Cara Mengetahui Mobil Bekas Taksi

Cara Mengetahui Mobil Bekas Taksi – Salam hangat sobat blogger sekalian, kali ini saya mau berbagi informasi mengenai cara mengetahui mobil bekas taksi. Buat sobat yang lagi cari-cari mobil bekas tapi takut ditipu oleh para penjual mobil bekas, silahkan sobat baca tips atau cara mengetahui mobil bekas taksi.

Cara Mengetahui Mobil Bekas Taksi

Cara Mengetahui Mobil Bekas Taksi

Ilustrasi Mobil Taksi

Sudah tidak jadi rahasia lagi kalau para penjual mobil bekas rata-rata banyak yang menjual mobil-mobil bekas yang biasa digunakan sebagai mobil taksi. Mobil yang biasa dijual namun bekas taksi rata-rata mobil sedan. Contohnya ilustrasi gambar di atas, berjejer gambar mobil taksi bertipe sedan. Namun, mobil yang berwarna kuning itu hanya mobil taksi ‘jadi-jadian’ yang sengaja digunakan untuk iklan atau keperluan film, jangan kaget :)

Biasanya, sobat akan banyak mencari mobil bekas jika sudah dekat-dekat waktu lebaran. Untuk keperluan mudik lebih tepatnya. Mobil-mobil bekas taksi memiliki keunggulan dalam bidang budget karena biasanya harga sangat bersaing, bahkan bisa jauh lebih murah dari harga mobil bekas yang memang bekas dipakai pribadi, bukan bekas taksi.

Cara Mengetahui Mobil Bekas Taksi

Kenapa kita harus berpikir beberapa kali untuk membeli mobil bekas taksi? Jawabannya pasti sobat sudah pada tahu semua, yapp… Supaya mobil kita awet dan tahan banting. hohooo. Bayangkan, mobil-mobil taksi yang ada saat ini, setiap harinya tidak kurang dari 100 km bahkan ribuan kilo menempuh jarak dan mesin terus digenjot untuk mengejar setoran. Tentunya kalau sering digunakan seperti itu, tenaga mobil tidak fit lagi. Mesti banyak onderdil yang harus diganti jika ingin membuat mobil baik lagi.

So, bagaimana cara mengetahui mobil bekas taksi? Mari kita ulas tips atau cara mengetahui mobil bekas taksi agar tidak tertipu dan membeli mobil bekas taksi yang sudah tidak layak pakai.

1. Cek Mesin

Ini adalah langkah pertama yang harus sobat lakukan sebagai cara mengetahui mobil bekas taksi, yaitu mengecek keadaan mesin mobil. Ada beberapa cara untuk mengetahui kondisi mesin itu. Namun, cara yang paling efektif dan mudah dilakukan serta hasilnya tepat adalah dengan mencermati suara mesin. Selain itu, memastikan tidak ada bahan bakar atau oli yang bocor, serta lakukan uji jalan di berbagai lintasan.

Sobat harus bisa pastikan suara mesin mobil masih halus dan konstan saat mesin stasioner atau saat dihidupkan tanpa entakan gas dan peranti audio dan pendingin ruang (AC) dinonaktifkan. Pastikan tidak ada suara seperti logam yang berbenturan atau bergesekan.

Sedangkan untuk memastikan ada tidaknya rembesan oli atau bahan bakar yang bocor, sobat bisa melongok bagian kolong atau bagian bawah dek mobil. Perhatikan saksama bagian itu dan lihat apa ada rembesan oli atau bahan bakar. Selain itu, sobat juga bisa mencermati langsung di bagian mesin.

Jika sobat tidak terlalu paham soal mesin, silahkan ajak saudara, teman, sahabat atau orang yang menurut sobat mengerti tentang mesin dan mohon bantuannya untuk mengecek kelayakan mesin mobil yang akan sobat beli. Dengan begitu sobat bisa terbantu untuk mengetahui mobil bekas taksi atau bukan.

2. Uji Jalan

Setelah cara pertama sobat lakukan namun tidak terdapat tanda-tanda seperti di atas, cara mengetahui mobil bekas taksi yang kedua adalah dengan uji jalan. Lakukan uji di berbagai jenis dan karakter jalanan. Lakukan entakan gas, bermanuver di tikungan dan tanjakan guna mengetahui kemampuan akselerasi. Bawa mobil ke lintasan yang menanjak dan hentikan mobil dan kemudian injak pedal gas dalam-dalam. Di situ akan terasa seberapa besar tenaga mobil.

Bila kondisi tidak memungkinkan sobat untuk menguji jalan dengan leluasa, untuk mengetahui kemampuan mesin menyemburkan tenaga, sobat bisa mengamatinya dari ujung knalpot. Bila ujung knalpot berwarna hitam disertai jelaga, itu berarti campuran bahan bakar dan udara di ruang bakar tidak ideal. Itu berarti bahan bakar terlalu banyak dibanding udara. Sehingga pembakaran tidak sempurna dan boros bahan bakar. cara mengetahui mobil bekas taksi.

Selain boros, mobil dengan ciri seperti itu tenaganya juga loyo. Sebab, tingkat kompresi mesin telah melorot dari standar yang dirancang pabrikan. Tanda lainnya adalah banyak rembesan oli disertai kepulan asap di ujung knalpot yang berarti ada rembesan oli yang masuk ke ruang bakar mesin. Hal itu terjadi karena seal di mesin yang aus, klep yang bermasalah, atau bahkan setang dan kepala piston bermasalah.

3. Cermati Bodi Mobil

Cara mengetahui mobil bekas taksi yang ketiga adalah cermati bodi mobil. Langkah ini perlu sobat lakukan untuk memastikan bahwa mobil tersebut tidak pernah mengalami kecelakaan, baik tabrakan, terguling atau lainnya. Caranya, sobat bisa melihat bagian per bagian apakah ada kejanggalan dari lapisan cat yang ada.

Cara Mengetahui Mobil Bekas Taksi.

Bagi yang biasa melihat kondisi mobil, cat yang tebal bisa menjadi pertanda mobil itu pernah penyok atau terluka. Tanda lainnya, bagian itu tidak bersuara nyaring dibanding bagian serupa di sisi lain. Sobat bisa mengetok-ngetoknya dengan tangan, selain mendengarkan bunyi atau suara saat diketok juga bisa merasakan bagian itu lebih keras dari seharusnya.

4. Tes dan Cermati Bagian Kaki Mobil

Cara mengetahui mobil bekas taksi yang keempat adalah dengan tes dan mencermati bagian kaki mobil. Bagian kaki-kaki sangat berkaitan dengan kenyamanan sistem suspense. Hal itu untuk menunjang kenyamanan saat mobil yang Anda gunakan menempuh perjalanan jarak jauh. Sementara itu, sasis berkaitan dengan riwayat mobil apakah pernah tabrakan, menabrak, atau lainnya yang menyebabkan sasis bengkok. Bila mobil pernah mengalaminya, maka tidak akan bisa berjalan dengan lurus saat digeber di jalan.

Untuk menguji bagian kaki-kaki, cukup mudah. Jalankan mobil di berbagai lintasan yang bergelombang atau tidak rata, mulai dari kecepatan yang rendah atau pelan hingga sedang, dan tinggi. Bila di semua tingkat kecepatan itu muncul suara gemuruh disertai oleng atau guncangan, berarti kaki-kaki sudah tidak bagus.

5. Periksa BPKB

Cara ini adalah cara yang paling ampuh dan paling tepat jika kita terapkan untuk mengetahui mobil bekas taksi atau tidak, yaitu periksa BPKB nya. Mobil bekas taksi biasanya tangan pertama yang tertulis pada BPKB nya nama perusahaan taksi. Jadi sobat mesti periksa BPKB dengan teliti. Jika namanya adalah Nama Perusahaan Taksi X maka jelas sekali kalau mobil tersebut adalah mobil bekas taksi.

Cara Mengetahui Mobil Bekas Taksi

Setelah sobat melakukan cara mengetahui mobil bekas taksi di atas, sobat bisa bertanya langsung kepada sang penjual. Jika memang bekas digunakan sebagai taksi, tinggal sobat yang menentukan apakah mau membeli atau tidak mobil tersebut. Sebenarnya mobil bekas taksi boleh-boleh saja kita beli kalau memang mobil taksi tersebut sering di rawat dan tidak pernah kecelakaan. Namun, tidak ada yang menjamin 100% perawatan dilakukan sehari-hari oleh pemilik taksi. Lebih baik sobat melakukan cara mengetahui mobil bekas taksi di atas untuk meyakinkan sobat membeli mobil.

Sekian tulisan saya mengenai cara mengetahui mobil bekas taksi, bagi sobat yang ingin menambahkan tips atau trik cara mengetahui mobil bekas taksi, sobat bisa berkomentar di bawah. Sekian dari saya, terimakasih.

Cara mengetahui mobil bekas taksi



Comments

  1. By onran

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


8 + 5 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>