Cara Mengetahui Akreditasi Program Studi Perguruan Tinggi

Cara Mengetahui Akreditasi Program Studi Perguruan Tinggi – Salam hangat sobat blogger sekalian, kali ini saya mau berbagi informasi bagaimana cara mengetahui akreditasi program studi perguruan tinggi atau universitas di Indonesia. Akreditasi atau pentauliahan adalah suatu bentuk pengakuan pemerintah terhadap suatu lembaga pendidikan. Berdasarkan Undang-Undang nomor 22 tahun 1961, di Indoensia, akreditasi diberikan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, dalam hal ini Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Berikut sedikit penjelasan mengenai BAN-PT.

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) merupakan satu-satunya badan akreditasi yang diakui oleh pemerintah Republik Indonesia. Tugas utama badan ini adalah:

  1. Meningkatkan mutu pendidikam tinggi
  2. Memperkenalkan serta menyebarluaskan “Paradigma Baru dalam Pengelolaan Pendidikan Tinggi”
  3. Meningkatkan relevansi, atmosfir akademik, pengelolaan institusi, efisiensi dan keberlanjutan pendidikan tinggi

Fungsi utama Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) menurut peraturan perundangan yang ada (UURI No. 20 tahun 2003, PPRI No. 60/1999, SK Menteri Pendidikan Nasional No. 118/U/2003), pada dasarnya adalah: membantu Menteri Pendidikan Nasional dalam pelaksanaan salah satu kewajiban perundangannya, yaitu penilaian mutu perguruan tinggi, yaitu Perguruan Tinggi Negeri, Kedinasan, Keagamaan, dan Swasta.

Mengapa harus kuliah di Perguruan Tinggi atau Universitas yang sudah terakreditasi BAN-PT? Jawabannya mudah, agar diakui secara nasional dan ijazah kita berlaku. Berikut ini beberapa fungsi Akreditasi dari sudut pandang seorang lulusan atau alumni:

  1. Status Ijazah yang diakui secara nasional.
  2. Modal untuk mendaftar pekerjaan, ini akan sangat berguna ketika kita mendaftar di perusahaan ternama yang biasanya hanya menerima Akreditasi program studi “A”, tapi tidak masalah jika program studi kita berakreditasi “B” atau “C” karena masih banyak juga perusahaan lain yang mau menerima kita.
  3. Modal untuk melanjutkan pendidikan karena banyak universitas ternama memerlukan akreditasi untuk menerima calon mahasiswanya untuk melanjutkan studi yang lebih tinggi.

Setelah tahu apa itu BAN-PT dan pentingnya Akreditasi, saatnya saya memberitahu bagaimana cara mengetahui akreditasi program studi perguruan tinggi di Indonesia. Bagi sobat yang mau melanjutkan pendidikan, sebaiknya mengetahui Akreditasi Program Studi yang sobat inginkan agar tidak menyesal dikemudian hari. Misalnya akreditasi program studi di UI, ITB, UGM, ITS, Undip, Unila, Unsri, Brawijaya dan Universitas lainnya. Berikut ini cara mengetahui akreditasi program studi perguruan tinggi:

Input data yang ingin sobat cari ke dalam form pencarian direktori Akreditasi Program Studi.

Cara Mengetahui Akreditasi Program Studi Perguruan Tinggi

Cara Mengetahui Akreditasi Program Studi Perguruan Tinggi

Cara Mengetahui Akreditasi Program Studi Perguruan Tinggi

Maka akan tampil hasil pencarian seperti gambar di bawah ini:

Cara Mengetahui Akreditasi Program Studi Perguruan Tinggi - Hasil

Cara Mengetahui Akreditasi Program Studi Perguruan Tinggi – Hasil

Mudah bukan? Namun masih sedikit calon mahasiswa di ptn, pts atau universitas tidak tahu cara mengetahui akreditasi program studi perguruan tinggi atau universitas, baik negeri atau swasta. Saya harap, dengan adanya tulisan mengenai cara mengetahui akreditasi program studi perguruan negeri atau univesitas negeri maupun swasta ini dapat membuka mata dan pikiran calon mahasiswa sebelum mendaftar di perguruan tinggi atau universitas. Berikut ini link menuju aplikasi untuk mengetahui akreditasi jurusan, program studi perguruan tinggi, universitas negeri maupun swasta.

>> Link ke Situs Resmi BAN-PT

Demikian tulisan saya mengenai cara mengetahui akreditasi program studi perguruan tinggi di Indonesia. Semoga Bermanfaat.

Cara Mengetahui Akreditasi Program Studi Perguruan Tinggi



Comments

  1. By Rezaa Kartika Harahap

    Reply

  2. By andre

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


− 1 = 0

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>