Pengalaman Mengikuti Tes ELPT ITB

By | March 6, 2013

Pengalaman Mengikuti Tes ELPT ITB – Salam hangat sobat blogger sekalian, kali ini saya ingin berbagi pengalaman mengikuti tes ELPT (English Language Proficiency Test) ITB. Disini juga akan ada sedikit tips dan trik menjawab soal elpt itb, contoh soal elpt itb dan informasi cara daftar ELPT ITB. Sebelumnya, saya beri sedikit gambaran mengenai apa itu tes ELPT ITB? Tes ELPT ITB adalah tes untuk mengetahui kemampuan Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh ITB (Institut Teknologi Bandung). Tes ini digunakan sebagai salah satu syarat untuk lulus dari ITB. Untuk ketentuan atau syarat minimal lulus ITB saya kurang tahu karena saya bukan mahasiswa ITB atau mungkin belum menjadi mahasiswa ITB. Yang saya ketahui, Tes ELPT ITB ini sebagai salah satu syarat untuk masuk atau melanjutkan studi S2/S3/pascasarjana di ITB. Untuk program Magister/S2 dan Doktoral/S3, skor minimal yang harus dicapai adalah 77 atau setara dengan nilai TOEFL 475.

Pengalaman Mengikuti Tes ELPT ITB

Pengalaman Mengikuti Tes ELPT ITB

Pusat Bahasa ITB

Banyak teman yang mengatakan kalau soal ELPT ITB tidak terlalu sulit, bahkan bagi sobat yang biasa mengerjakan soal Toefl ITP, TOEFL Prediction Test, IELTS atau yang lainnya akan mengatakan soal ELPT ITB ini mudah. Namun, bagi saya tetap semua memiliki porsinya masing-masing. Ada yang mengatakan soalnya mudah, tetapi ada juga yang mengatakan soalnya sulit atau susah. Kalau pengalaman saya pribadi sih gampang-gampang susah. Mengapa saya sebut gampang-gampang susah? Karena soalnya sederhana, namun terkadang kalau kita lupa atau mengabaikan hal yang sederhana tersebut bisa jadi susah dan salah menjawab pertanyaan yang tertera di lembar soal.

Sebelumnya, bagi sobat yang ingin mendaftar tes ELPT ITB ini, silahkan siapkan Foto 3×4, uang pendafataran sebesar Rp. 75.000,- dan datang ke kampus ITB yang ada di :

UPT Pusat Bahasa

Gedung Lab. Tek. VIII Lantai 1
Institut Teknologi Bandung
Jalan Ganesha 10
Bandung 40132, Indonesia
Telepon/Faks +62 22 2505 674 / Di Indonesia 022 2505 674
Surat elektronik dana@gerbang.lc.itb.ac.id

Saya kemarin tidak daftar langsung, tetapi titip melalui teman yang kuliah di ITB atau bisa diwakilkan. Berikan saja syarat foto, uang pendaftaran, nama lengkap dan alamat email (optional). Saya kurang tahu apakah bisa daftar by phone. Ini terasa agak berat bagi sobat yang berada jauh dari Bandung. Tetapi, coba sobat tanyakan langsung bisa atau tidak daftar lewat telpon.

Tepat tanggal 28 Februari 2013, saya sudah berada di Bandung. Berangkat dari Lampung menggunakan Damri dan tanpa disengaja saya bertemu teman SMP saya dulu, Firmansyah Hidayat (Iman). Memang ia kuliah di IT Telkom Bandung, sekarang ia hanya tinggal menunggu wisuda saja di IT Telkom Bandung dan saya pun menulis tulisan ini di kos kosan dia. Kalau sudah ketemu teman lama rasanya waktu yang lama itu tidak terasa. Ketika di kapal dari Bakauheni Lampung menuju Merak Banten lumayan menguras waktu karena kapal tidak bisa bersandar. Kondisi angin yang kencang membuat kapal terombang-ambing ke kanan ke kiri. Itu pengelaman naik kapal yang paling mengerikan yang pernah saya alami. Tapi Alhamdulilah lancar meskipun memakan waktu yang cukup lama untuk bersandar (5 jam). Sepanjang perjalanan, di kapal tersebut saya berbincang-bincang ngalur ngidur kesana kemari. Mulai dari cerita-cerita SMP dulu sampai cerita-cerita pengalaman pribadi masing-masing sudah kami bicarakan.

Singkat cerita, keesokan harinya saya akan melaksanakan tes di ITB (1 Maret 2013). Jujur, belum ada persiapan sama sekali untuk tes ini. Padahal bahasa inggris saya pas-pasan atau bahkan bisa dibilang kurang. Saya pun bertanya dengan teman yang sudah mengikuti tes ELPT ITB ini. “Soalnya lumayan mudah, gak sulit-sulit amat kok”, uangkapnya. Hhmhmm.. Namun bagi saya, tetap saja sulit karena saya tidak mungkin bisa belajar dalam semalam dan mendapatkan hasil maksimal seperti teman saya tersebut yang memang pandai bahasa inggris. Saya pun dengan frontal bertanya, “Contoh soalnya bagaimana? Inget gak?”. Agak sedikit lama ia menjawab pertanyaan saya yang satu itu. Mungkin dia sedang mencari-cari pertanyaan atau mengingat-ingat pertanyaan yang telah ia dapat ketika tes. Akhirnya ia menjawabnya dengan 1 contoh soal ELPT ITB yang menurut saya gampang-gampang susah tadi. Ini dia contoh soal ELPT ITB.

He .... for three years before he finally stopped it.
a. has been smoking
b. have been smoking
c. smoked
d. had been smoking

“Mana yang bener?”, tangkasnya. Hmhmhmmm saya pun agak sedikit bingung karena memang lemah di soal-soal seperti ini. Sulit memahami tenses bagi saya. Saya pun menjawab a. Tapi saya juga ragu. Apa yang d ya? Hmhmm… bingung. Dia pun memberitahu jawaban yang benar adalah yang d dengan alasan kalau itu adalah model tenses past perfect continuous tense. Jadi jawabannya d yang benar. Ia berpesan untuk bisa memahami 16 tenses dalam bahasa inggris.

Malam itu juga saya baru mengingat-ingat lagi tentang tenses yang menurut saya sulit untuk dipahami karena saya sendiri jarang menggunakannya. Mau gak mau ya harus belajar juga. Belum menguasai sepenuhnya tentang tenses ini, namun kantuk sudah menyerang. Mungkin karena perjalanan yang melelahkan itu (Lampung-Bandung), jam 11 malam sudah mengantuk. Akhirnya saya pun tidur dan bermaksud belajar sewaktu subuh. Namun subuh itu saya sholat subuh dan belum memegang buku atau laptop saya, terasa amat dingin udara di Bandung ini. Sampai ke tulang rasanya. Jadi malas mau memegang buku dan yang mau dipegang hanya selimut saja. hehehee. Akhirnya jam 6 pagi baru saya memegang buku dan laptop kesayang saya.

Saya tes pukul 9 pagi. Belajar hanya sekitar 1 jam saja. Sisanya saya mempersiapkan alat tes dan diri saya untuk menghadapi tes ELPT ITB ini. Sungguh luar biasa dinginnya. Gigi bergetar ketika mandi. Brrrrrr. Saya pun berangkat pukul 8 dari kos kosan kakak tingkat yang sudah kuliah di ITB ini dengan perasaan yang belum siap untuk tes. Hmhmmm.. dalam hati, kenapa saya tidak mempersiapkan dari jauh-jauh hari untuk tes ini? Sempat menyesal, namun semuanya kembali saya serahkan pada Allah apakah saya memang diberi jalan untuk bisa kuliah di ITB.

Tes pun dimulai tepat pukul 9 pagi hari Jum’at tanggal 1 Maret 2013 di ruang B pusat bahasa ITB. Oh iya, untuk urutan tempat duduk tidak disesuaikan dengan yang tertera di kartu peserta. Misalnya ruang dan no saya adalah B-44, jadi saya harus masuk di ruang B dan duduk di nomor kursi 44. Sobat hanya cari ruangnya saja karena untuk nomor kursi tidak ada. Jadi bisa acak duduk dimana saja asalkan masih dalam ruang B.

Hmhmhm… Soalnya memang bisa dikatakan tidak terlalu sulit namun kita jangan sampai salah untuk menjawab soal soal sederhana. Seperti yang saya bilang tadi, meskipun sederhana kalau kita tidak tahu maka sama saja sulit. Rincian soal ELPT ITB sebagai berikut:

  • Listening : 50 soal
  • Grammar : 50 soal
  • Reading : 50 soal

Listening tidak ada percakapan 2 orang tetapi berbentuk cerita yang kemudian ada sekitar 4-6 pertanyaan diajukan dari cerita yang telah diberikan sebelumnya. Grammar lebih banyak ke tenses seperti contoh soal ELPT ITB di atas yang saya sebutkan. Reading tidak terlalu sulit karena memang jawabannya pasti ada di antara paragraf-paragraf. Tinggal kita asumsikan saja dengan kalimat yang sederhana. Banyak juga menanyakan TRUE atau EXCEPT.

Hari senin, saya menelpon pihak Pusat Bahasa ITB untuk menanyakan hasil ELPT ITB ini. Dengan rasa deg-degan yang memuncak, saya pun bertanya kepada petugas Pusat Bahasa ITB. Hmhmhm.. Sempat ada cerita lucu ketika saya menelepon ini, karena agak sedikit sibuk jaringan telponnya, sulit sekali menelpon ke Pusat Bahasa ITB ini. Karena sudah deg-degan saya salah pencet nomor dan nyambung ke rumah orang. Heheheee. Beda 1 angka di akhirnya dan yang menjawab seorang ibu yang bingung saya tanya tentang hasil ELPT ITB. Heheheheee. Lucu memang, saya pun sempet tertawa sejenak tapi masih dalam suasana hati yang tak menentu. Maklum, persiapan saya untuk tes ini tidak maksimal bahkan sangat kurang. Dengan harap-harap cemas saya memberi tahu no pendaftaran saya kepada petugas yang sudah bisa dihubungi. 000685 nomornya. Dan jawabannya adalah sebuah angka yang tidak saya sangka-sangka, yaitu 96. Saya pun menanyakan sekali lagi apakah itu benar dan petugas tersebut menjawab No Pendafataran 000685 dengan nama M Iqbal Parabi mendapat skor 96. huft lega mendengar informasi ini.

Alhamdulilah saya sangat bersyukur kepada Allah karena sudah diberi kemudahan ketika menjawab soal-soal yang saya sendiri tidak tahu darimana datangnya jawaban saya kecuali dari Allah. Memang tidak terlalu besar sih angka 96 ini, tapi sudah lebih dari cukup untuk mendaftar S2 di ITB yang mematok angka minimal 77.

Itulah sedikit pengalaman saya ketika mengikuti tes ELPT ITB, ada suka duka dan cerita yang bisa saya bagikan. Bagi sobat yang ingin mengikuti tes ini saya menyarankan untuk bisa mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari. Jangan seperti saya yang hanya beberapa jam saja belajar, yakinlah hasilnya tidak akan memuaskan kalau mendadak belajarnya. Tapi saya tetap bersyukur kepada Allah telah membukakan hati dan pikiran saya untuk menjawab soal tes ELPT ITB sehingga bisa melebihi batas minimal yang saya harapkan.

Oh iya, baca juga tulisan saya lainnya tentang Pengalaman Mengikuti Tes TPA Bappenas yang juga untuk syarat S2 ITB. Banyak cerita dan pengalaman yang bisa sobat dapatkan dengan membaca tulisan saya tersebut. Salam hangat.

Materi referensi: http://www.lc.itb.ac.id/elpt-itb/

Update: Untuk Tabel Konversi Hasil ELPT ITB ke TOEFL (Paper-Based Test) bisa sobat baca di sini.

Tips dan Trik Menjawab Soal ELPT ITB sesungguhnya adalah dengan berlatih secara maksimal. Alhamdulilah telah saya siapkan untuk teman-teman yang mau berlatih secara online tanpa dipungut biaya sedikitpun alias gratis. Jangan berharap soal sama, namun mempersiapkan diri dengan latihan jauh lebih baik dibandingkan berharap soal sama. Untuk yang ingin berlatih, bisa sobat coba di sini. Semoga bermanfaat.

TOEFL PRACTICE .NET

Pengalaman Mengikuti Tes ELPT ITB



85 thoughts on “Pengalaman Mengikuti Tes ELPT ITB

  1. safiq

    Salam kenal gan,ane juga mau ngikut tes elpt itb juga buat ambil S2 tanggal 15 Maret besok..ambil jurusan apa gan nanti ?

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Iya. Salam kenal gan. Rencana IF gan. Ente apa gan?

      Reply
      1. safiq

        ane aktuaria gan (Amiin)…pas elpt bagian kedua(structure) itu banyak tensesnya atau imbang semua materi ada gan ?

        Reply
        1. Iqbal Parabi Post author

          Sebenarnya imbang gan. Tp menurut ane yg agak sulit di tenses. Lainnya insyaAllah gak seberapa susah gan. Oh iya, jangan panik ya klo nanti di lembar jawaban ada nomor yang salah cetak. Seingat ane ada angka 31. 31. angka 30 tidak ada. Urutannya gini: … 27. 28. 29. 31. 31. 32. 33. … Ane sempet panik karena salah liat nomor 🙁 Terus biasanya kalau kita nulis nama di bagian kotak atas lembar jawaban kan pake pensil 2b ya gan? Baru kita buletin bagian bawahnya pake pensil 2b juga. Ini kita disuruh pake Pena gan buat nulis namanya. Begitu juga No Pendf, Tgl Lahir, Dll. Klo buletinnya tetep pake pensil 2b gan. Informasi aja gan, sapa tau ente kebiasaan pake pensil juga kaya ane.

          Reply
          1. safiq

            oh gitu gan,beda ya ama yg laen…. gan ane tanya,di persyaratan magister itu kan ada “Pernyataan tidak pernah drop out atau mengundurkan diri dari ITB (di atas materai Rp. 6.000,-).” nah yang jadi pertanyaan ane surat pernyataan itu apa sama kaya surat pernyataan mengikuti program magister atau kita buat sendiri ?

          2. Iqbal Parabi Post author

            Klo pernyataan itu ada formatnya gan. Pernyataan tujuan, jaminan biaya studi, dll ada sendiri formatnya gan. Ente register dulu di “oreg itb”, nanti ada link downloadnya. Pernyataan tujuan aja yang diketik, yg laen tulis pake pena biasa. Jangan buat sendiri, soalnya udah ada formatnya masing-masing.

        2. asmariani

          mas safiq (mas qbal juga ) sy mau tau prospek kerja lulusan s2 aktuaria, tolong dijelasin dong mas. skalian daftar bidang pekerjaan yg menerima lulusan ini selain perusahaan asuransi dan perbankan. pas liat2 info dan mata kuliah di aktuaria, saya tertarik banget dgn jurusan ini, cuma saya liat di info loker jarang sekali ada loker yg minta jurusan ini.Di sisi lain statistika termasuk salah satu jurusan yg ‘laris manis’ , jadi untuk dunia kerja ga perlu kuatir. saya jadi bingung pilih yg mana, klo minat lebih ke aktuaria …

          Reply
          1. Safiq

            Maaf telat bales, kalau prospek kerja sih selain diasuransi bisa juga di konsultan aktuaria (padma raya, BPA dsb) atau mau jadi dosen di bidang aktuaria juga bisa mumpung masih luas lapangannya… memang di loker tidak begitu ada tetapi bukan berarti nanti susah nyari kerja, kaya dokter, pengacara kan gak ada di info loker tetapi mereka yang dicari…tenang aja kalau masalah pekerjaan, intinya masuk dulu dan rasakan sensasinya…hehehe

  2. anjar taufik

    Wah, kalau mas Iqbal ujian tanggal 1, berarti kita bareng dong. Salam kenal mas, rencananya saya mau ambil Fisika di ITB (aamiin).

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Iya. saya tes tanggal 1 di ruang B. 🙂 Salam kenal. Mudah2an diterima. Amiin.

      Reply
  3. arief

    Salam kenal mas…. Apa saya bisa dibantu utk daftar ELPT via teman mas? dah sy telp lab bhs katanya harus datang langsung, pake foto jg. sy tinggal di medan mas, dan rencana mau ngejar batas pendaftaran pasca yg tgl 27 maret please mas….

    Reply
  4. arief

    kalo di jadwal tpa tgl 13 april, jd elpt tgl 12 nya,,,boleh tau no hp nya mas?via gmail aja ya

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Sudah saya jawab mas. Kemarin tidak ada notification pesan, mungkin saya yang salah. Maaf. Tetapi mas bisa kirim email dan nanti saya bantu.

      Reply
      1. Iqbal Parabi Post author

        Bukti Pendaftaran sudah sampai ya mas Arief. Semoga dapat membantu.

        Reply
        1. Fajar Sidiq

          mas Iqbal, saya juga ingin mendaftar untuk s2 itb. TPA sudah ada. namun untuk elpt saya belum ada, karena terkendala dengan pendaftarannya? apakah ada yang membantu saya untuk proses pendaftarannya? Terima kasih sebelumnya.

          Reply
          1. Iqbal Parabi Post author

            Oh,,, seperti mas Arief berarti ya? Add fb saya saja mas. Search nama saya “M Iqbal Parabi” (tanpa kutip).

          2. Fajar Sidiq

            iya mas, seperti mas arif,, sudah saya add fbnya mas. gimana mas? untuk tanggalnya tadi sudah telpon ada tanggal 10 mei dan 17 mei, saya rencananya akan daftar dua2nya. Terima kasih.

  5. Andrian

    salam kenal gan, oh ya kira2 mana lebih sulit dengan soal2 test TOEFL ITP gan? 😀

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Salam kenal gan. Menurut ane lebih sulit ITP gan. Cuma ente lebih baik pelajari yg dasar2, ane pribadi kadangan lupa sama yang dasar2. hehehe 🙂

      Reply
      1. Andrian

        sip, ane rencana april ini test, dengan baca pengalaman ente ini cukup membuat semangat ane gan. hehe btw thanks sarannya gan 🙂

        Reply
        1. Iqbal Parabi Post author

          Sip gan. Pasti bisa lebih tinggi dari ane. 🙂

          Reply
  6. Wulan

    Mas iqbal, kalo ingin tahu jdwal tes elpt di itb gmn mas? Mksh

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Menghubungi langsung ke pusat bahasa itb mbak Wulan. Soalnya kalau mau liat yg di web tidak update. Silahkan hubungi +62 22 2505 674. Terimakasih.

      Reply
  7. Andrian

    oh ya gan, soal yang listening emang ga ada percakapan dua orang ya? 50 dari soal semua berbentuk cerita?

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      iya gan, gk ada 1 pun. Ane biasa denger yang dua2 gitu. Eh malah gak ada. Kaget juga sih. Semuanya narasi gitu. 1 narasi ada minimal 5 pertanyaan. Pengalaman ane tapi lho, siapa tahu pas ente beda. Jaga2 aja gan.

      Reply
      1. Andrian

        waaa… mau ga mau emank harus belajar semua. 😀 yang structure ada analisa kesalahan gan? atau cuma soal yang modelnya melengkapi kalimat aja?

        Reply
        1. Iqbal Parabi Post author

          hmhmhmm.. ane lupa gan, kayaknya ada gan. tp klo agan dah biasa itp pasti lewat deh. pahamin yg dasar2 jangan lupa. nanti nyesel klo salah jawab dipertanyaan mudah. 🙂

          Reply
  8. Wulan

    Maaf mas..mw tanya lg, dpet sertifikat elpt nya ga mas? Sertifikatnya jdnya brp hr mas?

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Alhamdulilah Dapet mbak. Dapet 2 nanti. Kalau normal 5 hari kerja setelah tes. Namun, kalau pimpinan yg menandatangani tidak ditempat bisa lebih dari 5 hari. Saya kemarin lebih dari seminggu karena pimpinannya lagi gak di bandung.

      Reply
  9. Yuni

    hasil tel elptnya di share di web ITB gak iyah? apa harus telp k UPT?

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Dua2nya bisa jadi mbak Yuni. Kalau tes bersamaan dengan ELPT ITB masal (ketika pendaftaran S2/S3 biasanya ITB membuka tes ELPT secara masal), maka di share di web pasca itb dan hasilnya diambil di Pusat Bahasa. Kalau tes di hari2 biasa tidak di share di web ITB. Saya tes di hari2 biasa tanpa ada event yg pasca itb buat, jadi saya ambil sendiri ke Pusat Bahasa ITB dan tidak di share di web ITB. Sepengetahuan saya seperti itu. Terimakasih.

      Reply
      1. Yuni

        aku tes 22 maret mas. itu masuk hari biasa kah? jadi harus telp ato langsung ambil d upt terkait kah? makasih sebelumnya

        Reply
        1. Iqbal Parabi Post author

          Dua2nya mbak, telp ke pusat bahasa itb apakah sudah selesai? Jika sudah langsung diambil kesana.

          Reply
          1. Yuni

            bisa diwakilkan kah? ada bukti yg harus dibawa kah mas?

  10. Iqbal Parabi Post author

    Bisa mbak, bawa saja bukti bayaran atau kartu tanda peserta pada saat tes.

    Reply
  11. illa

    Pliss tell me.. Iqbal Aku bsk tgl 5apr mau tes.tp blm ad persiapan dan uda lupa materi2 english

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      wah… nampaknya dari tulisan saya ini sudah sedikit menggambarkan bagaimana elpt itb ini. 🙂 klo kurang, silahkan baca tulisan saya tentang tips menjawab soal toefl.

      Reply
  12. Eva

    Saya berencana akan mengikuti tes ELPT ITB,mas.. Tapi jadwalnya tidak tertera di situs ITB ataupun UPT bahasanya.. Kira-kira dimana ya bisa mendapatkan jadwal tesnya ya,mas? Terima kasih

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Daftar langsung di pusat bahasanya mbak Eva. Kalau tidak bisa, diwakilkan juga boleh dengan membawa syarat2nya. Untuk jadwal silahkan telp ke Pusat Bahasanya. Jadwal yang di web tidak update. No telp nya ada di tulisan ini. Terimakasih.

      Reply
  13. wahyu

    mas, punya format pernyataan tidak pernah drop out nya ITB?

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Mas Wahyu, format sudah disediakan dari itb. Silahkan mas wahyu melakukan registrasi online di oreg itb. Pada bagian ke 6 (kalau tidak salah) akan ada berbagai macam file word yang harus di download sebagai syarat masuk ke itb, salah satunya surat pernyataan tidak pernah drop out. Terimakasih. Nb: Alamat registrasi onlinenya cari di google dengan kata kunci “oreg itb”

      Reply
  14. Sombonuryo

    Terima kasih Bang atas pengalamannya. Mayan saya juga mau ngikut, hehehe.

    Reply
  15. lisa

    assalamu’alaikum iqbal saya juga berkeinginan mendaftar di s2 itb setelah saya coba daftar online dan diverifikasi lewat email, saya login dan ingin mengisi data yang disediakan link tapi kenapa ya.. ga ad yg bisa di klik dibagian online registration?? yang ad cuma informasi kelengkapan yang menyatakan kalo semua dokumen tidak ada gina caranya bisa mengisi dibagian biodata, program studi, sumber dana dll?? mohon infonya ya.. wasalam lisa

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Wasalamualaikum. Dibagian bawah klo tidak salah ada tulisan “Next” atau “Selanjutnya”, ketika klik baru form bisa tersedia mbak.

      Reply
  16. lisa

    owh iya… sy make tab td, jd g keliat penuh jazaakallah ya

    Reply
  17. Bambang

    gan kalo belum punya sertifikat bhs ingg n tpa blum bisa registrasi di oreg yah, karna jk kita mau isi data bagian 3 itu perlu masukin nilai bhs ing n toefl,, trus kalo tes bidang ilmu buat teknik informatika tu gmn gan susah ngak??

    Reply
  18. Rani

    mas… aku mau daftar pasca itb utk gel 2 ini… cm ga tau apa2 ttg pendaftaran… 🙁 kita ngapain dulu ya.. ??? aku dr padang soalnya….. mohon info y mas… msh belum ngerti

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Persiapkan syarat2nya, bisa dilihat di sps.itb.ac.id. Kemudian Daftar online, baru kirimkan syarat2nya ke itb langsung atau melalui pos.

      Reply
  19. Yulasma Andriyeni

    Aslm mz… apa soal toefl ini hy berlaku bwt yg mo masuk ITB aja, soalny saya juga mo ikut tes S2, tapi gak di ITB… dan tolong mz, saya minta penjelasan yg lebih lengkap mz mngenai soal2 toefl ini, klw ada soal2 yg lain juga tolong dikirimkan k alamat email saya… soalnya sbtu besok saya mo tes, makasi banged sbelumnya loh maz 🙂

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Kalau ELPT ini berlakunya di ITB saja. Kalau mau yg berlaku dimana2 ada ITP. Silahkan mbak ke Pusat Bahasa tempat mbak kuliah, tanyakan ada Toefl ITP gak disana. Tentang soal2, sedang dalam proses pembuatan. Terimakasih.

      Reply
  20. Riky Fitriadi

    Mas Iqbal salam kenal. Saya rencananya mau daftar magister yang Gel II Cuma saya masih bingung untuk form tambahannya masih ad kendala di 1. FORM PENDIDIKAN TAMBAHAN-PENATARAN-KURSUS ILMIAH (ada contohnya mas) 2. FORM Pernyataan tujuan (bisa kasih contoh mas) 3. Surat Pernyataan Kesanggupan Membiayai Program Magister ( klo biaya pribadi diisinya oleh kita sendiri ya? 4. FORM REKOMENDASI AKADEMIK (bisa gak klo diisi oleh atasan kerja) Sorry y mas klo pertanyaan n permintaannya banyak Mohon pencerahannya

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Ok, saya coba jawab: 1. Pendidikan tambahan saya isi sesuai dengan yg pernah saya ikuti dan mendapatkan Sertifikat. Waktu itu pernah ikut les bahasa inggris dan ada sertifikatnya. Saran saya, pelatihan yg dilampirkan mesti berhubungan dengan jurusan yg mau diambil. Berhubung saya hanya ada les bahasa inggris, ya tidak apa krn itu membantu proses perkuliahan. 2. Kalau ini bercerita tentang motivasi dan tujuan kuliah. Ditambah sedikit informasi tentang penelitian yg mau diambil. Saya rasa pasti bisa membuat sendiri. Sarannya jangan berlebihan atau sesuai saja dengan kemampuan, ada kemungkinan ditanyakan sewaktu wawancara. 3. Iya. Tanda tangan orang tua atau wali yg siap menanggung biaya. 4. Sejatinya, form ini diisi oleh dosen yg mengerti atau paham kemampuan akademik kita. Kalau atasan kerja saya kurang tahu bisa atau tidak. Saya rasa atasan kerja belum tentu tahu kemampuan akademik kita, apalagi kalau kita kerja yg berbeda dengan jurusan sewaktu kuliah.

      Reply
  21. Kasiria Waruwu

    siang mas,, sy mau tanya ni… saya pengen lanjut S2 di ITB tahun ini tapi kendalanya saat mendaftar online di langkah ke 3 tentang program studi yang bagian Bahasa inggris trus dibawahnya ada tanggal bahasa inggris, nilai bahasa inggris, nila TPA bapenas dan tanggal Tpa bapenas, itu kita tulis apa disana??? sementara sy gk punya sertifikat bhs inggris dan Tpa bapenas… mohon info nya lah mas, thanks

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Di klik “Next” tidak bisa ya mas? kalau tidak bisa, isikan dengan tanggal rencana mas akan tes tpa dan toefl/elpt.

      Reply
      1. Kasiria Waruwu

        gk bs mas,, tes TPA dibrosur tgl 22 juni sedang ELPT ITB nya gak dicantumkan… gmn tuh??

        Reply
        1. Iqbal Parabi Post author

          Telp ke Pusat Bahasanya mas, tanyakan jadwal elpt paling dekat. Yg pasti ELPT biasanya hari Jum’at. No telpnya ada di tulisan ini.

          Reply
  22. ms

    oh ya salam kenal,,,mw nanya neeh,,,,tentang masuk s2 ITB itu khaan di minta sertifikat bhsa inggrisnya,,,,khaan ad ELTP, TOEFL dan lainnya…klo itu t apa ya bedanya?? thanks

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Beda nama dan tingkat kesulitan klo menurut saya. Mau masuk mana?

      Reply
  23. ms

    ya ne,,,,rencananya saya juga ingin masuk s2 ITB…..tapi ragu juga dengan toelf ama eltp it……maklum bahasa inggris nyangkut2 dikit……..emg yang mudah yang mana ya?? dan juga terakhir pendaftaran tgl 4 jun,, tapi saya blom daftar….xixixi soalnya mash takut dengan eltp dan toefl it…..mhon infonya…

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Menurut pendapat saya, ELPT soalnya lebih ringan dibandingkan TOEFL ITP. Klo dgn TOEFL Prediction mirip2 kok.

      Reply
  24. lisa

    slamat malam.. saya mw nanya mas, kalo tes wawancarax sekitar ap y?

    Reply
  25. bangun

    mas iqbal salam kenal dari saya Bangun ulfah yang berasal dari lampung juga, rencana insyaAllah saya juga mau mencoba s2 ITB, TPA alhamdulillah sudah cukup tinggal ELPT. minta rekomendasi untuk belajr ELPT baik buku maupun awebsite yang berbahasa indonesia, karena bahasa inggris saya lemah.. terima kasih

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      ELPT gk ada wawancaranya gan. Klo ke ITB nya ada. Tergantung jurusan gan, kebetulan ane di informatika, pertanyaannya seputar motivasi sama mau ambil tema untuk tesis nantinya.

      Reply
  26. Malisa

    salam kenal… terimakasih nih atas info2 nya… saya berencana daftar S2 itb dan kebetulan jurusannya sama informatika juga.. 🙂 lau boleh tau mas iqbal nya S2 informatika ambil bidang apa?? saya bingung nih mau ambil bidang apa……. ada masukkan gak mas iqbal?? ^_^

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Salam kenal, saya ambil opsi software security. Masalah opsi tergantung passion sih mbak, gk bisa dipaksain. Nanti juga pas udah masuk bisa berubah. Saya pertama pilih SI terus pindah ke SS.

      Reply
  27. Akhmad Syarifuddin F

    Assalamu’alaikum wr. wb Maaf mas mau tanya, Mas punya Contact Person yang menangani tes ELTP ITB tidak ? untuk pendaftarannya bisa via online dan pembayaran via transfer tidak? berhubung tak ada relasi di Bandung 🙂 Andaikan saya melakukan Online Registration saat ini, tapi untuk melakukan pendaftaran SPS ITB di periode berikutnya apakah bisa mas? Syukron Katsir, Wassalamu’alaikum wr. wb

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Tidak ada mas, hanya nomor kantor ELPT ITB dan sudah saya share. 🙂

      Reply
  28. Yayan

    Mas Iqbal mau tanya materi soal tes tulis untuk jurusan informatika apa saja ya?

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Nanti ada kisi2nya, saya sendiri lupa dulu apa aja. hehe

      Reply
  29. Wahyu Budi

    assalamualaikum mas iqbal saya mau tanyak” ttg pendaftaran S2 ITB, rencana saya mau daftar gelombang 2 ini. apakah boleh saya minta kontak biar komunikasinya bisa japri aja gan?? makasi sebelumnya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.