Panduan BPP-DN 2013 Dikti

By | March 28, 2013

Panduan BPP-DN 2013 Dikti – Salam hangat para pencari beasiswa bppdn 2013 dikti. Setelah saya menulis tentang “Beasiswa Unggulan (BU) 2013 Dikti Diganti dengan BPP-DN dan BPP-LN“, kali ini saya ingin menulis tentang panduan BPP-DN 2013 Dikti yang saat ini sudah resmi dilansir oleh dikti. Seperti tulisan saya yang sebelumnya, ternyata panduan bppdn 2013 dikti ini tidak berbeda jauh dengan panduan beasiswa unggulan. Meskipun ada beberapa perbedaan, namun hanya terletak di tanggal atau nama saja. Selebihnya masih sama seperti panduan beasiswa unggulan dikti.

Panduan BPP-DN 2013 Dikti

Pedoman BPP-DN 2013 Dikti

Pedoman BPP-DN 2013 Dikti

Untuk panduan BPP-DN 2013 ini, sobat bisa mengunduh file resminya melalui tautan bawah ini:

>> Panduan BPP-DN 2013 Dikti

Secara umum, dipandang dari segi pelamar beasiswa bppdn dikti 2013 ini, kita harus melakukan hal-hal sebagai berikut:

a. mendaftarkan  diri  sebagai  pelamar  BPP-DN  melalui  laman
beasiswa.dikti.go.id/dn  dengan  memenuhi  seluruh  persyaratan  yang
diperlukan;
b. mendaftar  ke  PPs  Penyelenggara  yang  dituju  dengan  memenuhi
persyaratan pendaftaran sebagai pelamar PPs tersebut;
c.  mengikuti  dan  memenuhi  seluruh  persyaratan Proses  Seleksi  yang
diselenggarakan oleh PPs Penyelenggara tujuan;
d.  melihat  hasil  Penetapan  Penerima  BPP-DN  yang  diumumkan  oleh  PPs
tempat studi;

Sedangkan untuk waktu atau jadwal secara keseluruhan, sobat bisa melihat pada gambar di bawah ini:

Jadwal BPP-DN 2013 Dikti

Jadwal BPP-DN 2013 Dikti

Demikian tulisan mengenai panduan bpp-dn 2013 dikti, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Update, panduan BPP-DN 2013 versi revisi telah keluar. Silahkan kunjungi website dikti di:

> www.beasiswa.dikti.go.id/dn

> Pilih Menu Unduh

Panduan BPP-DN 2013 Dikti



84 thoughts on “Panduan BPP-DN 2013 Dikti

  1. kiki

    Selamat pagi mas, saya kiki fauziah ketika saya membuka laman beasiswa.dikti.go.id/dn terdapat di kolom sebelah kanan untuk pendaftaran besiswa tapi tidak dapat diakses malah teralihkan ke admin mas… mhn informasinya….

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Iya, belum bisa diakses menu “Daftar Beasiswa” di http://beasiswa.dikti.go.id/dn/. Saya pun begitu. Kita tunggu saja karena memang belum di publish oleh admin dikti. Biasanya kalau sudah di publish, menu “Daftar Beasiswa” akan berfungsi. Tetap semangat.

      Reply
  2. kiki

    Selamat siang mas, sampai sekarang saya belum bisa yaa mendaftar online beasiswa dikti… itu knp ya mad? Dan sebelum mendaftar harus menyiapkan dokumen apa saja ya mas?

    Reply
  3. Iqbal Parabi Post author

    Sudah bisa mas. Mungkin jaringannya sedang sibuk karena terlalu banyak yang mengakses. Kalau dokumen sama kaya yg dipanduan. Baca tulisan saya yang ini, udah banyak yg tanya dan saya tanggapi: http://iqbalparabi.com/beasiswa-unggulan-bu-2013-dikti-diganti-dengan-bpp-dn-dan-bpp-ln

    Reply
  4. afdal

    maaf,mas apa beasiswa ini bisa untuk mahasiswa S1 yang mau jadi dosen di kemendikbud.. jadi disekolahkan s2 trus mengabdi

    Reply
  5. Iqbal Parabi Post author

    Ada mas untuk tendik. Mas daftar sebagai apa? Informasi lebih lengkapnya bisa buka website resmi bpp-dn 2013 di http://beasiswa.dikti.go.id/dn. Silahkan download panduan terbaru dan baca berita yang tertera disana. Terimakasih.

    Reply
  6. nisa

    mas…kalo ga bisa cetak pendaftaran bppd 2013 bagaimana pdhl sudah ada konfirmasi berhasil mendaftar. tks komentarnya

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Mbak bisa ke website bpp-dn dikti dan pilih menu “Cek Registrasi”. Masukkan Status Pelamar, No registrasi dan tanggal lahir. Kalau memang sudah terdaftar maka akan ada informasi mbak Nisa dan bisa print.

      Reply
      1. nisa

        mas, udah adaemail konfirmasi yang bilang bahwaanda telah melakukan proses pendaftaran , ada no registraisi dan user segala, tp saya udh masuk ke website bpp-dn tetap ga bisa cetak…apa upload data saya untuk foto ga berhasil ya..ato pas ada problem cetak di website bpp-dn .’ tks mas bantuannya

        Reply
        1. Iqbal Parabi Post author

          Kalau login melalui menu “ubah data” bisa gak mbak? Coba masuk melalui menu “ubah data” menggunakan no reg dan password yang ada di email. Untuk memastikan sudah terdaftar atau belum. Kemudian, untuk cetak registrasi kalau tidak bisa cetak silahkan baca komentar tulisan saya di: iqbalparabi.com/beasiswa-unggulan-bu-2013-dikti-diganti-dengan-bpp-dn-dan-bpp-ln

          Reply
  7. susi

    kak iqbal aq mau nanya, kmarin sy buka laman pendaftaran beasiswa dikti.. laman pertama ada permintaan untuk masukkan NIP/NIK. pertanyaan sy kalau kta belum punya NIP gmana??? soalnya untuk pindah k laman berikutnya harus terisi semua…

    Reply
  8. Iqbal Parabi Post author

    Mbak daftar sebagai calon dosen bukan? kalau iya, silahkan NIP/NIK di isi dengan tanda min (-).

    Reply
  9. L.M. JALIL SILEA

    sy adl pelamar BPPDN 2013 yg harus daftar online. Akan tetapi, ketika saya registrasi dan sampai pada tahap pilihan program studi, kenapa tuk universitas haluoleo pilihan prodinya secara autocomplet tidak tersedia? mohon penjelasannnya.

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Maaf, mas Jalil daftar sebagai apa? Calon dosen, Dosen atau Tendik?

      Reply
  10. LUSI

    mas iqbal… mau nanya,,, jika kita udh mendaftar online langkah selanjutnya apa? kata nya mengirimkan atau menyerahkan dokumen persyaratan ke pps penyelenggara… crnya gmn mas? saya ngambil calon dosen di UNJ… sementara saya berdomisili d sumbar.. mohon info ny mas.. trims

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Silahkan Mbak lusi memberikan surat perjanjian antara mbak lusi dengan dikti yang bersedia ditempatkan dimana saja itu ke UNJ. Untuk lebih detilnya silahkan hubungi PPs UNJ bagaimana prosedurnya. Saya daftar dari ITB, jadi tidak tahu pasti bagaimana detil di UNJ. Terimakasih.

      Reply
  11. Rahmawati

    z salah satu pelamar BPP- N 2013, yang harus daftar on line tetapi ketika z registrasi dan sampai pada tahap, penentuan umur, registrasix ngk bisa dilanjutkan, bagaimana solusinya.

    Reply
  12. Iqbal Parabi Post author

    Umurnya berapa mbak? Ada ketentuannya. Kalau umur melebihi batas maksimum nampaknya di dalam sistem tidak bisa melanjutkan registrasi.

    Reply
  13. Tieka Widya

    Selamat malam Mas Iqbal, untuk BPP-LN apakah prosedurnya sama dengan BPP-DN? terima kasih sebelumnya atas informasi yang diberikan.

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Berbeda mbak syrat2nya. Harus sudah ada surat diterima dari univ ln yg mbak tuju. Silahkan kunjungi website dikti di http://beasiswa.dikti.go.id/ln/. Disana akan ada panduan lengkapnya. Terimakasih.

      Reply
  14. nanik

    mas, aku mau tanya aku mau daftar beasiswa dikti yang calon dosen maaf sebelumnya saya masih binggung dengan prosedurnya. di situ kita ada nama instansi asal maksudnya gimana?padahal saya baru lulus S1 kemarin

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Kalau calon dosen setahu saya tidak perlu mengisi instansi asal. Isi kan saja dengan tanda min (-). No telp instansi dengan angka 0.

      Reply
  15. PUTRA

    mas,kalo udh daftar trus gmna lagi? katanya harus daftar juga di pts yg kita tuju. berarti kta ke pts yg kita tuju dlu baru lengkap pndftaranny? ato tggu lulus seleksi online di idkti ini dlu baru dftar di pts yg di tuju? mohon pencerahannya. thanks

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Pts? nampaknya PPs yang mas Putra maksud. Setelah daftar ke Pasca yang mas tuju dengan melampirkan fotokopi ijazah dan transkrip, bukti pendftaran online dan surat perjanjian (lampiran 1).

      Reply
  16. nanik

    oh ya mas, saya sudah berhasil mendaftar di dikti dan sudah mendapatkan no registrasi.padahal saya blm mengunggah surat ijin dari rektor?itu bagaimana mas??

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Mbak daftar sebagai apa? Calon dosen bukan? Klo iya, tidak perlu unggah surat ijin rektor. Cukup dilampirkan: 1. Fotokopi Ijazah dan Transkip 2. Bukti Pendaftaran Online 3. Perjanjian dengan Dikti (Lampiran 1) dikirim ke PPs tempat mendaftar. Terimakasih.

      Reply
  17. nanik

    iya mas, oh gtu, berarti saya tidak usah mengungah surat ijin? tapi kok ada yang bilang buat calon dosen mengungah lampiran 1. itu bagaimana mas?klo iya di unggah formatnya dalam bentuk word atau jpg

    Reply
  18. moety

    sya sdah mendaftar & mlengkapi berkas disitus dikti,tetapi sya ingin merubah kampus tujuannya…sy coba tetap tidak bisa…bgaimana caranya ya?? mohon solusinya?

    Reply
  19. Alfi

    Mas Iqbal maaf mo nanya….klo beasiswa BPP-DN 2013 ada on going ga Mas untuk mahasiswa angkatan 2012 sebagaimana dulu halnya BPPS?mohon informasi dan penjelasannya, terima kasih

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Mohon maaf mas Alfi, saya kurang tahu tentang ini. Di panduan pun tidak ada penjelasan ttg on going. Saya sarankan untuk bertanya ke bagian akademik tempat mas Alfi kuliah, biar tidak salah informasi. Terimakasih.

      Reply
  20. dewi afifah

    mas, saya mau tanya. saya mendaftar sebagai calon dosen. tapi di data pekerjaan dia minta instansi asal. itu mksdnya apa ya mas? apakah instasnsi asal tempat kita bekerja. apa instansi asal tempat kita kuliah dulu mas. trm ksh mas.

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      kalau belum bekerja diisi tanda (-) tanpa kurung.

      Reply
      1. Meilya

        kalau no telepon instansi bagaimana mas ikbal? karena selalu minta untuk diisi. trmksh..

        Reply
        1. Iqbal Parabi Post author

          pakai angka 0. tetapi kalau masih minta juga angka 0-nya sampai 12 kali. 000000000000

          Reply
  21. Diana

    help me please ! aku udah daftar mas, tapi mau ubah kampus tujuan.. udah di klik ubah data tapi gak bisa.. gmna cara nya mas?? help me

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Maaf mbak Diana, banyak yang menanyakan akan hal ini, namun tidak ada solusi baik dari saya atau dari forum dan blog2 yg membahasa ttg beasiswa ini. Sekali lagi saya mohon maaf karena tidak bisa memberikan slusi.

      Reply
  22. erni

    Mas iqbal.apakah ada beasiswa untuk guru yang akan melanjutkan S2 dari diktiav yg saya baca kok hy untuk dosen saja

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Tahun ini tidak ada, tahun sebelumnya juga. Semuanya berfokus untuk dosen mbak Erni.

      Reply
  23. Widi

    maaf mas. mau tanya. saya sudah mendaftar calon dosen. dan sudah berhasil tapi no registrasinya tidak kecatatan dan lupa lagi. kalau mau tahu no registrasinya gimana karena belum di print pendaftarannya? e-mail gak bisa dibuka..

    Reply
  24. selvi

    assalamualiku, maf mas mau tanya. 1. saya belum unggah surat perjanjian 2. foto saya tidakmuncul di bukti pendaftaran 3. untuk mengisi surat petjanjian dengan dikti dalam kolom nama, ditulis nama lengkap saja atau dengan gelar S1 juga Terimakasih

    Reply
  25. widi

    mau tanya mas, saya tuh udah daftar beasiswa calon dosen tapi saya lupa no registrasi dan paswordnya? gmn caranya mengentahui no. dan pass? email gk bisa dibuka.

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Mohon maaf mas, jika masalahnya sudah seperti ini sulit mas. Harapan satu2nya adalah dengan membuka email yg mas daftarkan ketika daftar online. Jika tidak bisa dibuka juga, di sistem online dikti tidak ada fasilitas untuk resend atau ganti email. Belum ada solusi untuk masalah ini karena memang sistem onlinenya belum sempurna. Terimakasih.

      Reply
  26. ayu

    mas mau tanya saya udah daftar online terus pas mau ubah data gak bisa masuk karena saya gak tau nomor registrasi dan paswordnya. pas saya cek email juga tidak ada. gimana yah ? mohon solusinya

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Wah…. kalau ini saya kurang tau mbak, silahkan cek di folder sampah atau yg lainnya di email yg didaftarkan. Satu2nya cara tahu no registrasi dan password kalau lupa ya disitu.

      Reply
  27. suci wulan pawhestri

    asw. Mas, mau nanya saya sudah registrasi online, tetapi blum mlengkapi berkas yg harus di unggah. Sperti yg sy bc di comment2 atas,u/ cados tdk perlu menggunggah surat izin rektor ya mas?tetapi kalau tdk diunggah apakah bukti registrasi masih bs dprint? Mohon jawabannya mas. Terima kasih.

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Bisa mbak, masih bisa di print. Silahkan pilih menu ‘Cek Registrasi’.

      Reply
  28. ratna dewi

    mas iqbal ni q ratna yg add d fb itu lhooo,,,mas iqbal minta nmr hp y q mau nnya ttg bppdn hegeggee minta tolong diinbox k fb q y mas iqbal,,,mksh sblm n ssdhny,, :-)

    Reply
  29. Rulita

    Saat pendaftaran dan sudah sampai pada thap unggah foto,sya klik selesai tapi muncul tulisan error. Kmeudian saya cek email saya ternyata no registrasi dan username tdak ada d email saya. bagaimana solusinya?

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Coba daftar ulang lagi mbak, bisa gak?

      Reply
      1. fitri

        mau tx kak,knapa pada saat sy masukkan username dan pasword kok eror trus?

        Reply
        1. Iqbal Parabi Post author

          Loginnya di menu apa? Klo ‘Admin’ gk bisa masuk karena itu untuk dikti dan pps. Pendaftar hanya bisa login di menu ‘Ubah Data’ dan ‘Cek Registrasi’.

          Reply
      2. anonim

        saya juga mengalami hal yang sama, ketika mau daftar ulang lagi ternyata tidak diperkenankan dan disuruh cek email sedang di inbox maupun spam nggak dari konfirmsi dari dikti

        Reply
  30. zidna

    lupa pasword, gmana cara nyarinya? kemaren dah daftar, sayang pasword blum sempat disimpan, laptop dah mati duluan, gaman caranya nyari pasword yg kita lupa? kok gak ada menu ‘lupa password? thanks atas jawabnnya

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Ada di email no registrasi dan passwordnya.

      Reply
  31. utami

    maaf mau tanya saya mau mengunggah ulang foto saya di pendaftaran online dikti dikarenakan format yang saya masukkan salah. selanjutnya bagaimana saya bisa mengunggah ulang foto saya padahal tidak bisa didelete/dihapus….saat saya coba mau cetak ternyata juga ‘error” jadi ndak bisa dicetak, bagaimana caranya ya,,,??trimakasih bantuannya..

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      saya juga waktu itu salah upload, jadi saya timpah saja (upload ulang). Nanti yang tercetak adalah gambar terakhir yg diupload. Klau error silahkan dicoba kembali, sbar mbak. Sistemnya memang sering down atau error.

      Reply
  32. nita handayani

    mas, kalau mau merubah file yang sudah di upload gimana caranya? sy udah mencoba tp ga bisa… kemarin salah upload data… mohon penjelasannya…

    Reply
  33. zetty wibawa

    maaf saya mau tanya, bagaimana cara merubah data program studi yang dipilih,karena saya salah memasukan pilihan.trimakasih

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      tidak bisa dirubah mbak. sistemnya tidak mengijinkan kita salah dalam mengisi form online. banyak teman yg mengalami hal ini namun tidak kunjung ada solusi.

      Reply
  34. handa

    slm ms. mf ni mw tanya. univ tujuannya kn tak bisa diganti. sy coba regis ulang juga tidak diterima. jadi bagaimana y tu ms? jd g bisa ikut dh. mksh

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Iya. gk bisa ikut klo udah kaya gtu. Banyak mas yg mengalami seperti mas ini karena sudah terlanjur memilih jurusan.

      Reply
  35. ika sastrawati

    Aslm.maaf mau nanya mas. saya dgr dgr dikti akan adakan tes lg. sy sdh tes di kampus yg sy tuju.alhmdllh lulus.sy mw tax kapan tes dikti di adakan. sy bingung cr infonya.trimakasih infonya

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Wasalam. dapat info dari mana mbak? kalau dari web resminya tidak ada.

      Reply
  36. Magfirah

    asw….. salam kenal, saya sudah daftar dan unggah berkas, untuk mengetahui diterima atau ditolakkan lewat admin…tapi selalu za….username/password nya salah. padahal udah bener diketik…cuma sebatas itukah? atau kita harus nyelesaikan persyaratan apa lagi k pps penyelenggara? mohon solusinya….

    Reply
  37. vhe navion

    mas mau tanya, saya sudah daftar bppdn gelombang 2. sudah memasukkan biodata tapi belum upload surat ijin rektor dan poto. saya daftar untuk calon dosen. apakah saya bisa mengupload poto dan surat ijin lagi? tolong di replay ya mas.

    Reply
  38. sigit riyadi

    assalamualaikum,,, berkaitan dengan hasil pengumuman beasiswa bppdn 2013, alhamdulillah saya telah dinyatakan lulus, tapi sekarang saya ada kendala bahwasanya password yang saya gunakan di halaman http://beasiswa.dikti.go.id/dn lupa,mohon konfirmasi kembali passwordnya untuk mengakses halaman tersebut… cetak_form_registrasi_THVOZAFXYD_1373589864.pdf cetak_form_registrasi_THVOZAFXYD_1373589864.pdf 26 K Lihat Unduh

    Reply
  39. mahyumi rantina

    siang mas, alhamdllah saya sudahdinaytakan lulus BPPDN tapi pas mau ngisi form kesanggupan saya lupa pasword mas, mohon solusi dan bantuan nya mas, kata teman lihat di email namun tidak ada. jadi gmana caranya mas? trims

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Maaf, kalau itu nampaknya sulit mbak. Email yg sudah terhapus setahu saya tidak bisa dikembalikan lagi.

      Reply
    1. Agung

      saya liat sudah ada pengumuman mahasiswa yang dinyatakan lulus oleh pps penyelenggara

      Reply
    2. Iqbal Parabi Post author

      Kemungkinan besar, namun belum pasti mas. :)

      Reply
  40. Me

    assalamualaikum. mas iqbal sy mw bertanya terkait dengan form kesanggupan dikti. apakah homebase itu wajib atau tidak? karena sy, tidak menggunakan homebase. tks

    Reply
  41. Ruliana

    Assalamu ‘alaikum Mas Iqbal.saya Ruliana, Dosen Tetap UNM (Universitas Negeri Makassar) mahasiswa s3 statistika ITS masuk tahun 2012 dan ongoing BPPDN tahun 2013. dalam pengumuman pertama (sekitar 22 agustus 2013) belum ada nama saya.PPS ITS meminta konfirm kedikti terkait mengapa nama saya tidak ada, tetapi sampai kemarin 3 september belum ada konfirm.sore ini dari PPS ITS mendapat info dari DIKTI agar saya melakukan daftar ulang.tetapi saya tak bisa melakukannya karena NIDN hanya sekali untuk daftar, dan saya sudah terdaftar di DIKTI. dengan no Registrasi GEVBSYDCWX.mohon bantuannya mas iqbal…thanks.

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Waslam. Mohon bantuan apanya ya ini mbak? Kalau untuk mengetahui password tidak bisa mbak, langsung tanyakan ke dikti kalau itu.

      Reply
  42. rio_Op

    mas,,,saya Beasiswa BPPDN Cados 2013,,sampe skg dikti belum ngumumin,,,nanti kalo nama saya keluar,,,,apakah no rgstrasi dan posword waktu kita daftar pertama itu dipake lagi mas??soalnya di email saya gak ada tu no registrasi dan poswordnya,,,

    Reply
  43. fuad

    Bila d format pangkat/gol hanya ada menu ini gmna ya? CPNS IIA IIb dst…. tdak ada plihan di menu ini non PNS.. Mskipun di menu dibawahnya sudah dipilih Non PNS..trimss

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *