Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

By | February 18, 2013

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan – Hampir semua orang mengenal dan menyukai minuman hangat berwarna hitam ini. Memang sih sekarang banyak sekali kopi dengan beraneka ragam rasa dan jenis. Tapi biasanya kopi yang diminati adaah kopi hitam. Biasanya kopi selalu identik dengan begadang atau mencegah ngantuk. Kopi ini biasanya diminum di pagi dan sore hari. Kalo buat para cowok sih, kopi biasanya selain diminum pada saat pagi dan sore pada saat mereka ngumpul bareng temen-temen atau ada acara pasti disiapin kopi.

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Kopi merupakan minuman berwarna hitam pekat yang memberikan cita rasa yang unik dan enak bagi yang meminumnya. Bahkan banyak orang yang menjadi kecanduan kopi karena kopi mengandung kafein. Banyak orang yang berpikiran bahwa mengonsumsi kopi itu memberikan dampak yang negatif. Memang kalo kita mengonsumsi kopi berlebih akan memberikan dampak negatif. Bukan hanya kopi, semua yang dikonsumsi berlebihan akan memberikan dampak negatif. Tapi, jangan salah jika kita mengonsumsi kopi dengan jumlah yang sedang atau biasa maka kita akan mendapat Manfaat Kopi Bagi Kesehatan kita.

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

1. Nutrisi Otak

Kafein dalam kopi mempunyai fungsi untuk menjaga fungsi otak agar tetap terjaga. Banyak orang yang sudah kecanduan kopi mengaku tidak bisa fokus dalam bekerja jika tidak minum kopi.

2. Pereda Stress

Stress dan kopi itu bersinergi. Bener banget Manfaat Kopi Bagi Kesehatan ini dapat meredakan stress. Stress dalam pekerjaan, kuliah, dan lainnya bisa diatasi dengan mengonsumsi kopi. Jangankan meminum kopinya, mencium bau kopi aja merupakan relaksasi bagi otak sehingga stress dapat reda.

3. Mengobati Diabetes

Kandungan asam klorogenat di dalam kopi dapat menghambat penyerapan gula di saluran pencernaan. Kopi dapat menurunkan diabetes hingga 50%. Asam klorogenat dalam kopi juga berfungsi untuk membentuk insulin.

4. Keindahan Kulit

Selain bisa diminum dan memberikan Manfaat bagi kesehatan, kopi yang belum diolah menjadi minuman juga sangat bermanfaat untuk keindahan kulit. Biasa para wanita menggunakan kopi untuk kecantikan dengan cara lulur dan masker. Banyak sekali salon-salon yang menawarkan therapy spa kopi.

5. Melindungi Gigi

Kopi mempunyai kemampuan atibakteri dan antilengket, sehingga dapat mencegah bakteri penyebab gigi berlubang.Minum kopi secangkir dalam sehari dapat mencegah kanker mulut. Bahan yang terdapat dalam kopi dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dan kerusakan DNA.

6. Stamina

Kafein dalam kopi dipercaya dapat meningkatkan stamina. Efek kafein adalah memacu kerja jantung sehingga dapat meningkatkan suplai darah ke otot yang menjadikan tubuh tidak cepat kehabisan tenaga.

7. Mengurangi resiko liver

Kopi juga sudah teruji mampu mencegah sirosis hati.dan beberapa penyakit hati lainnya. Hal ini terjadi kerena kandungan antioksidan dan kafein di dalam tiap biji kopi.

8. Pencegah Kanker

Kandungan berbagai senyawa fitokimia dalam serbuk kopi banyak yang bersifat antioksidan dan bisa melawan senyawa radikal bebas penyebab kanker.

Cukup banyak kan Manfaat Kopi Bagi Kesehatan kita. Jadi jangan ragu untuk mengonsumsi kopi setiap hari nya dengan jumlah yang normal. 🙂

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan



3 thoughts on “Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

  1. hendra

    keluhan minum kopi spt jantung berdebar,pusing, mual, kembung, buang air kecil tercium aroma kopi. Tips ini dapat membantu anda menghindari keluhan tersebut: 1.aroma kopi jangan menusuk tajam ke hidung. 2. bagi perok*k dapat merasakan bila rok*k dihisap asapnya menjadi lembut. 3.bila kopi diminum badan terasa rilex / enteng. Contoh : bila mencium aroma bunga asli wanginya tidak menusuk tajam ke hidung (bersifat alami). Salam : Hendra

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.