Cara Menghindari Sakit Maag Saat Berpuasa

By | July 11, 2013

Cara Menghindari Sakit Maag Saat Berpuasa – Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat dinantikan bagi semua umat muslim. Bulan Ramadhan ini mewajibkan kita untuk menjalankan ibadah puasa selama satu bulan. Kita dilarang untuk makan dan minum hingga 12 jam. Berpuasa ini wajib bagi semua orang, nah terkadang ada aja masalah yang bisa mengganggu puasa kita. Masalah tersebut adalah sakit maag. Bagi penderita maag mungkin ini bisa menjadi penghalang untuk melaksanakan ibadah puasa. Secara, orang maag itu nggak boleh telat makan. Biasanya juga orang yang terkena maag harus makan minimal 2 jam sekali paling nggak makan cemilan-cemilan biar perutnya nggak kosong.

Cara Menghindari Sakit Maag Saat Berpuasa

Sakit maag memang sangat mengganggu aktivitas ibadah kita. Kita nggak bisa berpuasa dengan baik kalo maag sudah kambuh. Selain itu juga semua aktivitas kita sehari-hari nggak bisa kita lakukan karena sakit perut yang diakibatkan oleh maag. Maag mungkin sering dianggap sepele oleh para penderita maag. Namun, kalo maag kita biarkan saja bisa aja sakit maag ini memicu penyakit-penyakit lainnya. Oleh karena itu, kita jangan terlalu mengabaikan sakit maag. Penyebab sakit maag bisa dikarenakan beberapa faktor seperti pola makan yang salah, konsumsi makanan yang terlalu pedas dan asam, emosi, stress, atau kelainan pada lambung seperti luka pada usus dan lambung.

Cara Menghindari Sakit Maag Saat Berpuasa

Nah, daripada puasanya sering batal gara-gara sakit maag mending kita cari tau Cara Menghindari Sakit Maag Saat Berpuasa. Dengan kita mengetahui Cara Menghindari Sakit Maag Saat Berpuasa maka mudah-mudahan puasa kita lancar tanpa harus merasakan sakit maag.

1. Makan Sahur

Makan sahur merupakan hal yang wajib bagi penderita maag. Orang yang mempunyai riwayat sakit maag harus makan sahur dengan makanan yang kaya akan nutrisi dan vitamin. Hindari makan sahur dengan makanan yang pedas-pedas. Makan sahur juga mencegah lambung kosong sehingga asam lambung akan tetap normal.

2. Hindari Tidur Setelah Sahur

Ini pasti sudah menjadi kebiasaan kita ya kalo habis sahur itu maunya langsung pengen tidur. Kalo ada yang punya kebiasaan kayak gini, mending diubah deh pola tidurnya. Jangan sampe tidur setelah sahur karena pada saat tidur proses pencernaan dalam tubuh akan berlangsung sehingga akan memberikan rasa lapar setelah kita bangun tidur.

3. Berbuka Tepat Waktu

Usahakan apabila sudah tiba waktu berbuka puasa untuk menyegerakan makan makanan yang manis.  Makanan yang manis akan memberikan energi baru pada tubuh. Makanan yang baik untuk dikonsumsi pada saat berbuka adalah buah kurma dan buah yang lainnya. Setelah itu baru dilanjutkan dengan makan besar.

4. Jenis Makanan

Biasanya kita yang lagi berpuasa pasti pengen semua makan makanan yang dijual diluar rumah. Ini yang terkadang membuat kita melupakan kesehatan dari makanan tersebut. Sebaiknya untuk berbuka pilihlah makanan yang tidak memicu sakit maag seperti pedas dan asam. Pilihlah makanan yang sehat seperti buah dan sayuran. Jangan lupa untuk mengkonsumsi nasi untuk berbuka puasa.

5. Obat Maag

Kalo memang maag sudah sangat mengganggu, sebaiknya konsumsi obat maag yang telah dianjurkan oleh dokter. Konsumsi obat maag 15 menit sebelum makan baik berbuka maupun sahur.

Demikianlah informasi mengenai Cara Menghindari Sakit Maag Saat Berpuasa. Semoga puasanya lancar dan terhindar dari sakit maag. Selamat menjalankan ibadahn puasa 🙂

Cara Menghindari Sakit Maag Saat Berpuasa



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.