Nasi Padang di Bungkus Isinya Lebih Banyak Daripada Makan ditempat. Tanya Kenapa?

By | November 8, 2013

nasi padangRumah makan padang, siapa sih yang tidak pernah makan di tempat makan padang? Mungkin jika di tanya pada 100 orang kesemuanya akan menjawab perah. Bukan rahasia lagi memang masakan padang sangat cocok di semua lidah orang, terutama yang paling khas adalah rendang dan masakan kuah-kuahnya selalu menggoda lidah. Sebenarnya saya sendiri adalah penggemar masakan padang hampir sepekan sekali saya menyempatkan untuk makan masakan padang baik itu di bungkus dan makan di tempatnya langsung.

Ternyata secara tidak sadar ada hal yang sangat unik terkait dengan penyajian porsi yang dilakukan oleh pemilik rumah makan padang, apakah anda sadar? Yap, sebuah pertanyaan muncul dalam benak saya mengapa ya nasi padang di bungkus dengan makan di tempat porsi nasinya berbeda, padahal bayarnya sama? Jika kita amati membeli nasi padang di bungkus porsinya lebih banyak sedangkat makan di tempat nasinya cuma segundukan kecil dan terkadang karena saya orangnya suka makan akhirnya mau tak mau harus order nasi lagi satu porsi, memang agak aneh sih.

Baiklah, kali ini anda pasti tak akan bingung lagi. Sebenarnya semua itu ada historinya, yakni pada zaman dahulu di masa penjajahan belanda kompeni sering makan di rumah makan padang dan karena rumah makan padang harus menutup biaya sewa maka mereka para pemilik rumah makan padang membebankan pada mereka yang makan di tempat dengan mengurangi porsi nasinya, sedangkan mengapa yang di bungkus lebih banyak hal itu sudah jelas yang pertama karena tidak kena beban biaya (pajak) dan memang kebanyakan mereka pembeli dengan bungkusan adalah buruh di masa itu maka pemilik rumah makan padang memberikan nasi lebih banyak. Logis bukan, tapi terkait apakah histori ini benar atau tidak saya belum menganalisis terlalu dalam mengenai sumber sejarahnya. Suka masakan padang? Jika anda ada yang penasaran coba saja.



5 thoughts on “Nasi Padang di Bungkus Isinya Lebih Banyak Daripada Makan ditempat. Tanya Kenapa?

  1. Dwi Wahyudi

    Logika saya sih sederhana saja, karena kita belinya bungkus jadi ngga usah pake piring, ngga usah duduk disitu, dan ngga nyampe menuhin meja. Coba bayangkan kalau semuanya dihitung sewa udah berapa duit tuh, makanya mereka bisa ngasih kita porsinya lebih. Hehehhee…

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.