Cara Menghilangkan Rasa Mual Pada Saat Hamil

Cara Menghilangkan Rasa Mual Pada Saat HamilRasa mual atau morning sickness sering ditemui pada wanita hamil. Rasa mual pada wanita hamil memang menjadi hal yang biasa. Tapi bisa menjadi luar biasa kalo udah keseringan dan sangat mengganggu. Apalagi untuk orang yang bekerja, pasti akan sangat mengganggu aktivitas. Rasa mual atau morning sickness bukan hanya dialami pada pagi hari tapi bisa juga sepanjang hari. Rasa mual biasanya dialami di trisemester pertama. Tidak semua wanita hamil mengalami rasa mual yang berlebihan. Ada juga wanita hamil yang tidak mengalami rasa mual di trisemester pertama. Apabila tidak mengalami rasa mual di awal, maka untuk seterusnya biasanya tidak mengalami juga.

Cara Menghilangkan Rasa Mual Pada Saat Hamil

Cara Menghilangkan Rasa Mual Pada Saat Hamil

Rasa mual dan muntah pada masa awal kehamilan merupakan hal yang biasa dihadapi. Rata-rata wanita hamil akan mengalami ini. Memang sih ada sebagian wanita hamil tidak mengalami rasa mual atau morning sickness. Hal ini mungkin dikarenakan tidak adanya faktor penyebab rasa mual tersebut. Rasa mual dapat disebabkan oleh beberapa hal diantaranya.

Penyebab Rasa Mual :

1. Meningkatnya Hormon Progesteron

Meningkatnya hormon progesteron dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan ibu hamil. Sehingga metabolisme tubuh tidak begitu baik. Metabolisme pencernaan yang tidak baik dapat menimbulkan rasa mual dan muntah.

2. Makanan

Makanan juga dapat menjadi penyebab munculnya rasa mual dan muntah pada saat masa kehamilan. Makanan berminyak dan pedas dapat menimbulkan rasa mual dan muntah.

3. Sensitivitas Bau dan Rasa

Pada masa-masa kehamilan trisemester pertama biasanya para wanita hamil memiliki tingkat sensitivitas yang lebih tinggi terhadap bau dan rasa. Biasanya bau yang sangat tajam bisa menyebabkan rasa mual.

4. Faktor Psikologis

Faktor psikologis seperti tidak siap dengan kehamilan, hamil muda, dan masalah lainnya yang terjadi pada wanita hamil dapat memicu munculnya rasa mual dan muntah.

Cara Menghilangkan Rasa Mual Pada Saat Hamil

Rasa mual dan muntah atau yang sering dikenal dengan morning sickness ini bisa diatasi. Setiap wanita hamil yang mengalami ini harus berusaha untuk menghilangkan rasa mual tersebut. Rasa mual yang muncul dapat menmbuat kita menjadi malas untuk mengkonsumsi makanan. Hal ini dapat mengganggu kesehatan calon bayi. Oleh karena itu, wanita hamil harus mengetahui Cara Menghilangkan Rasa Mual Pada Saat Hamil agar tetap bisa menjaga kesehatan ibu dan bayi.

1. Konsumsi Susu Hamil

Saat ini sudah banyak banget produk susu hamil yang ditawarkan. Ada baiknya wanita hamil megkonsumsi susu hamil untuk mengurangi rasa mual. Kandungan Vitamin B 16 dapat mengurangi rasa mual.

2. Gizi Seimbang

Pada masa kehamilan, usahan untuk selalu mencukupi gizi ibu dan calon bayi. Makan sayur dan buah sangat baik untuk masa-masa kehamilan.

3. Aromatherapy

Aromatherapy dapat membantu wanita hamil menghilangkan rasa mual dan muntah. Pilih aroma terapi sesuai keinginan. Mencium aromatherapy dapat membantu merilekskan dan melupakan rasa mual.

4. Atur Pola Makan

Wanita hamil yang mengalami rasa mual akan sulit makan. Hal ini bisa merugikan ibu dan bayi dalam kandungan. Sebaiknya wanita hamil mengatur pola makan. Sedikit-sedikit mengkonsumsi makanan lebih baik daripada tidak sama sekali.

5. Istirahat

Istirahat yang cukup sangat dianjurkan untuk wanita hamil yang mengalami rasa mual. Selain istirahat, hindari stress yang juga dapat memicu timbulnya rasa mual.

Demikianlah beberapa Cara Menghilangkan Rasa Mual Pada Saat Hamil. Semoga dapat membantu wanita hamil dalam menghadapi masa-masa kehamilan.

Cara Menghilangkan Rasa Mual Pada Saat Hamil



Comments

  1. By No name

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


5 + 9 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>