Cara Mengurangi Nafsu Makan

Cara Mengurangi Nafsu Makan – Pada punya nafsu makan berlebih dan sulit buat ngatur nafsu makan tersebut. Iya, sama kayak aku. Susah ngatur nafsu makan apalagi kalo udah tanggal-tanggal ‘tamu’ bulanan buat para cewek. Kalo udah mau deket-deket tanggal bawaannya pasti pengen makan terus. Bukan nasi sih sebenernya yang dimakan tapi cemilan. Kayak bakso, chiki, dan lain-lain :D. Nah, kalo udah kayak gini pasti kita ngerasa amat sangat bersalah sama badan kita sendiri gara-gara udah makan terlalu banyak dan harus menerima kenyataan jarum timbangan geser lagi kekanan.

Cara Mengurangi Nafsu Makan

Cara Mengurangi Nafsu Makan

Duh, kalo udah kayak gini mah pasti langsung timbul niat pengen diet.Tapi, lagi dan lagi gagal gara-gara susah ngatur nafsu makan. Kalo udah niat mau diet itu pasti ada aja halangannya. Ntah diajakin makan malem lah, ntah dikasih makanan lah, ntah penghuni perut selalu minta makan yang mengharuskan kita buat ngasih makanan biar mereka nggak ribut lagi, atau faktor penggoda nafsu makan lainnya. Kadangan putus asa juga sih kalo nafsu makan susah banget diatur.

Nafsu makan biasanya diawali oleh rasa lapar. Namun tidak semua rasa lapar berbuntut pada nafsu makan yang tinggi. Banyak orang mengartikan lapar merupakan keinginan untuk makan. Lapar merupakan rangsangan biologis yang berasal dari perut. Beberapa peneliti mengatakan bahwa nafsu makan lebih ke arah pilihan yang kita buat berdasarkan keinginan. Pada pengertiannya, nafsu makan adalah suatu kumpulan yang kompleks dari reaksi kimia tubuh, kebiasaan, perilaku sosial, dan kondisi psikis yang susah dikendalikan.

Cara Mengurangi Nafsu Makan

Nah, seseorang yang memiliki nafsu makan akan mengalami kesulitan untuk mengendalikannya apabila orang tersebut menyukai makanan yang ada di hadapannya.Udah banyak usaha Cara Mengurangi Nafsu Makan tapi tetep aja. Nah, jangan putus asa dulu. Mungkin Cara Mengurangi Nafsu Makan yang kalian lakukan ada yang salah. Coba deh ikutin Cara Mengurangi Nafsu Makan berikut ini.

1. Membagi makanan

Bagilah makanan kamu dalam bagian yang sedikit. Hal ini akan membantu kamu untuk menekan nafsu makan yang berlebihan. Usahakan jangan sampe kamu tergoda dengan makanan sekalipun itu makanan kesukaan kamu. Terkadang kita makan bukan karena lapar, melainkan melihat makanan yang sangat kita sukai.

2. Jenis Makanan

Ketika memilih makanan, pilihlah makanan dengan tingkat kekenyangan yang tinggi. Maksudnya, cari makanan yang bisa langsung mengenyangkan bukan makanan-makanan kecil yang hanya kenyang sesaat.

3. Buat Daftar Makanan

Mengingat apa yang sudah kamu makan dapat mengaktifkan hipokampus otak kamu. Inilah bagian dari otak besar yang turut mengendalikan diri Anda untuk mengurangi nafsu makan berlebih dan mencegah Anda makan dalam porsi besar.

4. Cari Kesibukan

Kebanyakan orang makan karena alasan bosan, stress, dan lainnya. Usahakan cari kegiatan atau kesibukan lain. Jangan sampe kamu hanya memikirkan makan. Menelpon teman, membaca, twitter, facebook, dan lainnya akan dapat memalingkan rasa ingin makan kamu.

5. Lilin Aromatherapi

Kalau nafsu ingin mencoba makanan sudah mulai muncul dalam diri kamu, cobalah nyalakan lilin beraroma. Hasil penelitian menunjukkan aroma tertentu dapat menahan nafsu makan. Aroma yang berguna dengan baik untuk ini yaitu apel, peppermint dan pisang. Selain dapat menahan nafsu makan, aroma yang ada juga bisa kamu jadikan terapi.

Sekian informasi Cara Mengurangi Nafsu Makan. Semoga bermanfaat dan bisa mengurangi nafsu makan kita.

Cara Mengurangi Nafsu Makan



Comments

  1. By Intaen

    Reply

  2. By tty

    Reply

  3. By Agung Saputra

    Reply

    • By Iqbal Parabi

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


7 × 1 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>