Cara Mengetahui Bakat Anak Sejak Dini

Cara Mengetahui Bakat Anak Sejak Dini – Salam hangat sobat blogger sekalian, kali ini saya ingin berbagi tips dan cara mengetahui bakat anak. Mengenali bakat anak sejak dini akan sangat berguna bagi para orang tua dan sang anak itu sendiri. Mencari bakat anak pun dibutuhkan kesabaran dan ketelitian tersendiri agar bakat yang ada pada anak bisa terlihat dan bisa kita salurkan sebagaimana mestinya. Lantas, bagaimana cara mengenali bakat anak atau cara mencari bakat anak? Yuk simak beberapa ulasan tentang cara mengetahui bakat anak.

Cara Mengetahui Bakat Anak

Cara Mengetahui Bakat Anak

Cara Mengetahui Bakat Anak

Pada umur berapa bakat seorang anak sudah bisa terlihat? Jawabanya adalah sekitar umur 2 atau 3 tahun bakat seorang anak dapat terlihat. Para orang tua harus jeli dalam melihat perkembangan sang anak. Jangan terlalu banyak melarang anak melakukan sesuatu karena bisa jadi itu menutup penglihatan kita untuk melihat bakat yang ada pada anak.

Bagaimana cara mengetahui bakat anak? Yuk kita simak beberapa tips mengetahui bakat anak berikut ini:

1. Menggunakan Jasa Grafolog

Cara mengetahui bakat anak yang pertama adalah menggunakan jasa Grafolog. Sobat tahu siapa itu Grafolog? Grafolog adalah orang yang memiliki kemampuan membaca tulisan tangan seseorang. Ilmu yang mempelajari tulisan tangan ini adalah Grafologi. Banyak penelitian yang membahas tentang Grafologi ini dan dipercaya dapat mengetahui minat dan bakat seseoarng dari tulisan tangannya. Jika sobat tertarik menggunakan jasa para grafolog ini, sobat bisa mencari tahunya di Grafologi Indonesia (http://www.grafologiindonesia.com/).

2. Menggunakan Jasa Pembaca Sidik Jari

Mengetahui bakat anak yang kedua adalah dengan menggunakan jasa pembaca sidik jari. Sidik jari seseorang dianggap menyimpan informasi yang berguna untuk mengetahui bakat yang dimilikinya. Saya sendiri pernah melihatnya demo membaca sidik jari ini di salah satu toko buku Bandar Lampung. Percaya tidak percaya sih. Soalnya saya agak sulit percaya kalau menggunakan alat seperti itu. Biasanya alat tersebut ditempelkan ke jari dan kemudian akan muncul result tentang sifat, minat, bakat dan lainnya. Namun, tidak ada salahnya jika sobat menggunakan cara ini untuk mengetahui bakat yang ada pada anak.

3. Mengenalkan Anak Pada Dunia Baru

Nah, ini adalah cara terakhir untuk mengetahui bakat anak namun menurut saya adalah cara yang paling tepat untuk mengetahui bakat anak. Mengapa? karena kita sebagai orang tua akan terjun langsung melihat perkembangan anak dalam memberikan respon terhadap sesuatu yang baru.

Ajak anak melakukan hal-hal baru dan perhatikan reaksi yang dia berikan.

Misalnya, ajak anak bermain piano, bermain bola, menggambar, menari, bernyanyi, bermain gitar atau hal-hal baru lainnya yang ada di lingkungan sekitar sobat. Kemudian lihat reaksinya ketika melakukan permainan-permainan yang telah sobat berikan.

Jika anak memiliki bakat di suatu bidang tertentu, misalnya bakat di bidang musik (bermain piano), maka anak tersebut akan lebih cepat menangkap, mengerti, menghapal atau memahami pola dalam bermain piano. Keesokan harinya pasti ia akan bertanya, “Kapan lagi bermain piano?” atau “Mamah, adek mau main piano lagi”. Nah, disini sobat harus jeli melihat minat dan bakat yang dimiliki oleh anak.

Salah satu contoh nyata adalah artis Kevin Aprillio yang merupakan anak dari pasangan artis, Addie MS dan Memes. Orang tua Kevin (Addie MS) jeli dalam menangkap bakat yang dimiliki oleh Kevin sejak kecil dibidang musik. Diumur 4 tahun Kevin sudah mengenal bahkan pandai memainkan beberapa lagu menggunakan alat musik kesayangannya, piano. Bakat yang dimiliki Kevin sekarang sudah sangat luar biasa. Dia sukses mendirikan band yang bernama Viera dan mampu menghasilkan uang yang tidak sedikit. So, sobat harus bisa mengenal bakat yang dimiliki pada anak agar tidak salah dalam mengarahkan ketika ia beranjak dewasa.

Demikian tulisan mengenai cara mengetahui bakat anak sejak dini. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Cara Mengetahui Bakat Anak



Comments

  1. By asari

    Reply

    • By Iqbal Parabi

      Reply

  2. By zaini muharom

    Reply

    • By Iqbal Parabi

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


× 6 = 30

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>