Cara Mengetahui Mobil Bekas Banjir

By | February 1, 2013

Cara Mengetahui Mobil Bekas Banjir – Mobil bekas banjir biasa hadir dengan tampilan layaknya mobil baru, bagaimana cara mengetahui mobil bekas banjir? Kali ini saya ingin mengulas tentang ciri-ciri mobil bekas banjir agar sobat sekalian terhindar dari kerugian karena telah salah membeli mobil yang seharusnya dapat membantu kelancaran sobat dalam beraktifitas.

Cara Mengetahui Mobil Bekas Banjir

Cara Mengetahui Mobil Bekas Banjir

Cara Mengetahui Mobil Bekas Banjir

Pasca musim penghujan seperti sekarang ini, banyak beredar mobil di beberapa tempat jual beli mobil bekas dengan harga yang sangat bersaing. Jangan mudah tergiur dengan iming-iming harga yang murah atau penampilan mobil yang masih kinclong. Sobat harus memeriksa terlebih dahulu keadaan mobil tersebut apakah layak atau tidak untuk digunakan dalam jangka panjang. Sebelumnya saya menulis tentang cara mengetahui mobil bekas taksi dan sekarang saya coba membahas tentang cara mengetahui mobil bekas banjir.

1. Cium aroma interior mobil

Kalau tidak wajar, seperti bau bekas terendam, padahal mobil relatif baru dan memiliki penampilan yang kinclong, atau bahkan bau kopi yang diyakini mampu menetralisir bau sangat menyengat, lebih baik sobat tinggalkan mobil tersebut dan cari mobil lainnya.

2. Buka karpet bagasi hingga terlihat ban cadangan

Perhatikan baik-baik, jika ada lumpur tersisa, meski sedikit, patut dicurigai mobil itu bekas terendam banjir.

3. Caek apakah ada tanda lumpur menempel

Kalau dua poin di atas masih terlewati, silahkan sobat  buka karet pintu yang menempel pada bodi, bukan pada pintu. Tarik karetnya, perhatikan apakah ada pasir atau lumpur yang menempel. Jika terdapat pasir atau lumpur sobat patut curiga kalau mobil bekas bajir ada di hadapan sobat.

4. Buka karpet

Lolos juga, coba buka karpet interior. Susah melakukannya, namun adalah inilah jurus terakhir yang efektif. Kotoran dan noda bekas banjir biasanya mengendap di balik karpet interior. Sobat bisa mencoba nya karena memang seperti itu cara mengetahui mobil bekas banjir. Jika pemiliknya tidak memperbolehkan maka sobat juga harus curiga kenapa sampai tidak boleh, bisa jadi mobil tersebut adalah mobil bekas banjir.

5. Cek STNK-nya

Hal terakhir yang patut dipertimbangkan adalah STNK-nya. Perhatikan lokasi rumahnya, rawan banjir apa tidak. Ini dilakukan untuk meyakinkan saja, karena ada beberapa mobil yang belum balik nama dan dipakai di daerah berbeda dengan STNK. Selain itu biasanya STNK juga ditaruh di dashboard mobil oleh pemilik mobil, jika STNK terlihat lecek atau tidak seperti lembaran STNK selayaknya, sobat juga bisa menaruh curiga kalau mobil ini bekas terkena banjir.

Demikianlah tips dan trik cara mengetahui mobil bekas banjir atau ciri-ciri mobil banjir. Semoga bermanfaat dan dapat membantu sobat sekalian untuk memilih mobil idaman yang bebas tipu-tipu. Salam.

Cara Mengetahui Mobil Bekas Banjir



One thought on “Cara Mengetahui Mobil Bekas Banjir

  1. SIRAJUDDIN

    artikel saudara sangat membantu menumbuhkan bakat wirausaha yang mungkin cocok untuk saya? trimk… mohon kirim tips-tips mendaptkan modal usaha jual-beli mobil bekas pemula dan trik-trik membeli dan menjual mobil bekas.. good luck..

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.