Cara Mengendarai Motor Kopling Biar Gak Mati

By | March 21, 2013

Cara Mengendarai Motor Kopling Biar Gak Mati – Salam hangat sobat blogger semua, apa kabarnya? Mudah-mudahan sehat semua ya. Kali ini saya mau berbagi informasi cara mengendarai motor kopling biar gak mati. Pasti sobat pernah mengalami motor tiba-tiba mati ketika pertama kali coba mengendarai motor kopling. Panik bukan? bahkan ada pula yang mungkin karena terlalu semangat sampai-sampai motornya ‘terbang’. Itulah beberapa pengalaman yang terjadi ketika seseorang baru pertama kali belajar mengendarai motor kopling atau motor manual. Lantas, bagaimana cara mengendarai motor kopling biar gak mati? Yuk, disimak baik-baik tulisan saya kali ini.

Cara Mengendarai Motor Kopling Biar Gak Mati

Cara Mengendarai Motor Kopling

Cara Mengendarai Motor Kopling

Siapa yang punya motor seperti gambar di atas? Hayooo ngacung. :) Itu salah satu motor berkelas yang biasanya dimiliki oleh sobat dengan kondisi ekonomi yang baik. Boleh dong saya pinjam ke Pegadaian. hehhee

Lanjut tulisannya dong. Yukkk. Sebenarnya cara mengendarai motor kopling itu bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampang bagi yang sudah biasa, susah bagi yang baru belajar. :)

Pengalaman saya belajar motor kopling mati-mati terus karena belum terbiasa. Sekali diidupin, jalan dikit.. gedek… gedek… cesss mati. Frustasi saya dibuatnya. Tapi berkat bantuan teman saya, Teguh Wicaksono, lama kelamaan saya bisa juga mengendarai motor kopling. Makasih mas Guh.

Saya sendiri sebenarnya punya motor bebek biasa tanpa kopling, tetapi karena saya ngerasa ‘laki’, jadi pengen dong bisa bawa motor ‘laki’. hehehee. Jadilah saya belajar mengendarai motor kopling di Lapangan PKOR Way Halim Permai Bandar Lampung.

Setelah saya pelajari dan amati, ternyata cara mengendarai motor kopling biar gak mati-mati terus mesti punya ‘perasaan’. Apa hubungannya perasaan dengan bawa motor? Hmhmhmm.. Hubungan mereka baik-baik saja kok. :)

Perasaan yang saya maksud disini adalah Feeling sobat ketika ngelepasin kopling yang ada di tangan kiri dan memutar gas di tangan kanan. Itu intinya. Jadi mesti ada rasa terlebih dahulu antara kopling dan gas.

Buat lebih detilnya, saya akan memberi tips belajar mengendarai motor kopling berikut ini:

1. Rasakan Putaran Gas

Yang pertama adalah merasakan putaran gas motor yang kita kendarai. Saya dulu sewaktu belajar maenan gasnya dulu. Naik…turun…naik…turun… Rasakan motor itu sedang berbicara kepada sobat. hehehe lebay. Nah, kalau udah bisa ngerasain gimana gas motor sobat, silahkan lanjut ke tips berikutnya.

2. Tekan dan Lepas Kopling secara Perlahan

Lakukan tekan dan lepas kopling secara perlahan untuk belajar mengendarai motor kopling. Jangan dipindahkan dulu giginya. Cukup rasakan dengan feeling sobat ketika melepas kopling yang ada di tangan kiri sobat. Kalau sudah mulai bisa merasakannya, bersiap untuk ke cara mengendarai motor kopling berikutnya.

3. Tarik Gas dan Lepas Kopling Secara Perlahan Namun Pasti.

Ini bagian tersulitnya, masukkan ke gigi 1 dengan menekan tuas transmisi di kaki kiri sobat ke depan dengan posisi kopling masih ditekan, kemudian sobat bisa lepaskan secara perlahan koplingnya, namun jangan lupa sambil menarik gas secara perlahan juga. Jika gas tidak ditarik maka kemungkinan besar motor akan mati. Ingat…!!! Lepaskan kopling secara perlahan tapi pasti. Jangan melepaskan kopling dengan cepat atau ‘ngejut’. Motor bisa mati atau bisa ‘terbang’ jika memang gas sudah sobat tarik dengan kuat.

Sekali lagi, gunakan feeling sobat untuk mengendarai motor kopling ini. Menyatulah dengan mesin, gas dan kopling. Pasti terasa kalau motor mau mati, tekan kopling dan jangan panik kalau motor seakan-akan mau mati. Sebaiknya, kalau sobat mau belajar motor kopling, minta tolong kerabat yang sudah biasa membawa motor kopling untuk mengejari sobat. Kalau perlu hubungi saya. 😛

Teruslah berusaha dan jangan Panik, itu pesan saya. :)

Sekian tulisan saya mengenai Cara Mengendarai Motor Kopling Biar Gak Mati. Semoga dapat membantu sobat yang lagi belajar motor kopling. Untuk membaca pengalaman saya menggunakan motor Yamaha Jupiter Z serta review tentang motor Yamaha Xeon RC, sobat bisa membacanya di sini. Ada cerita tentang motor yang sudah saya gunakan selama 7 tahun di sana. :)

Terimakasih.

Cara Mengendarai Motor Kopling Biar Gak Mati



42 thoughts on “Cara Mengendarai Motor Kopling Biar Gak Mati

  1. adam

    pingin bgt bisa ngendarain motor kopling sob,,, tp takut ngejut gt, cz ada temen yg melayang terbang gk karuan, hahahaha

    Reply
  2. Riki A.T

    Oke thanks bro informasinya,emang benar sih sama kaya yang di kasih tau sama kerabat saya…

    Reply
    1. rifki

      Saya belum pernah bawa motor kopling sama sekali. Tapi bawa mobil manual bisa. Apakah sama kasusnya ketika ingin pindah gigi di motor manual? Btw nais info mas iqbal hehe

      Reply
      1. Iqbal Parabi Post author

        Sama mas Rifki. Bedanya ini ditangan, bukan di kaki. hehehe

        Reply
  3. eka pramudita kusumaari

    josss………. saya juga mulai belajar.

    Reply
  4. M.zamroni

    Saya gak usah belajar gan karena mengendarai motor kopling sangat gampang

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      buat agan gampang, tapi buat beberapa orang gk gampang gan. :)

      Reply
  5. dennis alvarez

    Dulu ane pernah pake motor berkopling sekali dn ane ga prnah belajar sma sekali Tiap dipolisi tidur psti mati dn tiap lampu merah mati jg Skrng ane pngen pke motor manual cm mau minta diajarin tmen agak malu Thanks gan buat info nya , ni berguna bgt

    Reply
  6. dwiyani pertiwi

    Iyaaa tu betul gan…saya baru aj beli buat saya pribadi satria fu.eehhh tak pkir gampang segampang teorinya,awalnya nyoba muter2 dket rumah gampang,pas dijl raya sikonnya beda bgt.pas lampu merah mati,sangking gugupnya pas mw jalan lg sempet mati sampe 10x lebih.aduuuhhh malunya saya.untung saya cew yaaa..hahaha jd mkin msih ditoleransi..xixixi

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Hati2 cewe bawa motor kopling, biasanya sering grogi dan motor mati klau belum terbiasa.

      Reply
  7. Ariesa

    Thanks informasinya.. Aku juga lg blajar nih, sering mati, malu-maluin,

    Reply
  8. Aldy

    Gw Alhamdulillah gx pernah terbang.. sekali coba langsung bisa..

    Reply
  9. cahyo

    Saya baru belajar, dan lumayan lancar lah.. Sdh nggak sering mati2 lagi hehe.. Tapi masalahnya, di motor saya (vixion) ngga ada tanda (di speedo) motor sdg di gigi brp.. Jadi saya agak bingung waktu di lampu merah, apa udah di gigi 1 apa blum.. Soalnya kalo mulai jalan di posisi gigi 2 pasti banyak matinya.. Gmn gan??

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Ada tanda netral kan gan? Lampu merah lebih baik di netralin aja terus lepas koplingnya biar gak pegel. Klo jalan kan tinggal teken koplingnya dan masuk gigi 1. :)

      Reply
      1. cahyo

        Kalo seumpama pas macet, apalagi di tanjakan, jalannya di gigi brp ya mas?

        Reply
  10. Upin ipin

    Urutan gigi motor kopling, itu kaya mna si gan? Hmmm, klo mw stop/di belokan, atw di lampu merah, kopling.a di tahan atw gk?

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      urutannya n-1-2-3-4-5. ada yg sampe 4 ada yg sampe 5. di lepas aja gan tapi netralin dulu. klo lampu merahnya lama kan pegel juga narik kopling. :)

      Reply
  11. aaf 8 gadget

    mau nanya nih…. pd saat qt ng’rem tp tdk pindah gigi, apakah kopling tetep d tekan/tarik?.

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      ditarik mas, nanti motornya mati karena nge-rem kan buat motor berenti.

      Reply
  12. very

    kalo ane sih udh bisa pake sepeda berkoplin(satria fu) tapi ane masih bingung cara ngenetralkanya, gan. sdh ane oper k dpn. dan kblkang berkali2 eee kagak bisa netral jg. tolong penjelasanya gan

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Pake perasaan gan, jangan terlalu keras nekennya. :)

      Reply
  13. anton

    menurutku si waktu putar balik agak susah, apa lagi kalo udah diklakson jadi gak tenang

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Latihan mental gan, santai aja jangan panik.

      Reply
  14. TomS

    Gan.. teknik Naik Gunung gunakan Motor Kopling seperti apa Gan ?? Jalanan biasa udah agak lancar… tinggal tanjakan aja nii msih agak bngung

    Reply
  15. bamz faust

    ane juga baru belajar… masih gak ngerti dengan main perasaan waktu lepas kopling dan gas… jadinya klo lampu merah ketika mau ijo deg deg an bgd… apalg uda kena trauma, saat mw berangkat kerja… kena macet + jam telat,,gugup bgd tuh..,malu mati mulu.. akhirnya besoknya,,,bolos kerja alasan takud macet dgn motor kopling,, hehehhe

    Reply
  16. Dani

    Saya pernah ada pengalaman pait pake motor kopling,,hihi dulu masih belajar, sih,, dan kebetulan langsung dah tancep gas kejalan gede Nah pas lampu merah tuh,, kok susah ya bikin nya diem dan berenti,,,malah mati terus motornya,, duh malu bangetmmm

    Reply
  17. Raywirawan

    Gue alhamdulillah 3 kali coba udah dapet feeling nya. Gue belajar make jupiter mx. Ada tips nih: Pas lepas kopling nya perlahan sambil nekan gas perlahan kalo mesin rada2 mau mati, tambah sedikit lagi kopling nya dan tambah gas sedikit lagi lalu lepas kopling perlahan. Alhasil motor nya melaju dengan lancar 😀

    Reply
  18. NerD

    Gan mau nanya nih, saya jalan udah lancar sama di jalan raya jg uda lancar, tp masih susah nge netralin gigi nya, kan urutan nya n-1-2-3-4-5, apa bisa dari gigi 3 langsung ke n ? (Honda verza)

    Reply
  19. Egi Ramadani

    Mas klau mau 1ke2 itu harus santai gasnya trus koplingnya pelahan dilepas atau tetep ditekan/ditarik? ( satria fu)

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Perlahan dilepas, klo masih di tarik posisi motor bakalan tetep ‘seolah’ netral.

      Reply
  20. David

    Gue pernah naik motor kopling pas belajar pake satria punya om gue pertama lancar pas di polisi tidur mati 1 kali paling parah pas mau nyebrang di pertigaan pertama lancar pas sampe tengah motornya mati hampir ditabrak sama satria (satria tabrak satria jadinya :v) terus mundur lagi cari gigi netral susah apalagi pas panik ankhirnya bisa nyebrang meski ndut ndutan motornya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *