Grand New Veloz, Mobil Untuk Keluarga Stylish

By | October 19, 2015

Hallo sobat blogger di seluruh Indonesia, apa kabar semuanya? Mudah-mudahan dalam keadaan sehat dan semangat menjalankan aktivitas. Kali ini saya akan berbagi tulisan berjudul Grand New Veloz, Mobil untuk Keluarga Stylish. Ceritanya saya dan istri ingin mewujudkan impian membeli mobil untuk keluarga stylish yang multifungsi. Kategori MPV (Multi-purpose Vehicle) menjadi pilihan kami karena bisa dijadikan kendaraan pribadi sekaligus kendaraan bisnis. Jadilah saya kesana kemari mencari informasi di dunia maya maupun nyata. Dari hasil googling dan kunjungan ke dealer-dealer resmi di Lampung, saya mendapatkan banyak referensi. Mulai dari informasi harga, performa, desain eksterior dan interior, serta keselamatan dan kenyamanan pengguna.

Hasil dari dealer mobil

Brosur berbagai merk mobil

Tentunya 4 faktor tersebut menjadi pertimbangan saya sebelum membeli mobil untuk keluarga stylish. Dari hasil komparasi yang saya lakukan, pilihan saya jatuh kepada Toyota Grand New Veloz. Mengapa? Mari kita bahas satu persatu alasannya.

1. Harga Jual

harga grand new veloz 2015Harga jual merupakan bahan pertimbangan pertama mengapa memilih Grand New Veloz. Dari brosur berbagai merk dan tipe mobil yang saya dapatkan, harga Grand New Veloz berada diangka rata-rata. Namun, kalau dilihat dari banyaknya keunggulan, Grand New Veloz terbilang murah untuk mobil kategori MPV kualitas prima. Harga Grand New Veloz area Jakarta mulai dari :

daftar-hargaUntuk area Lampung, perbedaan harga OTR mencapai 6-7 jutaan. Sedangkan area lainnya, sobat bisa mengunjungi dealer resmi Toyota yang ada di kota sobat masing-masing. Untuk memastikan apakah harga Grand New Veloz benar-benar kompetitif, sobat bisa cek secara langsung dan bandingkan. Grand New Veloz berada diangka rata-rata namun memiliki banyak sekali keunggulan yang akan saya jelaskan pada bagian berikutnya.

2. Performa Kendaraan

performaToyota dikenal memiliki performa mesin yang handal dan tahan lama. Terbukti, mobil-mobil merk Toyota keluaran lama seperti Starlet, varian Kijang (kotak, grand, kapsul), dan lain-lain sampai saat ini masih berseliweran di jalanan kota-kota besar Indonesia. Tidak terkecuali Grand New Veloz yang menggunakan teknologi mesin terbaru Toyota, DUAL VVT-i yang lebih irit bahan bakar. Disini saya akan memberikan informasi spesifikasi Grand New Veloz tipe 1.5 M/T yang merupakan varian tertinggi versi transmisi manual.

Spesifikasi mesin Grand New Veloz 1.5 M/T

Mesin Grand New Veloz 1.5 M/T

Grand New Veloz 1.5 M/T menggunakan mesin IL, 4 silinder, 16 V, DOHC, Dual VVT-i terbaru yang irit bahan bakar dan terbukti ketangguhannya. Kapasitas silinder mesin EFI ini 1,496 cc. Tenaga puncaknya mencapai 104 Ps pada 6.000 rpm dan torsi maksimumnya berada di 13,9 Nm pada 4,200 rpm. Bahan bakar yang digunakan adalah bensin dengan kapasitas tangki 45 liter. Dengan spesifikasi mesin tersebut, Grand New Veloz dapat dipastikan mampu memberikan pengalaman berkendara dengan performa terbaik di kelasnya.

Sasis Grand New Veloz 1.5 M/T

Sasis Grand New Veloz 1.5 M/T

Grand New Veloz 1.5 M/T memiliki transmisi manual dengan 5 kecepatan. Suspensi depan menggunakan Macpherson Strut dengan coil spring, sedangkan suspensi belakang menggunakan 4 Link Lateral Rod yang juga menggunakan coil spring. Coil spring atau pegas ulir berguna untuk menerima getaran roda yang dihasilkan dari kondisi jalan yang tidak rata agar getaran tersebut tidak sampai ke bodi atau rangka kendaraan. Untuk sistem pengereman, rem depan menggunakan Disc dan belakang menggunakan tipe Drum. Terdapat tambahan sistem pengereman menggunakan teknologi ABS (Anti-lock Braking System) yang bertujuan untuk menghindari terkuncinya roda ketika melakukan pengereman mendadak yang dapat membahayakan pengendara. Tentunya faktor keselamatan menjadi prioritas utama Toyota.

Dimensi Grand New Veloz 1.5 M/T

Dimensi Grand New Veloz 1.5 M/T

Dengan panjang 4,2 meter, lebar 1,66 meter, dan tinggi 1,695 meter, Grand New Veloz 1.5 M/T terlihat sangat proporsional. Jarak ground clearance 0,2 meter membuat Grand New Veloz lebih tangguh dibandingkan kompetitor MPV lain yang lebih pendek dan sulit melaju pada kondisi jalanan Indonesia yang relatif berlubang dan tidak rata, bahkan rawan banjir.

3. Desain Eksterior dan Interior

Untuk poin ketiga ini menjadi poin andalan istri yang ‘doyan’ dengan barang-barang berkelas. Desain eksterior dan interior Grand New Veloz mengalami perubahan total dibandingkan pendahulunya. Grand New Veloz benar-benar mobil untuk keluarga stylish. Berikut penampilan eksterior dan interior Grand New Veloz 1.5 M/T.

eksterior1eksterior2eksterior3eksterior4eksterior5eksterior6

Eksterior Grand New Veloz 1.5 M/T tampil lebih sporty dan berkarakter. Desain front grille baru yang jauh berbeda dengan Avanza Veloz lama mampu memberikan kesan elegan. Ditambah desain projector headlamp dan fog lamp baru semakin menambahh kesan sporty. Jika disejajarkan dengan mobil-mobil merk lain dikelasnya, penampilan Grand New Veloz boleh diadu. Untuk buritan juga mengalami perubah yang cukup signifikan. Dengan adanya desain rear lamp baru yang mirip dengan mobil mewah Toyota Alphard dan ditambah rear license garnish semakin menegaskan kesan elegan. Dari segi eksterior, Toyota benar-benar merubah penampilan Veloz yang terkesan ‘monoton’ menjadi sporty dan stylish.

interior1Spacious Cabininterior3interior4

Dari segi interior, kita tidak lagi melihat kesan ‘monoton’ yang hadir pada versi Avanza Veloz lama. Desain dashboard yang baru benar-benar mengalami perubahan signifikan dengan tampilan yang lebih elegan dan stylish. Ditambah desain kabin baru yang luas dan tersedianya Sistem Audio 6,1″ Touchscreen CD, DVD, AM/FM, USB, AUX, Bluetooth & iPod ready menunjukkan bahwa Grand New Veloz mampu mengikuti perkembangan zaman dengan menghadirkan fitur-fitur modern.

4. Keselamatan dan Kenyamanan

Faktor keselamatan dan kenyamanan Grand New Veloz sangat diutamakan.

keamanan1keamanankeamanan2keamanan3 keamanan4keamanan5 keamanan6keamanan7Dilengkapi air bag dan seatbelt pretensioner & force limiter, mampu mencegah cidera fatal ketika terjadi benturan keras. Penggunaan 3 seatbelt, meningkatkan keselamatan seluruh penumpang bagian tengah. Side impact beam melindungi pengendara dan penumpang dari benturan samping. Teknologi ABS mengontrol kendaraan ketika melakukan pengereman mendadak. Untuk keluarga yang memiliki balita, Grand New Avanza menyediakan fitur Isofix, yaitu slot pemasangan child seat yang berstandar internasional. Last but not least, penggunaan kunci Immobilizer yang biasa digunakan pada mobil kelas atas hadir di Grand New Veloz. Immobilizer key memiliki keamanan ganda dimana pada bagian kepala kunci terdapat transmitter yang dapat mengirimkan sinyal ke ECU (Electronic Control Unit). Jika sinyal tidak dikenali, maka ECU tidak dapat mengirimkan arus sehingga mesin tidak dapat dinyalakan.

nyaman1 nyaman2nyaman3

Faktor kenyamanan juga menjadi poin penting memilih Grand New Veloz. Desain kabin yang luas dengan kursi yang nyaman akan pengguna rasakan ketika menaiki mobil MPV andalan Toyota ini. Suara bising dari luar kendaraan nyaris tak terdengar karena tingkat kesenyapan dalam kabin sangat tinggi. Suspensi bagian depan dan belakang yang menggunakan per koil mampu meningkatkan stabilitas dan kenyamanan saat berada di jalanan yang tidak rata.

Kesimpulan

Dari hasil pengamatan dan perbandingan yang saya lakukan, dapat disimpulkan bahwa Toyota Grand New Veloz merupakan mobil untuk keluarga stylish yang mampu menjawab semua kebutuhan. Kesimpulan itu dapat tersaji dalam infografis di bawah ini.
infografis

Demikian tulisan Grand New Veloz, Mobil Untuk Keluarga Stylish, semoga bermanfaat. Salam.



4 thoughts on “Grand New Veloz, Mobil Untuk Keluarga Stylish

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.