Cara Menghilangkan Stress Kerja

By | February 14, 2013

Cara Menghilangkan Stress Kerja – Bagi para pekerja masalah pekerjaan seringkali menjadi pemicu timbulnya stress. Banyaknya masalah yang dihadapi di kantor akan menumbulkan efek negatif terhadap kesehatan dan kinerja seorang karyawan. Seperti yang kita tahu, definisi stress adalah  sebuah gejala yang dialami oleh setiap manusia, yang merupakan serangkaian gangguan fisik atau psikis, yang menjadi penyebabnya adalah ketidakmampuan seorang individu di dalam menghadapi tekanan-tekanan fisik dan terutama tekanan psikologis.

 Cara Menghilangkan Stress Kerja

Cara Menghilangkan Stress Kerja

Definisi stress kerja adalah keadan respon fisik dan emosi yang muncul ketika persyaratan–persyaratan kerja tidak sesuai dengan kapasitas sumber daya atau kebutuhan pekerja. Banyak hal yang menjadi penyebab timbulnya stress pada pekerjaan diantaranya :

1. Kondisi Kerja

Kondisi kerja ini merupakan suatu kondisi dimana orang yang bekerja diluar kemampuannya. Banyak orang yang hanya mencari kerja hanya untuk mendapatkan uang tanpa memikirkan apakah pekerjaan itu cocok untuk dirinya atau tidak. Kondisi kerja yang tidak nyaman akan menimbulkan stress kerja.

2. Tujuan Perusahaan

Banyak sekali karyawan yang tidak tahu tentan tujuan perusahaan sehingga banyak karyawan bekerja tanpa arah. Ini akan menyebabkan karyawan berhadapan dengan ketidakpastian. Hal ini akan menurunkan kinerja karyawan dalam perusahaan itu.

3. Hubungan dengan Karyawan Lain

Hubungan yang tidak baik dengan karyawan lain akan memicu timbulnya stress kerja. Hal ini dikarenakan akan dalam dunia kerja membutuhkan dukungan antar karyawan. Jadi, apabila dalam hubungan tersebut saja sudah tidak baik maka akan menimbulkan tekanan dalam bekerja dan menimbulkan stress kerja.

4. Perkembangan Karier

Karir dalam pekerjaan sangat dibutuhkan oleh setiap karyawan. Karyawan biasanya mengharapkan karir yang tinggi dalam suatu perusahaan dengan melihat kinerja dan loyalitas yang telah mereka berikan. Namun, terkadang banyak perusahaan yang tidak begitu memperhatikan perkembangan karir karyawan-karyawan lama melainkan sering merekrut karyawan baru untuk menempati posisi baik dalam perusahaan.

Cara Menghilangkan Stress Kerja

Banyak cara yang dilakukan orang untuk menghilangkan stress. Media Informasi akan mencoba untuk berbagi tentang Cara Menghilangkan Stress Kerja.

1. Pekerjaan yang sesuai

Sebelum anda melamar pekerjaan, ada baiknya anda mengetahui kemampuan anda. Hal ini sangat penting untuk mengurangi tingkat stress dalam pekerjaan.

2. Nikmati Pekerjaan Anda

Apapun yang menjadi pekerjaan kamu saat ini berusahalah untuk menikmati pekerjaan itu. Dengan menikmati pekerjaan kita maka akan membuat kita merasa nyaman dilingkungan kerja dan ini salah satu Cara Menghilangkan Stress Kerja.

3. Istirahat

Isitiraha yang cukup dan tidur minimal 8 jam dalam sehari akan membantu menghilangkan stress kerja anda. Kurangnya tidur akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan anda.

4. Komunikasi Dengan Karyawan

Jalin komunikasi yang baik dengan karyawan lain. Banyaknya pekerjaan anda akan sangat menyita waktu anda untuk sekedar bercanda dengan teman satu kantor. Hal ini harus sangat diperhatikan, karena dengan menjalin komunikasi akan dapat membantu menghilangkan stress kerja anda.

5. Istirahat Sejenak

Apabila anda sudah merasa jenuh dan capek dengan tugas anda, usahakn untuk istirahat sejenak dari tugas pekerjaan anda.

Cara Menghilangkan Stress Kerja

6. Lebih Mendekatkan Diri Pada Tuhan

Hal ini sangat penting dilakukan. Yakinkan pada diri anda bahwa semua masalah itu dapat diselesaikan. Mendekatkan diri dengan Tuhan akan membuat perasaan anda lebih tenang.

7. Memanfaatkan Waktu Libur

Usahakan untuk menghindari bekerja di hari libur. Manfaatkan waktu libur anda untuk diri anda dan keluarga anda sendiri. Otak anda perlu juga mendapatkan istirahat dari rutinitas kerja yang padat.

8. Motivasi

Jadikan tujuan anda bekerja sebagai motivasi diri anda agar anda tetap dapat bertahan dengan pekerjaan anda.

9. Olahraga

Lakukan olahraga secara rutin. ini juga merupakan salah satu Cara Menghilangkan Stress Kerja.

10. Meditasi

Para ahli kesehatan mengatakan bahwa alat yang sangat ampuh dalam mengatasi stress adalah meditasi. Meditasi sangat membantu membersihkan pikiran kita dan meningkatkan konsentrasi. Telah terbukti bahwa meditasi selama 15 menit sama dengan kita beristirahat selama 1 jam. Meskipun anda hanya melakukan meditasi selama 2 menit, tetap akan cukup membantu.
Meditasi akan sangat membantu anda melupakan hal-hal yang dapat menyebabkan stress.

Demikianlah Cara Menghilangkan Stress KerjaSemoga dapat membantu anda yang sedang mengamali stress kerja.

Cara Menghilangkan Stress Kerja



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.