Lampung Membaca Bersama YOA!

By | January 29, 2014

Lampung Membaca Bersama YOA! – Buku adalah jendela ilmu memang sudah terbukti sejak dulu. Dari membaca kita dapat mendapatkan banyak informasi dalam hal apapun, baik ilmu pengetahuan alam, sosial, politik, dan pengetahuan lainnya. Tapi, saat ini kebiasaan membaca sudah mulai menurun. Saat ini anak-anak kecil hingga dewasa sudah terkontaminasi dengan sinetron-sinetron yang saya rasa kurang mendidik mereka. Bisa kita rasakan sendiri kan, sinetron- sinetron yang menjadi tontonan anak-anak bukan lagi kartun, tontonan edukasi, dan tonotnan yang baik lainnya. Anak kecil saat ini berubah menjadi orang dewasa bukan diumur yang tepat. Seharusnya anak-anak kecil masih bermain dengan permainan anak-anak, membaca cerita dongeng, membaca majalah anak-anak.

Seperti yang kita tau, diri kita sendiri dan anak-anak yang masih kecil merupakan calon-calon penerus kehidupan bangsa untuk menjadi lebih baik lagi. Oleh karena itu, kita harus berusaha mencoba bangkit memberikan perubahan walaupun itu sedikit dengan cara mendirikan selter buku seperti yang dilakukan oleh Pemuda Lampung yang tergabung dalam Youth In Action (YOA). Cara ini setidaknya memberikan harapan untuk memulai kebiasaan membaca bagi kita orang dewasa dan adik-adik kita. Sebagai orang dewasa, kita harus memberikan contoh agar adik-adik kita juga ikut terbiasa membaca buku bacaan yang bermanfaat untuk menambah pengetahuan mereka.

Lampung Membaca Bersama YOA!

YOA sendiri merupakan wadah tempat berkumpulnya pemuda-pemuda Lampung yang ingin menjadikan Lampung menjadi lebih baik lagi. YOA membuat selter buku yang dimana orang-orang dapat menyumbangkan buku yang bermanfaat secara sukarela. Kalo kalian lagi pada jalan-jalan disekitaran Jalan Kartini Tanjung Karang Pusat, kalian akan melihat sebuah kotak yang menarik didepan LBPP LIA. Cukup strategis dengan meletakkan selter tersebut dipusat kota, karena bisa menarik perhatian orang dan membuat mereka ingin memberikan buku yang bermanfaat.

Menurut sumber dari radarlampung.com, selter YOA ini mulai dilaunching pada tanggal 10 Januari 2014. Kegiatan ini bukan hanya dari YOA sendiri, melainkan dibantu oleh komunitas-komunitas dari sekolah dan lainnya yang mempunyai visi misi yang sama. Selain itu juga, buku-buku yang didapatkan langsung disalurkan ke Panti Asuhan Miftahul Ulum, Panti Asuhan Kemala Puji, Rumah Baca Asma Nadia, Liburan Sosial Lampung Tengah, dan Rumah Baca Pulau Tegal.

Lampung Membaca Bersama YOA!

Menarik banget ya kegiatan seperti ini, lebih baik lagi kalo semakin ditambahnya taman baca, perpustakaan gratis untuk semua orang. Dengan adanya satu tempat yang menjadi basecamp para penggemar buku, bisa menjadi ajang berkumpulnya orang-orang yang gemar membaca buku dan bisa membantu adik-adik yang masih dalam tahap mencoba gemar membaca menjadi gemar membaca. Buku-buku yang disediakan terdiri dari buku pengetahuan dan buku-buku bacaan non fiksi lainnya. Selain itu juga, ada kegiatan review dari buku yang mereka baca. Jadi, bukan hanya gemar membaca tapi melatih mereka untuk berbicara dan berpendapat dari sudut pandang mereka sendiri.

Semoga kegiatan seperti ini tetap berlanjut dan banyak mendapatkan dukungan dari pihak-pihak lain. Selain itu juga selter yang ada ditambah dan lebih disosialisasikan.

Lampung Membaca Bersama YOA!

 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.