Fungsi Shift Lock pada Mobil Matic

By | December 8, 2012

Salam hangat sahabat semua. Kali ini saya akan membahas tentang fungsi shift lock pada mobil matic. Teman-teman semua mungkin sudah pada tahu apa fungsinya, tapi saya hanya ingin membagi pengalaman pribadi saya saja. Kebetulan orang tua baru membeli kendaraan roda empat yang otomatis atau lebih dikenal matic.

Sirion Deluxe 2012

Sirion Deluxe 2012

Agak bingung karena biasa menggunakan mobil manual. Ada tulisan “P”, “R”, “N”, “D4”, “3”, “2” pada transmisi mobil ini. Fungsi yang saya ketahui, “P” digunakan untuk Parkir, “R” digunakan untuk Mundur, “N” digunakan untuk Netral, “D4” digunakan untuk Jalan Lurus ke depan, “3” digunakan untuk Tanjakan Ringan (Jika D4 tidak tertanjak), “4” digunakan untuk Tanjakan TInggi (Jika 3 tidak tertanjak). Kemudian dibagian samping transmisi ada tombol shift lock, rada bingung apa fungsi shift lock? Ternyata, tombol ini berguna untuk menetralkan posisi mobil. Ini berguna saat kita tidak mendapatkan lahan parkir dan harus parkir paralel. Otomatis kita harus menetralkan transmisi mobil kita.

Kunci mobil matic tidak akan bisa dilepas sebelum berada pada posisi “P”, ketika diposisi “P” tidak dapat dipindahkan ke posisi lain seperti “R” atau “N”. Disinilah fungsi shift lock pada mocil matic, dengan menekan tombol shift lock maka posisi tuas dapat dipindah ke “N” yang menetralkan posisi mobil.

Sekian tulisan saya mengenai fungsi shift lock pada mobil matic. Mudah-mudahan dapat bermanfaat. Terimakasih.



One thought on “Fungsi Shift Lock pada Mobil Matic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.