Cara Menjaga Selera Makan Pada Anak

By | February 15, 2013

Cara Menjaga Selera Makan Pada Anak – Pada dasarnya anak-anak mempunyai rasa bosan yang sangat cepat. Hal ini juga dapat terjadi pada selera makan mereka. Apabila rasa bosan ini telah muncul, maka orangtua harus lebih pintar dalam mencari Cara Menjaga Selera Makan Pada Anak agar anak-anak akan tetap tumbuh dengan baik dan asupan gizi tetap terpenuhi.

Cara Menjaga Selera Makan Pada Anak

Cara Menjaga Selera Makan Pada Anak

Pada umur anak 9-10 bulan, biasanya si kecil akan sangat lahap sekali makannya. Ibarat kata, ini surga nya ibu-ibu kalo anak nya suka makan. Namun, kebiasaan sulit makan biasanya sering dialami pada anak yang berumum 11-12 bulan dan umur selanjutnya. Nah, ini akan menjadi ajang ibu-ibu mengeluh dengan kondisi ini. Mau sekeras apapun usaha ibu untuk memberi makan pada anaknya, semakin kuat juga si kecil beraksi menutup mulut.

Ada beberapa penyebab anak mengalami kesulitan makan, diantaranya :

1. Tidak pernah merasa lapar

Kebiasaan makan 3 kali sehari dan menyantap cemilan akan membuat dia merasa belumbegitu lapar ketika waktu makan berikutnya tiba. Minum susu juga bisa dapat membuat si kecil merasa tidak begitu lapar.

2. Mulai Mengenal Rasa

Anak-anak biasanya sudah bisa mengenal rasa pada setiap makanan. Jadi, apabila makanan yang diberikan tidak begitu enak, bisa jadi dia akan menjadi malas untuk makan.

3. Bosan

Biasanya anak-anak akan merasa bosan kalo jenis dan bentuk makanan yang itu-itu saja. Jadi, sebagai ibu kita harus bisa skreatif mungkin dalam memberi makan.

Cara Menjaga Selera Makan Pada Anak

Nah, para ibu tidak ingin kan kalo anak-anaknya terus mengalami hal seperti itu? Cara Menjaga Selera Makan Pada Anak satu ini patut untuk dicoba.

1. Rasa

Sebelum anda memberikan makanan pada anak, usahakan dulu untuk mengetahui rasa dari makanan tersebut. Jangan paksa anak anda untuk makan apabila rasa makanan tidak begitu enak. Pemaksaan makan pada anak akan menimbulkan trauma. Trauma akan berdampak negatif pada anak.

2. Jumlah Makan

Beri jumlah makan pada anak secara bertahap jangan langsung dengan porsi yang banyak.

3. Bermain

Biasanya anak-anak sangat suka bermain dan bisa membuat mereka lupa waktu makan. Nah, jangan jadikan waktu bermain mereka sebagai penghalang. Beri mereka makan sambil bermain.

4. Variasi Makanan

Berikan makanan yang bervariasi di setiap menu makan si kecil. Kalo si kecil sudah merasa bosan, coba bentuk makanan dengan berbagai macam bentuk agar terlihat lebih menarik untuk di makan.

5. Menu Makan

Ikut sertakan anak pada pemilihan menu makan dia. Menu makan yang dipilih sesuai dengan keinginan dia, akan membuat selera makan bertambah.

6. Ciptakan Suasana Menyenangkan

Usahakan anda sebagai orangtua nya menciptakan suasana makan yang menyenangkan. Ajak anak bercerita tentang hal-hal yang menarik jangan sekali-kali menyinggung masalah makanan yang sedang di makan.

7. Kebiasaan Orangtua

Biasanya anak akan menuruti kebiasaan orangtua. Jadi, usahakanlah pada waktu jam makan untuk makan bersama. Apabila anak tidak menyukai sayur, ini cara yang ampuh untuk mengenalkan mereka pada sayur.

Masalah kesulitan makan pada anak biasanya akan berdampak hingga dewasa. Anak yang terlalu sulit untuk makan akan mengalami gizi yang tidak seimbang dan anak yan makan berlebihan juga akan mengalami obesitas. Usahakan agar anak anda makan sesuai dengan kebutuhan tubuhnya. Cara Menjaga Selera Makan Pada Anak ini semoga dapat membantu.

Cara Menjaga Selera Makan Pada Anak



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.