Cara Menghilangkan Demam Pada Anak dan Orang Dewasa

By | February 15, 2013

Cara Menghilangkan Demam Pada Anak dan Orang Dewasa – Cuaca yang tidak menentu seperti saat ini, banjir dimana-mana bisa menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit. Salah satu penyakit yang sering dialami adalah Demam. Baik dewasa maupun anak akan bisa mengalami demam. Penyakit Demam ini biasanya disebabkan suatu penyakit atau peradangan sehingga menaikkan suhu tubuh , sehingga badan menjadi kurang enak, keluar keringat, dahi terasa panas saat disentuh.

Cara Menghilangkan Demam Pada Anak dan Orang Dewasa

Cara Menghilangkan Demam Pada Anak dan Orang Dewasa

Demam umumnya terjadi karena adanya virus atau penyakit yang masuk kedalam tubuh kita. Untuk itu demam harus kita atasi sesegera mungkin agar cepat turun. Dalam bagian otak kita yang disebut hipotalamus, terdapat sebuah area yang disebut termostat. Di sinilah temperatur tubuh di atur. Tubuh harus menjaga temperature sesuai dengan yang dibutuhkan termostat. Jadi tubuh kita harus menyesuaikan dengan suhu yang telah ditetapkan oleh termostat. Penyakit Demam ini biasanya gejala awalnya adalah menggigil, tangan dan kaki terasa dingin, dan rasa lemah.

Demam yang tinggi akan bisa merusak berbagai macam organ tubuh. Jantung dan pernapasan akan bekerja lebih cepat. Bukan hanya itu, demam tinggi juga akan bisa memberikan efek yang negatif bagi penderita.Kerusakan jaringan pada tubuh manusia biasanya dialami pada saat suhu badan mencapai 40-41C. Apabila anda atau anak anda mengalami hal seperti ini segerkan konsultasikan dengan dokter terdekat. Suhu yang tinggi membuat kebutuhan akan cairan meningkat lebih banyak. Bahkan, apabila memang sudah dirasakan sangat perlu maka penderita akan diinfus agar tidak kekurangan cairan. Suhu yang tinggi akan membuat anda atau anak anda merasa dingin sehingga menggigil. Nah, sangat dianjurkan pada pertolongan pertama kompres dan selimuti anak atau diri anda. Pada anak-anak biasanya jika mengalai demam akan mengalami hal-hal seperti kejang-kejang dikarenkan suhu panas yang sangat tinggi dalam tubuh.

Cara Menghilangkan Demam Pada Anak dan Orang Dewasa

Ada beberapa Cara Menghilangkan Demam Pada Anak dan Orang Dewasa yang harus dilakukan pada saat dirumah.

1. Penyebab

Mencari penyebab terjadinya demam merupakan hal yang baik. Apabila penyebab demam itu sudah diketahui maka pengobatan juga menjadi lebih mudah.

2. Banyak minum air putih

Usahakan apabila anda mengalami demam tinggi, anda atau anak anda mengkonsumsi air putih secara rutin. Mengkonsumsi air putih akan membantu untuk mencegah dehidrasi.

3. Suhu ruangan

Suhu ruangan tempat anda atau anak ande beristirahat usahakan jangan dalam kondisi yang panas. Hidupkan kipas angin dan gunakan pakaian tipis pada saat mengalami demam.

4. Kompres air hangat

Hal yang perlu dilakukan dirumah adalah kompres dengan air hangat. Jangan pernah mengompres anak anda atau anda yang sedang mengalami demam tinggi dengan air dingin dan alkohol.

5. Makan

Makan makanan yang sehat. Sayur dan buah-buahan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi pada saat ini.

Penyakit demam mungkin terlihat sepele, namun jangan sampai anda mengabaikan penyakit ini. Apabila suhu sudah dirasa sangat tinggi, maka segerekanlah pergi ke dokter terdekat untuk mendapatkan pengobatan.

Cara Menghilangkan Demam Pada Anak dan Orang Dewasa

 



12 thoughts on “Cara Menghilangkan Demam Pada Anak dan Orang Dewasa

  1. hotel di bandung

    tips yang sangat bermanfaat buat menjaga kesehatan buah hati (anak).. terimakasih

    Reply
    1. dwietirta Post author

      Kalo kita kita mengompres dengan air dingin maka pengatur suhu dalam tubuh akan menerima sinyal bahwa suhu disekitar sedang dingin maka suhu tubuh perlu dihangatkan. dan kebalikannanya, kalo dikompres dengan air hangat maka pengatur suhu tubuh akan menerima sinyal bahwa suhu sedang panas dan harus diturunkan agar dingin. :)

      Reply
  2. inolove

    suamiku terkena DBD sudah 7hr ∂ï R.S Trombositnya juga °ϋ∂αђ normal, Hri ke 7 dkter °ϋ∂αђ mngizinkan p υ̲̣L̲̅åи̲̮̣̥̅Ǧ̩. Setelah ♍a̶̲̥̅̊ʊ̈̇ p υ̲̣L̲̅åи̲̮̣̥̅Ǧ̩ tiba2x panas tinggi,dan Kejang2x apa ♈åª penyebabnya?

    Reply
    1. dwietirta Post author

      Maaf sebelumnya. untuk penyebab badan suami mbak inolove panas lagi setelah pulang dari rumah sakit saya kurang tau. Untuk masalah kejang-kejang itu biasanya dikarenakan suhu badan suami mbak yang terlalu panas. Coba konsultasikan langsung dengan dokter yang merawat suami mbak inolove.

      Reply
  3. novitasari

    maaf mau tanya anakku punya riwayat kejang sampai tidak sadarkan diri di usia 2 tahun, sekarang usianya 5 tahun klo terkena demam langgsung tinggi suhunya 40 atau lebih apa itu kondisi bahaya?

    Reply
  4. nurhayati

    Suamiku batuk , badan panas… Dikompres aer anget tpi ko suhu badan masih aja ga turun turun ya….mkasih…

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *