga dapat disebabkan karena makanan atau minuman yang dijual sembarangan. Hepatitis A merupakan penyakit hepatitis yang masih ringan dan jarang menyebabkan kematian.

b. Hepatitis B

Penyakit Hepatitis B dapat ditularkan melalui cairan tubuh atau darah. Transfusi darah, perawatan gigi, darah pada pisau cukur, gunting kuku, jarum suntik, atau jarum yang digunakan untuk membuat tato yang digunakan oleh orang yang menderita hepatitis B dapat ditularkan kepada orang lain. Penyakit hepatitis B ini sangat berbahaya karena penderita akan mengalami serosis hati dan kanker hati.

c. Hepatitis C

Penularan hepatitis C hampir sama dengan penularan hepatitis B. Penyakit hepatits C merupakan penyebab utama hepatitis akut dan penyakit hati kronis. Penularannya melalu transfusi darah dan jarum suntik yang digunakan bersama dengan orang yang mengidap penyakit hepatitis C.

Perawatan dan pengobatan hepatitis yang menyebabkan kerusakan sel-sel dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya akan dapat tumbuh kembali. Penyembuhan penyakit hepatitis ini memang membutuhkan waktu yang berbulan-bulan dengan diet yang dianjurkan dokter dan istirahat yang cukup.

Sekian informasi tentang Penyakit Hepatitis A, Hepatitis B, dan Hepatitis C. Semoga dapat bermanfaat :).

Penyakit Hepatitis A, Hepatitis B, dan Hepatitis C



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.