Curug Cimahi, Salah Satu Curug Tertinggi di Jawa Barat

By | January 29, 2014

Curug Cimahi merupakan salah satu tempat wisata alam yang menarik di daerah kabupaten Bandung Barat, tepatnya di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Propinsi Jawa Barat. Jarak tempuh dari kota Bandung sekitar 2 jam. Curug ini memiliki ketinggian 87 meter. Curug atau air terjun Cimahi ini bisa dijadikan tempat rekreasi keluarga yang tepat. Berbekal dengan rasa ingin tahu yang kuat, saya bersama teman-teman berangkat dari daerah Dago (Jalan Bangbayang) menuju curug cimahi yang terkenal dengan ketinggiannya.

Meskipun dalam perjalanan kami diserbu dengan hujan yang cukup deras, tidak menyurutkan niat kami untuk bertandang ke curug cimahi. Untuk mencapai lokasi curug cimahi, dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil melalui jalan Sukajadi, melewati kampus UPI dan terus naik ke atas. Jarak tempuh cukup jauh, namun jalan yang dilalui dalam kondisi baik sehingga tidak terasa. Bagi sobat yang ingin berkunjung ke curug cimahi sebaiknya berhati-hati dalam mengendarai kendaraan karena jalan yang dilalui berkelok-kelok dan jalan tidak terlalu lebar.

Sekitar 2 jam berkendara, akhirnya kami sampai di tempat wisata Curug Cimahi. Kamipun disambut oleh suhu udara dingin yang menusuk sampai ke tulang. Suhu di daerah ini berkisar antara 18-22 derajat celsius. Biaya masuk tidak terlalu mahal, hanya Rp. 10.000,- /orang. Selain curug atau air terjun, disana terdapat banyak monyet yang bergelantungan di atas pohon. Bahkan monyet-monyet tersebut sudah terbiasa dengan kehadiran pengunjung sehingga ketika kita sampai di gate utama Curug Cimahi mereka berjejer menikmati makanan yang diberikan oleh penduduk setempat atau pengunjung yang datang.

Gerbang-Curug-Cimahi

Untuk menikmati pemandangan yang indah di curug cimahi, dibutuhkan perjuangan yang cukup ekstra. Mengapa? Kita harus menuruni anak tangga yang jumlahnya tidak sedikit. Untuk turun memang tidak terlalu sulit, namun untuk naik bisa dibayangkan bagaimana beratnya menapaki satu demi satu anak tangga yang ada di Curug Cimahi.

Setelah kurang lebih setengah jam menuruni anak tangga yang tersusun rapi di tempat wisata Curug Cimahi ini, kamipun sampai dengan perasaan yang lelah bercampur takjub karena dapat menyaksikan salah satu ciptaan Allah SWT yang sangat menarik. Ketinggian air terjun ini memang sangat tinggi. Bahkan untuk menengok ke atas pun leher harus dipaksa bekerja lebih. Subhanallah, indahnya curug ini.

Curug-Cimahi Setengah-Perjalanan-Curug-Cimahi

Apa saja yang dapat dilakukan di Curug Cimahi?

1. Berfoto

Berfoto-Curug-Cimahi Berfoto-di-Curug-Cimahi

Ini adalah aktivitas utama yang harus dilakukan di Curug Cimahi, Berfoto. Sayang sekali jika sobat melewatkan aktivitas berfoto ria ini jika sudah sampai di Curug Cimahi. Pemandangan yang indah sayang bila dilewatkan begitu saja. Ambil foto sebanyak-banyaknya. hehee

2. Rekreasi

Bagi keluarga yang berkunjung ke Curug Cimahi bisa membawa tikar, makanan, dan perlengkapan lainnya. Menikmati makanan dengan suasa yang sejuk dan pemandangan yang indah cukup memberikan pengalaman yang menarik bagi keluarga. Sangat disarankan untuk menjaga anak-anak jika berkunjung disini karena aliran air yang deras dan batu-batu yang licin dapat membahayakan anak-anak jika tidak diawasi.

3. Berenang

Aktivitas terakhir yang dapat dilakukan adalah berenang di bagian bawah air terjun. Sobat bisa berendam atau sekadar bermain air di sini. Air di Curug Cimahi sangat dingin, saya pun hanya bisa menyaksikan beberapa orang yang berenang dan bermain air karena saya salah satu orang yang tidak kuat air dingin. hehehe. Bagi sobat yang ingin berenang atau berendam silahkan dicoba, namun harus mematuhi aturan yang ada di sana, yaitu tidak boleh melewati pembatas yang diberikan oleh pengelola tempat wisata curug cimahi.

Sedikit mitos ketika berkunjung kesini, bagi sobat yang memiliki teman wanita (pacar) disarankan tidak mengajak teman sobat kesini karena ada mitos yang mengatakan kalau ada pasangan yang belum menikah berkunjung ke Curug Cimahi maka akan berpisah. Terlepas itu benar atau tidak, saya hanya menyampaikan saja. Sobat bisa percaya atau tidak. 🙂



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.