Format Perjanjian Calon Dosen dan Dikti BPP DN 2013

By | April 3, 2013

Format Perjanjian Calon Dosen dan Dikti BPP DN 2013 – Salam hangat sobat blogger sekalian, kali ini saya akan berbagi informasi mengenai format perjanjian calon dosen dan dikti bpp dn 2013. Sebenarnya format ini sudah diberikan di buku panduan bpp dn 2013, namun bagi sobat yang enggan atau malas untuk menulis ulang di word karena sangking sibuknya, saya memberikan file yang saya dapatkan dari panduan-bu.blogspot.com dengan sedikit perubahan.

Kurang lebih formatnya sebagai berikut (contoh perjanjian penerima beasiswa dengan dikti bpp dn).


KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI

Jalan Jenderal Sudirman Pintu Satu, Senayan, Jakarta 10270

Telp. (021) 57946053 Fax. (021) 57946052

laman: www.dikti.go.id

PERJANJIAN

antara

Calon Dosen Penerima Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPP-DN) Ditjen Dikti

dengan

Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi

 

Pada hari ini, Senin, tanggal satu, bulan April, tahun dua ribu tiga belas, yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama Lengkap : Fulan bin Fulan
Identitas diri (KTP) : 0123456789000001
Alamat : Jl. Pertama Gg. Kedua No. Sekian Kota Pontianak, Kalimantan Barat – Kode Pos 78000

selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA

 

Nama Lengkap : Supriadi Rustad
Jabatan : Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Alamat : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kompleks Kemdikbud Gedung D, Jakarta

selanjutnya disebut PIHAK KEDUA

 

Pihak Pertama dan Pihak Kedua sepakat mengadakan perjanjian sebagai berikut:

  1. Pihak Kedua memberi dana Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri untuk calon dosen DIKTI, sesuai ketentuan yang berlaku, kepada Pihak Pertama untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan pascasarjana Program Magister/DoktorΒ  pada:
    Program Studi : Nama Program Studi Pilihan Kamu
    Perguruan Tinggi : Nama Perguruan Tinggi Pilihan Kamu
  2. Pihak Pertama bersedia untuk ditempatkan di salah satu Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia segera setelah menyelesaikan program S2/S3 sekurang-kurangnya satu/dua kali masa studi normal ditambah satu tahun.
  3. Pihak Pertama bersedia mengembalikan dua kali biaya yang diterimanya selama masa studi ke Kantor Kas Negara Wilayah setempat sesuai dengan ketentuan yang berlaku apabila Pihak Pertama:
    (a) Tidak memenuhi ketentuan yang tercantum dalam Buku Panduan Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri, termasuk tidak memenuhi kesepakatan pada butir 2,
    (b) Melakukan pelanggaran disiplin tingkat sedang dan berat,
    (c) Terlibat tindak pidana, atau
    (d) Terlibat penyalahgunaan nark*tika, *bat terlarang, dan zat ad*ktif.

Perjanjian ini dibuat secara sadar dan tanpa paksaan oleh kedua belah pihak atas kesepakatan bersama, ditandatangani di atas materai sesuai ketentuan yang berlaku.

Kota Kamu, 1 April 2013

Tanda Tangan Pihak Pertama dan Kedua (Bermaterai).


Kurang lebih contohnya seperti yang tertera di atas, namun tidak ada logo dan tanda tangan, untuk lebih lengkapnya, silahkan unduh melalui link di bawah ini:

Format Perjanjian Calon Dosen dan Dikti BPP DN 2013 (.doc)

Demikian tulisan mengenai Format Perjanjian Calon Dosen dan Dikti BPP DN 2013, semoga bermanfaat bagi yang malas menulis ulang. hehehe πŸ™‚



50 thoughts on “Format Perjanjian Calon Dosen dan Dikti BPP DN 2013

  1. Niza A. Elangit

    Mas maaf mau tanya untuk tanda tangan pihak keduanya berarti kita kosongi ya? Terus kalau untuk surat perjanjian dengan rektor PPS Penyelenggara apa kolom tanda tangannya Rektor kita kosongi juga? Terima Kasih banyak πŸ™‚

    Reply
  2. Iqbal Parabi Post author

    Mas daftar sebagai apa? Calon Dosen, Dosen atau Tendik?

    Reply
  3. tari

    kalo tendik itu beasiswa yang gimana ya mas? saya berminat untuk mendaftar beasiswa di dikti, tapi saya bukan dosen, bukan PNS. saya mahasiswa biasa yang baru tamat. apakah bisa mas? trims

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Tendik bagi tenaga pendidik yang sudah PNS. Saya sarankan untuk ikut Calon Dosen, tidak harus PNS, Dosen atau yang lain. Tp konsekuensinya harus mengabdi selama 3 tahun setelah lulus di PT yg ditunjuk Dikti.

      Reply
      1. tari

        trmksh mas atas jawaban dan sarannya.. nanya satu lagi mas,, apakah di semua universitas ada beasiswa diki ini? seperti IAIN/UIN gitu ada juga atau tidak?

        Reply
        1. Iqbal Parabi Post author

          Di panduan tertulis jelas lampiran PTN maupun PTS yang menjadi tujuan Beasiswa ini. Diluar dari lampiran itu, maka BPPDN tidak berlaku.

          Reply
  4. Agung Robianto

    Mas saya daftar sebagai calon dosen, untuk tanda tangan pihak keduanya bgaimana? apakah kita kosongkan? dan surat perjanjiannya itu kapan diserahkan? apakah pada saat mendaftar PPS di universitas? makasih ya mas πŸ™‚

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Iya, itu dikosonngkan dan diberikan ke PPs tujuan mas ketika mendaftar.

      Reply
  5. Asbar

    Terimah kasih share nya mas.. sya sudh baca buku panduannya mas tapi malah tambh pusing nhii,, hehe sya aply calon dosen mas.. tapi tlong berkas2x apa sja,,?? butuh kah juga surat SK Yayasan y??

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Calon dosen tidak perlu SK yayasan mas. Calon dosen melampirkan: 1.Fotokopi Ijazah dan Transkrip 2. Surat Perjanjian dengan Dikti (Lampiran 1) 3. Bukti daftar online BPP DN.

      Reply
  6. dedi mardiansyah

    mas, saya sudah daftar dan dinyatakan sudah terdaftar. tetapi yang masalah, kenapa ketika saya klik admin lalu saya masukkan username dan pasword yang sesuai dengan balasan ke emali saya, tetapi tidak bisa. malah yang muncul username/password anda tidak cocok. mohon penjelasannya..

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Admin bukan untuk kita (pendaftar) mas. Kita hanya bagian daftar beasiswa, cek registrasi dan ubah data. Admin itu untuk dikti dan PPs penyelenggara.

      Reply
  7. rosita

    mas mau tanya, nanti setelah lulus s2 katanya harus mengabdi jadi dosen, itu dapat gaji tidak ya?

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Hmhmhm.. ini saya kurang tahu mas, tetapi menurut saya dapat mas. Kan kita masuk sebagai dosen honorer.

      Reply
  8. Fitri merdianingsih

    mas iqbal saya mau nanya, bagaimana pertama kali kalau ingin mendaftar beasiswa S2?? dan bagaimana agar mendapat jurusan yang sama dengan jurusan S1 nya??? karena dulu S1 saya jurusan pend. matematika. dan S2 nya pun saya ingin pend. matematika, terimakasih??

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Silahkan daftar di laman http://www.beasiswa.dikti.go.id/dn. Untuk pendidikan saya sarankan ke UNJ mbak Fitri. Terimakasih.

      Reply
  9. Lisa

    mas, pas saya mau ubah data kok ga bisa ya mas? tulisannya kok pasword dan user tidak ada di sistem ya mas? foto yang saya unggah juga ga ada.. gimana ya mas penjelasannya?

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Silahkan periksa ulang no registrasi dan password yang ada di email. Pastikan ketika login di menu ‘Ubah Data’, jangan sampai menu admin.

      Reply
  10. rizalina

    kalau sudah punya institusi yang akan menerima menjadi calon dosen tapi baru saja lulus gmn mas? kita daftar sebagai calon dosen atau dosen? kalau calon dosen apa harus mau di tempatkan di seluruh indonesia?

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Daftarnya sebagai dosen. Namun kalau seperti ini, mbak mesti persiapkan nidn atau no kepegawaian beserta persyaratan lainnya yg tertera di panduan. Kalau calon dosen mesti siap ditempatkan dimana saja (Indonesia).

      Reply
  11. lisa

    mas kalo untuk no tlpon instansi gimana?? soalnya saya belum bekerja. waktu mendaftar di BPP DN no telpon instansi harus di isi. mohon pencerahannya

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      isi dengan angka 0 saja. kalau tidak bisa isi dengan angka 0 sebanyak 12. 00000000000

      Reply
    2. Iqbal Parabi Post author

      isikan dengan angka 0. kalau tidak bisa, 0 sebanyak 12 kali. Terimakasih.

      Reply
  12. Eka Sari

    Mas, aku mau tanya. kalau sudah daftar pendftaran online di laman dikti, jurusannya tidak dapat dirubah ya mas? masalahnya saya kemarin salah mendaftar jurusan, makanya saya mengganti jurusan, namun perguruan tingginya tetap m

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Nampaknya tidak bisa diubah. Sama seperti teman2 lain, belum ada solusi untuk rubah ptn/jurusan.

      Reply
  13. Eka Sari

    Mas untuk calon dosen, jika tidak ada NIDN/NIK bagaimana? Terus kalau mengabdinya emang harus ditentukan dikti ya? Kalau mengabdi di perguruan tinggi kita waktu S1 bagaimana?

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Dikosongkan saja dengan mengisi tanda minus (-). Dalam panduan tidak ada penjelasan bisa kembali ke univ asal. Perjanjian pun isinya bersedia ditempatkan dimana saja. Jadi saya rasa harus siap dimana saja. Terimakasih.

      Reply
  14. lea

    maaf mas, saya mau tnya. sy daftar dikti kmrn, pas mau unduh berkas n foto, koneksi internetnya mati. skrg sy mau daftar lg, ngulang dr awal, tp pas mau lanjut stlh mengisi data diri, ga bisa mas. ada kata begini: “Anda tidak diperkenankan mendaftar lebih dari satu, silakan cek email Anda untuk melihat No Registrasi/User dan Password ” sy cek di email saya tp ga da email yg masuk mas dr diktinya.. aduh gmn ne ya..

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Wah mbak Lia, untuk masalah ini solusinya belum ditemukan lho mbak. Banyak juga yg gak dapet email dan pas mau daftar gak bisa. Sy sendiri juga belum tau mbak solusinya apa. Mohon maaf tidak bisa membantu.

      Reply
  15. Ben

    Mas iqbal mau tanya dong. Hasil tes TOEFL ITP dr ETS.ORG saya baru bisa dikeluarkan sekitar tanggal 21-23 mei tapi penutupan S2 nya tanggal 23 mei. sedangkan reg online hrs ada hasil TOEFL. tapi sebenarnya saya daftar lg, yg ELPT ITB tanggal 17 mei ini. itupun sama keluarnya sektar tanggal 23mei. Solusinya bagaimana ya mas? tq

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Mas mau Daftar ITB? Klo mau daftar itb bisa mas, dilampirkan dulu bukti pendaftaran yg di elpt tgl 17 mei. Daftar online yg di ITB nya lewatin dulu bagian nilai toefl/elptnya.

      Reply
  16. nita handayani

    mas, yang di upload itu perjanjian yang lampiran 1 ya atau rekomendasi rektor?

    Reply
  17. Mimi

    Mas,berarti semuanya data tentang perjanjian nama dll diketik saja tidak apa y? maksud saya,apa harus tulis tangan? kecuali mungkin u/ tanda tangan.. terimakasih sebelumnya..

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Tidak apa2 mas, ketik saja. Tanda tangan baru menggunakan pena.

      Reply
  18. Kas

    mas iqbal. maaf sy mw tnya,, knpa setiap sy mau daftar pilihan PT yg d tuju daerah Sumbar gak ada, pdahal dlm panduan ada,?

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Daftar sebagai apa mas? Klo calon dosen hanya ada beberapa universitas.

      Reply
  19. annisaa

    mas iqbal, saya sudah kerja di PTS dan sudah daftar sbg calon dosen. kira2 lebih baik tetap daftar sebagai calon dosen atau merubah daftar sbg dosen?namun saya belum punya NIDN. mohon masukannya, terimakasih

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Ada nomor induk karyawan (NIK) gk mbak? terus PTS nya mendukung mbak untuk kuliah tidak? Dengan kata lain jika ingin minta surat pengantar kopertis mau membantu tidak? Kalau itu semua ada/bisa, lebih baik mendaftar sebagai “Dosen”. Namun kalau tidak lebih baik mendaftar sebagai “Calon Dosen” dan bersedia ditempatkan dimana saja.

      Reply
      1. annisaa

        NIK ada, insyaAlloh mendukung sedang akan diproses. Heem..begitu apa masih bisa diubah pendaftarannya menjadi “dosen”? kalau saya mendaftar sebagai “dosen” bagaimana dengan NIDN? terimakasih atas tanggapannya

        Reply
  20. mia

    mas, saya mau nanya, saya kmrin mendftr di situs online dikti dengan status calon dosen. tetapi trnyata saya salah dan saya ubah menjadi tendik. saat cek registrasi dan di cetak ditulis NIDN (Calon Dosen). sudah saya ubah berkali” dan bahkan saya bisa login dengan status tendik tetapi cetakan registrasinya tidak berubah. sehingga saya bingung saat ingin mengirim berkas k PPs penyelenggara, karena persyaratan yg dikirim untuk calon dosen dan tendik berbeda. saya harus gimana ya? sudah mnghubungin dikti tp ga pernah diangkat, email ga dibls. saya tkut pihak PPs penyelenggara menyatakan ketidaksesuaian krna melampirkan SK tendik tetapi pd formulir online dikti ditulis calon dosen. mohon masukannya ya mas, terima kasih

    Reply
  21. femi

    mz mw tanya, kalo baru lulus n belum kerja, bisa daftar g ya mz? masuknya calon dosen ya? surat yang dari penugasan pt/kopertis itu gmn ya mz?

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Bisa, calon dosen. Penugasan kopertis/pt tidak perlu dibuat, hanya melampirkan perjanjian mengabdi (lampiran 1).

      Reply
  22. januardi

    assalamualaikum mas,berhubung saya baru selesai kuliah dan penndaftaran BPPDN udh tutup,insyaAllah thn dpn ikut dftr,,mau tanya: klo daftar BPPDN nya itu dftr online ke DIKTI~PPS yg dituju atau dftr ke PPS trus ke DIKTI?

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Walaikumslam. onlinenya di dikti. kalau yg pps biasanya hanya ngisi sumber dana saja dari mana.

      Reply
      1. januardi

        berarti kita harus daftar online ke dikti dahulu terus daftar lagi ke universitas yang dituju mas??

        Reply
  23. yasmin

    assalamu’alaikum maaf mau bertanya, untuk batas umur maksimal 26 tahun terhitung lewat bulan lahir atau sebelumnya, masalahnya saya lahir bulan maret sudah terhitung 26 tahun, sedangkan pendaftarannya buka bulan agustus, itu gimana ya?

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      walaikumslam. mbak coba daftar onlinenya saja, kalau tidak bisa diteruskan ke langkah selanjutnya berarti tidak bisa.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.