Jenis dan Model Pengembangan Kurikulum

Jenis dan Model Pengembangan Kurikulum – Salam hangat sobat blogger semua, kali ini saya akan membahas seputar dunia pendidikan tentang Jenis-Jenis dan Model-Model Pengembangan Kurikulum. Tulisan ini adalah oleh-oleh ketika saya sempat mengisi Mata Kuliah Desain Kurikulum di Malahayati. Tulisan ini berupa ringkasan atau summary saja, jika ingin lebih dalam pembahasannya bisa beri komentar di tulisan ini. Selamat membaca.

Dalam kurikulum nasional, semua program belajar sudah baku dan siap untuk digunakan oleh pendidik. Kurikulum yang demikian sering bersifat resmi dan dikenal dengan nama ideal curriculum, kurikulum yang masih berbentuk cita-cita. Kurikulum yang masih berbentuk cita-cita ini masih perlu dikembangkan menjadi kurikulum yang berbentuk pelaksanaan, actual curriculum, yaitu kurikulum yang dilaksanakan oleh pendidik dalam proses belajar mengajar.

A. Jenis-Jenis Kurikulum

Dalam menyusun kurikulum, sangatlah tergantung pada asas organisators, yaitu bentuk penyajian bahan pelajaran otau organisasi kurikulum. Berikut ini adalah 3 pola organisasi atau jenis-jenis kurikulum.

1. Separated Curriculum

Kurikulum ini dipahami sebagai kurikulum mata pelajaran yang terpisah satu sama lainnya. Kurikulum mata pelajaran terpisah berarti kurikulumnya dalam bentuk mata pelajaran yang terpisah-pisah, yang kurang mempunyai keterkaitan dengan mata pelajaran lainnya.

2. Correlated Curriculum

Kurikulum jenis ini mengandung makna bahwa sejumlah mata pelajaran dihubungkan antara yang satu dan yang lain sehingga ruang lingkup bahan yang tercakup semakin luas. Sebagai contoh, pada mata pelajaran fiqih dapat dihubungkan dengan mata pelajaran Al Quran dan Hadis.

3. Broad Fields Curriculum

Kurikulum Board Field kadang-kadang disebut kurikulum fusi. Taylor dan Alexander menyebutkan dengan sebutan The Board Field of Subject Matter. Board Fields menghapuskan batas-batas dan menyatukan pelajaran yang berhubungan dengan erat. Sebagai contoh, sejarah, geografi, ilum ekonomi dan ilmu politik menjadi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

4. Integrated Curriculum

Kurikulm terpadu merupakan suatu produk dari usaha pengintegrasian bahan pelajaran dari berbagai macam pelajaran. Integrasi diciptakan dengan memusatkan pelajaran pada masalah tertentu yang memerlukan solusinya dengan materi atau bahan dari berbagai disiplin ata mata pelajaran.

B. Model Pengembangan Kurikulum

  • Ralph Tyler
  • Hilda Taba
  • D.K Wheeler
  • Audrey dan Howard Nicholls
  • Deckler Walker
  • Malcolm Skillbeck
  • Kurikulum Terpadu (Integrated Curriculum)

Sekian dulu tulisan saya mengenai Jenis dan Model Pengembangan Kurikulum. Apabila ada pertanyaan bisa kirim komentar di tulisan ini.

Sumber:

Judul Buku: Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik

Pengarang: Prof. Dr. H. Abdullah Idi, M.Ed.

Penerbit: Ar-Ruzz Media Jogjakarta

Tahun: 2011



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


6 + 6 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>