Oleh-Oleh Khas Lampung

By | January 3, 2013

Oleh-Oleh Khas Lampung – Selamat sore sahabat blogger sekalian, kali ini saya mau share informasi mengenai oleh-oleh khas lampung yang biasa dibawa pulang kalau sobat sedang berkunjung ke Lampung. Saya share oleh-oleh yang terkenal di Lampung supaya sobat blogger semua tahu apa yang menjadi khasnya Lampung, Provinsi kelahiran saya 🙂 Oke, langsung saja yuk disimak.

Oleh-Oleh Khas Lampung

1. Keripik Pisang

oleh-oleh khas lampung - keripik lampung

oleh-oleh khas lampung – keripik lampung

Ini adalah oleh-oleh yang paling terkenal dari Lampung, kalau ke Lampung gak bawa pulang makanan yang satu ini berarti gak pernah ngunjungin Lampung. Hehehhee. Saya sendiri kalau dari Lampung mau ke Palembang biasanya beli keripik banyak-banyak dan dibagi-bagi ke temen secara gratis. Seneng banget punya temen kaya saya pastinya. hehehe 🙂

Sobat bisa beli keripik di beberapa tempat di Kota Bandar Lampung. Tempat pertama adalah di Toko Yen Yen yang berada di daerah Teluk Betung. Alamat lengkapnya di Jalan Ikan Kakap No.86 Teluk Betung – Bandar Lampung. Mudahnya cari aja kelenteng di Teluk yang paling gede, di deretan kelenteng itu ada toko Yen Yen.

Oleh-Oleh Khas Lampung

Selain di Toko Yen Yen, sobat bisa beli keripik khas Lampung di Jalan PU Bandar Lampung. Disini buatan tangan khas masyarakat Bandar Lampung. Sobat kalau ke Jalan PU bakal disuguhin aneka keripik yang dijual oleh berbagai otlet. Harga bersaing gan! Disini masih bisa ditawar, kalau di Yen Yen tadi gak bisa. Tapi jangan salah sama kualitasnya, pokoknya maknyuss. hehehee Kalau kata saya, Yen Yen tuh menang nama aja gan, menang di brand. Soalnya saya udah sering bawain oleh-oleh ke temen-temen dan menyatakan semuanya enak, baik yang dari Yen Yen maupun yang dari PU. Saya sebut PU karena disana namanya macem-macem, jadiin aja keripik PU namanya. hehehe

2. Batik Lampung

Oleh-oleh khas Lampung - SBY Batik Lampung

Oleh-oleh khas Lampung – SBY Batik Lampung

Ini yang kedua, Batik Lampung memang ada ciri khasnya sendiri. Berbeda dengan batik-batik yang ada di Indonesia. Meskipun saya gak tau persisnya gimana? karena saya anggap semua batik sama saja, tapi Umi saya tetep bilang banyak perbedaannya. hehhee saya gak terlalu teliliti kalau masalah ini. Kemarin saya juga ngasih sedikit oleh-oleh buat dosen pembimbing saya ini. Mudah-mudahan suka 🙂 Tempat belinya di daerah pasar Bambu Kuning. Banyak orang yang jualan, mau yang langsung jadi baju atau sekadar beli bahannya juga boleh. Pasar Bambu Kuning banyak yang tau, so jangan takut kesasar ya sobat 🙂

3. Tapis Lampung

Oleh-oleh khas Lampung - Tapis Lampung

Oleh-oleh khas Lampung – Tapis Lampung

Kalau yang ini saya ngerti perbedaannya. hehehe Soalnya pas saya sekolah di SMP dulu, ada pelajaran buat tapis dan saya jagonya. Memang beda dengan tapis-tapis yang ada di Indonesia. Dibuat pake tangan dan harganya lumayan mantab. 1 kain batik bisa diselesaikan dalam waktu 3-5 bulan. Makanya harganya mahal. Belinya juga bisa di Pasar Bambu Kuning kaya batik Lampung tadi.

Oleh-Oleh Khas Lampung

4. Kopi Lampung

Oleh-oleh khas Lampung - Kopi Lampung

Oleh-oleh khas Lampung – Kopi Lampung

Kalau yang ini kesukaan Mbah kos tempat saya kos di Palembang dulu. Kebetulan si Mbah hobi ngopi, dibawain kopi Lampung senengnya minta ampun. Saya juga suka ngasih ke Mbah dan sodara-sodara yang ada di Palembang. Beli kopi Lampung bisa di Toko Yen Yen tadi. Soalnya toko Yen Yen nyediain banyak makanan khas Lampung.

5. Kaos Lampung

Yang terakhir dari saya adalah kaos Lampung. Hmhmhmm… kalau tiap daerah ada kaos khasnya masing-masing, Lampung juga punya kaos lho. Di Jogja ada Dagadu, di Bali ada Joger, Palembang ada Nyenyes, Lampung punya Waleu. Yap, namanya Kaos Waleu, ini kaos khas Lampung yang di manajemen dengan baik, bahkan pemasarannya gak tanggung-tanggung menurut saya. Selain ada outlet di markasnya yang ada di Jl. Wolter Mongonsidi, Pengajaran, Bandar Lampung, kaos Waleu juga biasa buka stand yang ada di Mal atau pameran pembangunan di Lampung. Kaosnya ngangkat tema apa aja yang ada di Lampung seperti Gajah, Keripik, Bahasa Lampung dan lain-lain.

oleh-oleh khas lampung -kaos lampung

oleh-oleh khas lampung -kaos lampung

Oleh-Oleh Khas Lampung

Oke, itu sedikit review dari saya mengenai oleh-oleh khas Lampung. Sebenarnya masih banyak yang lain, tapi cukup itu dulu yang biasanya kejangkau oleh saya kalau beli oleh-oleh untuk teman-teman yang ada di luar Lampung. Sampai jumpa di tulisan saya berikutnya. Salam.

Oleh-Oleh Khas Lampung



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.