Cara Menulis Artikel yang SEO Friendly

By | February 15, 2013

Cara Menulis Artikel yang SEO Friendly – Tulisan atau artikel yang SEO friendly menjadi perbincangan hangat di kalangan blogger pemula. Tentunya dalam menulis artikel SEO friendly harus memperhatikan beberapa kriteria yang dapat menarik perhatian mesin pencarian itu sendiri. Mesin pencarian yang sangat populer saat ini dan mungkin selamanya akan tetap populer adalah Google. Pengunjung blog atau website akan naik jika tulisan-tulisan yang kita buat mengandung unsur SEO friendly.

Cara Menulis Artikel yang SEO Friendly

Cara Menulis Artikel yang SEO Friendly

Cara Menulis Artikel yang SEO Friendly

Kali ini saya akan menulis tentang “Cara Menulis Artikel yang SEO Friendly” karena ada teman yang bertanya bagaimana cara menulis artikel yang SEO friendly kepada saya. Agak heran juga dia bertanya seperti itu karena saya ini hanyalah blogger pemula bahkan belum bisa disebut blogger karena masih nulis asal-asalan. Hmmmhhmmm.. mungkin karena saya sering share tulisan saya di sosial media sehingga teman saya itu mengira kalau saya ini paham tentang hal-hal yang berkaitan dengan SEO. Padahal nyatanya saya juga masih belajar tentang cara menulis artikel yang SEO friendly.

Buat para mastah-mastah, blogger pro dan para ahli SEO yang mungkin tidak sengaja membaca tulisan saya yang tidak seberapa ini, harap jangan mencela atau berpandangan negatif kalau saya ini menggurui atau mencoba mengajari blogger-blogger pemula dan para mastah-mastah semua. Saya hanya ingin menjawab pertanyaan teman saya tersebut tentang cara menulis artikel yang SEO friendly. Saya jawab melalui postingan supaya lebih mudah dibaca dan terdokumentasi dengan baik. Mohon maaf sebelumnya.

Sebelum membahas tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, sobat harus tahu dulu keyword atau kata kunci yang akan sobat targetkan. Misalnya pada tulisan ini, saya menargetkan keyword “Cara Menulis Artikel yang SEO Friendly”. Langkah selanjutnya adalah sebagai berikut:

1. Tempatkan Keyword pada Judul Tulisan.

2. Gunakan H1, H2 dan H3 pada Keyword.

3. Highlight Keyword menggunakan Bold, Italic, Underline atau Ubah Warna Kata Kunci.

4. Tambah Image dan Masukkan Alt Image dengan Keyword.

5. Tempatkan Keyword di Awal Tulisan.

6. Tempatkan Keyword di Akhir Tulisan.

7. Tambahkan Internal Link di Paragraf Pertama.

Maksudnya dari kata-kata yang terdapat pada paragraf pertama ambil satu kata atau lebih dan link-kan ke tulisan sobat yang lain yang terdpat di dalam blog sobat.

8. Minimal 300 Kata (Lebih banyak lebih baik).

9. Nofollow Untuk Link ke luar Blog.

Jika link ke luar blog harap merubahkan menjadi nofollow. Caranya jadikan link seperti berikut ini:

<a href="http://iqbalparabi.com" rel="nofollow">Iqbal Parabi</a>

10. Keyword Density kisaran 2% – 4%.

Keyword density adalah intensitas kata kunci dalam 1 tulisan. Keyowrd density ada perhitungannya. Misalnya dalam 1 paragraf terdapat 250 kata. Sebaiknya terdapat 6 – 10 kata yang ditulis menggunakan kata kunci target sobat.

Demikian tulisan mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly dari saya. Bagi sobat yang akan memberi masukan sangat saya terima dengan senang hati. Maaf kalau tidak sesuai, saya masih belajar dan terus mencoba bereksperimen. Salam.

Cara Menulis Artikel yang SEO Friendly



5 thoughts on “Cara Menulis Artikel yang SEO Friendly

  1. Faizin

    Memang menulis artikel agar banyak yang mengunjungi dan membacanya menjadi target semua blogger. Tks ilmunya, ijin terapkan @Cerpen Pendidikan

    Reply
  2. eko saiko

    Artikelnya sangat bermanfaat dan berguna untuk seorang pemula seperti saya. Terima kasih sudah mau berbagi.

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Saya juga masih belajar. Terimakasih kembali.

      Reply
  3. Tips Blogger Pemula

    Minimal 300 kata itu bukannya terlalu sedikit ya gan? kalau menurut ane sih jumlah kata yang bagus itu minimal berjumlaj 600 kata.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.