Cara Menghilangkan Bau Badan

By | May 26, 2013

Cara Menghilangkan Bau Badan – Ada yang mengalami bau badan yang kurang sedap? Iyuuuuhh banget kan ya.. Malu banget donk pastinya. Apalagi buat kalian yang selalu beraktivitasan dibawah matahari dan membuat produksi keringat berlebihan. Kalo udah keringat berlebihan pasti baunya itu sangat mengganggu. Bau yang kurang sedap itu pasti bukan hanya mengganggu kita sendiri dan tentu juga orang-orang yang ada disekitar kita. Atau pernah nggak sih kalian ketemu ornag yang mempunyai bau badan tidak sedap terus duduk atau berdiri dekat kita? Gimana coba, pasti kita yang mencium bau nya itu langsung cepet-cepet tutup hidung. Bayangin kalo orang lain yang tutup hidung pas lagi aktvitasan bareng sama kita. Nggak enak kan :(.

Cara Menghilangkan Bau Badan

Keringat berlebih atau hyperhidrosis adalah kombinasi keringat dengan bakteri yang ada dibagian ketiak. Pada dasarnya keringat itu nggak berbau. Coba deh kalian cium keringet dibagian tangan, pasti nggak ada baunya. Tapi, jangan coba-coba cium keringet dibagian ketiak ya bisa-bisa pingsan :p. Bakteri yang hidup dalam keringat dari tubuh yang menjadikan badan kita bau. Jenis keringat yang berlebih ini ada dua macam yaitu :

a. Primary Hyperhidrosis, yaitu keringat yang keluar dibagian tangan, kaki, dan ketiak.

b. Secondary Hyperhidrosis, yaitu keringat yang disebabkan suatu gejala dalam tubuh. Misalnya kelainan hormon dan tekanan darah rendah. Biasanya keringat keluar disemua bagian tubuh.

Keringat berlebih ini  selain disebabkan karena faktor aktivitas yang tinggi sehingga membuat tubuh kita memproduksi keringat yang berlebih, ternyata juga bisa disebabkan oleh penyebab keringat berlebih lainnya, yaitu :

Penyebab Keringat Berlebih :

a. Faktor Keturunan

Keringat berlebih juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan. Apabila ada salah satu dari anggota keluarga kita yang mempunyai masalah dengan keringat berlebih maka besar kemungkinan kita aka mengalami keringat berlebih juga.

b. Kondisi Psikologis

Kondisi psikologis seperti stress, depresi, emosi, dan lainnya dapat memicu keringat berlebih dan pasti akan menimbulkan bau badan yang tidak sedap.

c. Penyakit

Beberapa penyakit yang dapat menimbulkan keringat berlebih diantaranya diabetes, obesitas dan lainnya.

d. Makanan

Ternyata makanan juga dapat menjadi pemicu munculnya keringat berlebih dan bau badan yang tidak sedap. Terutama makanan yang mengandung bawang-bawangan. Oleh karena ada baiknya untuk mengurangi konsumsi bawang-bawangan.

e. Eccrine

Eccrine adalah kelenjar keringat yang mengatur suhu tubuh. Keringat yang berlebih juga bisa disebabkan karena kinerja Eccrine yang terlalu aktif.

Cara Menghilangkan Bau Badan

Nah, itu tadi merupakan penyebab keringat berlebih dan otomatis bakalan bisa membuat bau badan tidak sedap. Sudah pasti hal ini buat kita bingung gimana Cara Menghilangkan Bau Badan agar kita  nggak “dijauhi” oleh orang-orang. Coba deh, simak beberapa Cara Menghilangkan Bau Badan berikut ini.

1. Hindari Dehidrasi

Mengkonsumsi air putih memang sangat memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. Oleh karena itu, jangan sampe kalian mengalami dehidrasi. Pasalnya, keringat yang berlebih keluar dari tubuh kita akan membuat kita kehilangan banyak cairan. Mengkonsumsi air putih selain untuk menghindari dehidrasi, air putih juga dapat menghilangkan bau badan.

2. Jenis Pakaian

Apabila produksi keringat kalian berlebih, untuk menghindari bau badan yang tidak sedap akibat keringat berlebih ada baiknya memilih jenis pakaian yang sejuk. Selain sejuk, gunakan juga pakaian yang menyerap keringat.

3. Mandi

Mandi merupakan salah satu dari Cara Menghilangkan Bau Badan yang mudah. Ayoo, buat yang males-malesan mandi ubah kebiasaannya agar badannya terhindar dari bau yang tidak sedap.

4. Jeruk Nipis

Manfaat jeruk nipis memang sangat banyak sekali. Jeruk berukuran kecil ini mempunyai manfaat yang sangat besar untuk membantu menghilangkan bau badan yang tidak sedap.

5. Tawas

Tawas bisa digunakan untk menghilangkan bau badan. Caranya sangat mudah cukup dengan mencelupkan tawas dalam air dan oleskan ke bagian ketiak secukupnya. Lakukan secara rutin.

6. Diet sehat

Obesitas atau kelebihan berat badan adalah salah satu dari penyebab keringat berlebih yang dapat menimbulkan bau badan yang tidak sedap. Oleh karena itu ada baiknya melakukan diet sehat. Atur pola makan dan olahraga secara teratur agar terhindar dari obesitas dan bau badan.

7. Deodorant

Cara Menghilangkan Bau Badan yang terakhir dan sangat mudah adalah dengan menggunakan deodorant. Udah banyak kan iklan-iklan di televisi yang menawarkan deodorant. Coba deh kalian gunakan deodoran untuk menghilangkan bau yang kurang sedap.

Oke, sekian dulu ya pembahasan tentang Cara Menghilangkan Bau Badan. Silahkan dilakukan agar kalian yang mengalami masalah dengan bau badan tidak dijauhi oleh temen-temen disekitar kalian.

Cara Menghilangkan Bau Badan



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.