Dera, Bayi Meninggal Setelah Ditolak Oleh Rumah Sakit

By | February 19, 2013

Dera, Bayi Meninggal Setelah Ditolak Oleh Rumah Sakit РBayi malang satu ini bernama Dera Nur Anggraini. Bayi ini berumur 6 (enam) hari. Dera meninggal dikarenakan sakit pada saluran pencernaannya. Dera, Bayi Meninggal Setelah Ditolak Oleh Rumah Sakit ini lahir pada tanggal 10 Februari 2013. Bayi ini merupakan anak dari pasangan Eliyas Setia Nugroho dan Lisa Dera Wati. Dera ini meninggal selain karena sakit yang dideritanya, dia juga meninggal dikarenakan ditolak oleh rumah sakit. Bukan hanya 1 rumah sakit tetapi 10 rumah sakit.

Dera, Bayi Meninggal Setelah Ditolak Oleh Rumah Sakit

Dera, Bayi Meninggal Setelah Ditolak Oleh Rumah Sakit

Dera dilahirkan dalam kondisi kembar. Kembarannya bernama Dara Nur Anggraini. Proses kelahiran anak kembar ini melalui operasi ceasar di Rumah Sakit Zahira. Pada saat operasi ceasar ini umur kehamilan baru memasuki bulan ke-tujuh. Dera lahir dengan berat badan 1kilogram. Pasca kelahiran, Dera teridentifikasi ada gangguan pada pencernaannya, karena bagian kerongkongannya belum sempurna. Sehingga mengharuskan Dera  untuk operasi secepatnya. Namun, dikarenakan keterbatasan alat di Rumah Sakit Zahira sehingga mengharuskan Dera dibawa kerumah sakit lain yang mempunyai alat yang lengkap untuk operasi Dera.

Dera, Bayi Meninggal Setelah Ditolak Oleh Rumah Sakit

Orangtua Dera, Eliyas Setia Nugroho berusaha mencari rumah sakit yang mampu membantu operasi Dera. Orangtua Dera mendatangi rumah sakit hingga 10 rumah sakit yang ia datangi. Namun hasilnya nihil. 10 rumah sakit itu menolak dengan berbagai macam alasan. Ada yang beralasan karena ruangan rumah sakit penuh, rumah sakit tidak mempunyai alat yang dibutuhkan, dan yang paling ironis Orangtua Dera hanya seorang pedagang kaos kaki dimintai uang muka oleh rumah sakit. Akhirnya, pada tanggal 16 Februari 2013 Dera menghembuskan nafas terakhirnya. Dera meninggal di Rumah Sakit Zahira pada pukul 18.00 WIB.

Ketua Komnas Perlindungan Anak Aris Merdeka Sirait yang mendatangi kediaman keluarga korban menyatakan, pihaknya akan merekomendasikan ke Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk mencopot seluruh pimpinan rumah sakit yang telah menolak Dera, karena dinilai telah melakukan pelanggaran Undang Undang Kesehatan dan Perlindungan Anak.

Ironis memang, disaat semua pejabat berlomba-lomba menyerukan kesehatan dan kesejahteraan untuk rakyat Indonesia terutama rakyat yang kurang mampu. Kenyataannya masih ada kejadian rakyat kecil ditolak oleh rumah sakit.

Dera, Bayi Meninggal Setelah Ditolak Oleh Rumah Sakit



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.